Sukses

Top 3 News: Pengakuan Ade Yasin di Kasus Suap Auditor BPK

Bupati Bogor Ade Yasin mengaku dipaksa bertanggung jawab atas perbuatan anak buahnya di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

Liputan6.com, Jakarta Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin atau Ade Yasin kini berstatus tersangka atas dugaan kasus suap  terhadap auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Jawa Barat.

Menurut Ade, dirinya tak mengetahui adanya transaksi yang dilakukan dan tidak pernah memerintahkan anak buahnya melakukan penyuapan. Menurut politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, rencana penipuan merupakan inisiatif dari anak buahnya.

Sementara, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menanggapi bantahan Ade Yasin sebagai sesuatu yang lumrah. Namun, lembaga antirasuah tersebut meyakini jerat kasus suap yang dilakukan Bupati Bogor tersebut sesuai dengan bukti-bukti yang ada dan sesuai dengan ketentuan hukum.

Berita terpopuler lainnya terkait kepadatan arus mudik Lebaran di Tol Tangerang-Merak. Diketahui, setelah pemerintah kembali membuka pintu bagi masyarakat untuk mudik, lonjakan pemudik di sejumlah ruas jalan terjadi. Salah satunya terjadi di Tol Tangerang-Merak, pada Jumat, 29 April kemarin.

Dilaporkan arus kendaraan tidak bergerak di KM 96.200. Upaya untuk mengurai kemacetan panjang pun dilakukan. Dialihkan masuk ke Kawasan Industri Krakatau Steel hingga diberlakukan buka tutup.

Masih terkait arus mudik Lebaran, Korlantas Polri kembali memperluas pemberlakuan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way di Tol Trans Jawa.

Kebijakan one way diterapkan dari Km 47 Tol Jakarta-Cikampek (Japek) sampai dengan Km 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Tol Batang-Semarang.

Sebelumnya, pemberlakuan one way di Tol Trans Jawa diperpendek pada Jumat, 29 April pagi atau H-3 Lebaran. Rekayasa lalu lintas di ruas Tol Jakarta-Cikampek juga diubah menjadi contraflow atau lawan arah mulai Km 40 sampai Km 70.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Jumat, 29 April 2022:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. HEADLINE: Bupati Bogor Ade Yasin Terjerat Kasus Suap, OTT KPK Tak Mempan Buat Jera Koruptor?

Bantahan tersebut disampaikan Bupati Bogor Ade Yasin setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana suap terhadap auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Jawa Barat. Dia mengaku dipaksa bertanggung jawab atas perbuatan anak buahnya di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

Pengakuan itu disampaikan Ade Yasin sesaat sebelum diseret ke dalam mobil tahanan yang telah terparkir di halaman Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (28/4/2022) dini hari.  

Pemilik nama lengkap Ade Munawaroh Yasin itu mengaku tidak mengetahui adanya transaksi tersebut. Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini juga menegaskan, bahwa dirinya tidak terlibat dan tidak pernah memerintahkan anak buahnya melakukan penyuapan.

"Itu ada inisiatif dari mereka. Jadi ini namanya IMB ya, Inisiatif Membawa Bencana," kata Ade Yasin kepada wartawan yang menunggunya di depan Gedung KPK.

Terkait hal ini, KPK menegaskan bahwa penetapan tersangka terhadap Ade Yasin telah dilakukan berdasarkan bukti-bukti yang kuat. Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri menyatakan bahwa bantahan yang disampaikan Ade Yasin merupakan hal yang lumrah.

"Bantahan tersangka hal lumrah dan umum disampaikan. Itu hak yang bersangkutan. KPK dalam menaikkan proses penyidikan  dugaan tindak pidana korupsi perkara ini, tentu sudah mengantongi berbagai bukti yang kuat dan cukup menurut ketentuan hukum," kata Ali dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Kamis sore.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Arus Lalin di Tol Menuju Pelabuhan Merak Tak Bergerak Jumat 29 April 2022 Sore

Arus lalu lintas di Tol Tangerang-Merak tidak bergerak, berdasarkan pantauan Liputan6.com, di KM 96.200 arah Pelabuhan Merak, pukul 14.30 WIB Jumat (29/4/2022). Sedangkan arah sebaliknya, Merak menuju Tangerang terpantau lengang, hanya ada beberapa kendaraan yang melintas.

Pemudik memilih duduk di luar kendaraan, sembari menunggu mobil mereka bisa berjalan kembali menuju Pelabuhan Merak.

Arus lalu lintas di jalan arteri Kota Cilegon mengarah ke Pelabuhan Merak juga masih terpantau padat. Kendaraan dialihkan masuk ke Kawasan Industri Krakatau Steel untuk memperlambat sampai ke Pelabuhan Merak.

Kepadatan kendaraan pemudik ini sudah terjadi sejak Kamis malam, 28 April 2022, saat dipantau pukul 23.00 WIB.

Polda Banten mengaku tengah menerapkan skenario merah, yaitu memberlakukan buka tutup di Jalan Cikuasa Atas yang dijadikan kantung parkir pemudik menuju Pelabuhan Merak.

"Tepat hari ini adalah puncak arus mudik, terpantau sejak pukul 12.00 wib sepanjang 5 Km kepadatan dari Km 94 hingga Gerbang Tol Merak. Memudian terjadi kepadatan juga di jalur arteri sepanjang 9,2 Km dari Simpang Grogol hingga Pelabuhan Merak," kata Kabid Humas Polda Banten, Kombes Shinto Silitonga, melalui rilis resminya, Jumat (29/04/2022).

Shinto juga menyampaikan data terbaru jumlah penumpang sejak pukul 08.00 WIB Kamis, 28 April 2022 hingga pukul 08.00 WIB, Jumat (29/4/2022). Penumpang di Pelabuhan Merak berjumlah 129.866 orang atau naik 37 persen, jika dibandingkan hari sebelumnya yang berjumlah 