Sukses

Mau Salat Idulfitri di JIS, Warga Jakarta Diimbau Gunakan Transportasi Umum

Transportasi umum untuk ke JIS yang tersedia yaitu sejumlah Transjakarta JIS 014 rute Senen-JIS, Transjakarta JIS 003 rute Harmoni-JIS, non BRT 10K rute Tanjung Priok-Senen via Taman BMW, dan JAK 77 rute Tanjung Priok-Jembatan Hitam.

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta mengimbau masyarakat yang akan mengikuti Salat Idulfitri 1 Syawal 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS) dapat menggunakan transportasi umum. Hal tersebut berdasarkan unggahan Pemprov DKI melalui akun Instagram @dkijakarta.

"Bagi masyarakat yang akan melaksanakan Salat Ied di Jakarta International Stadium, diimbau menggunakan transportasi publik," bunyi dalam unggahan tersebut.

Transportasi umum tersebut yang tersedia yaitu sejumlah Transjakarta JIS 014 rute Senen-JIS, Transjakarta JIS 003 rute Harmoni-JIS, non BRT 10K rute Tanjung Priok-Senen via Taman BMW, dan JAK 77 rute Tanjung Priok-Jembatan Hitam.

Selain itu, Pemprov DKI juga berkolaborasi dengan tiga transportasi online yaitu Grab Indonesia, Gojek, dan Bluebird Group sebagai alternatif transportasi warga menuju dan dari JIS.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah DKI, Marullah Matali menyatakan hal tersebut dikarenakan area parkir yang disediakan di sekitar JIS terbatas. "Tempat parkir jumlahnya terbatas, Pemprov DKI mengimbau agar masyarakat menggunakan transportasi publik ke JIS," kata Marullah.

Selain itu, dia juga meminta agar masyarakat yang hendak Salat Idulfitri di JIS untuk tetap menjaga protokol kesehatan demi keselamatan bersama. Lalu masyarakat juga diimbau untuk tidak membawa makanan atau minuman kemasan sekali pakai, membawa tempat minum sendiri, membawa kantong ramah lingkungan untuk sandal/sepatu, dan tidak membawa koran untuk alas salat agar tidak menjadi sampah setelah salat.

Marullah menuturkan, terdapat sejumlah infrastruktur di Jakarta International Stadium untuk mendukung penyelenggaraan salat Idul Fitri itu. Mulai dari tempat wudu, tempat parkir, dan toilet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

JIS Tampung 8.000 Jemaah

"Masyarakat juga diharapkan membawa peralatan ibadah pribadi, mengikuti salat dan khutbah Idulfitri secara khusyuk, serta tidak berkerumun selepas kegiatan ini," jelas dia.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan pihaknya akan menyelenggarakan Salat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara. Hal tersebut disampaikan oleh Anies melalui unggahan video di akun Instagram @aniesbaswedan.

"Jakarta International Stadium siap menyambut jemaah Salat Idul Fitri pada 1 Syawal nanti," kata Anies dalam unggahan tersebut.

Kepala Bagian Mental Spiritual Biro Dikmental DKI Jakarta Aceng Zaini menyatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan melaksanakan Sholat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara. JIS dapat menampung 8.000 jemaah.

"Kalau Pak Anies pastinya datang pas Sholat Idul Fitri," ucap Aceng saat dihubungi, Kamis (21/4/2022).

Aceng menjelaskan, persiapan yang dilakukan jelang ibadah Salat Idul Fitri di JIS yaitu menerjunkan personel Satpol PP di area pintu masuk, pintu keluar, dan beberapa titik vital lainnya. Jumlah personel yang disiapkan sekitar 300 orang.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.