Sukses

Ancaman Covid-19 Masih Membayangi, BNPB Minta Warga Tak Kendor Masker Saat Mudik

BNPB sebagai Satgas Nasional Covid-19 terjun memantau protokol kesehatan masyarakat yang mudik Lebaran 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai Satuan Tugas atau Satgas Nasional Covid-19 terjun memantau penerapan protokol kesehatan masyarakat yang mudik Lebaran 2022.

Melalui Direktorat Perencanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (PRR) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), pemantauan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 dilakukan di wilayah DKI Jakarta.

"Penegakan protokol kesehatan di Stasiun Gambir dan Stasiun Senen sangat terkontrol terlihat dari para pengunjung yang tertib menggunakan masker walaupun di beberapa titik tunggu kurang menjaga jarak," ujar Direktur Direktur Perencanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (PRR) BNPB Johny Sumbung dalam keterangan diterima, Sabtu (30/4/2022).

Johny menambahkan, demi mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 yang mungkin dibawa oleh para pemudik yang tak taat prokes, dia beserta petugas pemantauan memberikan pengarahan kepada pengunjung untuk menggunakan masker.

"Mohon selalu melakukan pemantauan setiap satu jam dengan berkeliling untuk mengingatkan pengunjung," pinta Johny.

Permintaan Johny tersebut didasari usai dirinya melihat disiplin prokes yang kurang, seperti di Terminal Kampung Rambutan. Johny dan tim pun memberikan masker kepada masyarakat yang terlihat belum menggunakannya dan meminta supaya masker tetap terus digunakan dalam perjalanan mudik.

"Terlihat dari beberapa pengunjung yang tidak menggunakan masker dan bahkan ada yang tidak memiliki masker," dia menutup.

Sebagai informasi, Johny juga bertugas sebagai Koordinator Tim Pemantauan Arus Mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 H meminta petugas untuk menginformasikan kepada warga menerapkan jaga jarak.

BNPB bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, Polri, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Palang Merah Indonesia (PMI) serta Pramuka mendirikan 5 pos pantau antara lain di Stasiun Gambir, Stasiun Senen, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Pulo Gebang dan Pelabuhan Tanjung Priok.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arus Mudik 2022 Tolok Ukur Pandemi Covid-19 di Indonesia Berubah Jadi Endemi

Sebelumnya, arus mudik Lebaran 2022 menjadi barometer Indonesia dari pandemi menuju endemi Covid-19. Demikian dikatakan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Purnawirawan Budi Gunawan.

“Mudik Lebaran ini memang akan menjadi barometer berikutnya yang akan kita evaluasi lagi untuk kebijakan selanjutnya," kata Budi Gunawan, Jumat 29 April 2022.

"Kita sangat disiplin dan cenderung konservatif, tidak euphoria meski berbagai indikator pandemi kita terus membaik,” ujarnya menambahkan.

Pemerintah memutuskan memberi lampu hijau bagi masyarakat untuk mudik pada Lebaran 2022. Izin tersebut diberikan setelah melihat penurunan kasus Covid-19 dan tingginya jumlah vaksinasi di Tanah Air.

Kendati demikian, Pemerintah tetap meminta masyarakat untuk waspada. Masyarakat yang belum mendapat vaksin untuk segera vaksinasi dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Pasalnya, potensi peningkatan kasus Covid-19 saat arus mudik Lebaran 2022 tetap ada.

“Karena itu, kita tetapkan skenario mitigasi berupa syarat vaksinasi hingga (vaksin) dosis booster bila tidak ingin tes antigen dan PCR, serta prosedur kesehatan bagi semua pelaku perjalanan,” kata Budi.

Lebih lanjut menurut Budi, perlu ada kerjasama dari seluruh pihak agar status pandemi berubah menjadi endemi. Budi juga menuturkan, pelonggaran gradual akan diterapkan pemerintah dalam proses perubahan tersebut.

"Seperti kata Presiden Jokowi, pelonggaran gradual selanjutnya bisa saja diterapkan. Namun, sekali lagi, ini semua butuh kerja sama kita semua," kata Budi.

"Mari Bersama kita lewati setiap tahapan pra kondisi transisi pandemic menuju endemic dengan cermat dan hati-hati,” ungkap mantan Wakapolri ini.

 

3 dari 4 halaman

Tol Cikampek Km 70 - GT Kalikangkung Diterapkan One Way dan Gage

Sebelumnya, PT Jasa Marga menyampaikan pemberlakuan rekayasa lalu lintas kembali diterapkan untuk mengurai kemacetan arus mudik Lebaran 2022.

Pada H-2 Lebaran Idul Fitri atau Sabtu (30/4/2022) pagi ini, Tol Cikampek km 70 hingga Gerbang Tol (GT) Kalikangkung km 414 kembali diberlakukan satu arah atau one way dan ganjil genap.

“Cikampek KM 70 - GT Kalikangkung KM 414 DIBERLAKUKAN SATU ARAH (ONE WAY) dan GANJIL GENAP. Jalur Satu Arah (ONE WAY) Khusus Kendaraan kecil arah Semarang,” demikian cuitan PT Jasa Marga lewat akun Twitter @jasamarga, Sabtu (30/4/2022).

Jasa Marga juga meminta para pemudik untuk waspada adanya contra flow di lajur 2 dan 3 Cikampek KM 70 - Karawang Barat KM 47.

“08.25 WIB #Tol_Japek HATI-HATI di Cikampek KM 70 - Karawang Barat KM 47, ada Contraflow di lajur 2-3/tengah-kanan,” cuit @jasamarga.

Sementara itu, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan, kepolisian tengah menyiapkan penormalan arus mudik dari KM 47 sampai dengan KM 70 di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama atau Cikatama. Hal itu dilakukan guna relaksasi arus kendaraan yang berasal dari Bandung menuju Jakarta.

"Jajaran pukul 07.00 pagi ini persiapan penormalan arus mudik khusus dari KM 47 sampai dengan KM 70 GT Cikampek utama, relaksasi dari Bandung," kata Firman dalam keterangan tertulis diterima, Sabtu (30/4/2022).

Firman menambahkan, kebijakan contra flow yang akan dilakukan polisi dalam persiapan penormalan arus KM 47 ke KM 70 pada GT Cikatama. Contra flow dilakukan pada 2 lajur dari arah Jakarta ke arah timur dan 1 lajur digunakan dari Bandung menuju Jakarta.

Sedangkan untuk arus dari Timur (Kalikangkung) menuju Jakarta dinormalkan mnggunakan 2 lajur sampai KM 86. Kemudian dilanjutkan kanalisasi 1 lajur menuju GT cikatama KM 70.

 

4 dari 4 halaman

Jalan Tol Layang MBZ Dibuka Kembali

Jalan Tol Layang Mohammed bin Zayed (MBZ) dibuka kembali. Adapun yang dibuka dari Kalimalang menuju Cikampek.

Hal ini disampaikan oleh pihak PT Jasa Marga melalui akun Twitternya, @PTJASAMARGA.

"Lalu lintas Jalan Layang MBZ dari Kalimalang arah Cikampek DIBUKA KEMBALI," demikian seperti dikutip dari akun twitternya, Sabtu (30/4/2022).

Alhasil dari mereka yang berasal dari Cawang dan Jatiasih juga bisa melalui tol MBZ.

"Lalu lintas Jalan Layang MBZ dari Cawang, Kalimalang, dan Jatiasih arah Cikampek DIBUKA NORMAL Kembali," cuit Jasa Marga.

Sebelumnya, pada Jumat 29 April 2022, Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan, untuk mengantisipasi kemacetan yang panjang pihaknya juga sempat memberlakukan sistem buka tutup Jalan Layang Sheikh Mohammed bin Zayed (MBZ) untuk menghindari kepadatan di Km 48.

"Kondisi di lapangan pada dini hari ini sampai dengan pukul 02.00 WIB, masih didapatkan besarnya arus kendaraan dari jalan tol Jakarta menuju ke arah timur," Jelas dia.

Karena hal itu, Firman meminta agar masyarakat tetap tertib dengan aturan yang dilakukan secara situasional tersebut.

"Kami mohon maaf atas ke tidaknyamanan ini dan kami tetap mengimbau agar masyarakat tetap tertib di jalan serta memanfaatkan jalur arteri dan alternatif yang ada. Semoga selamat sampai tempat tujuan," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.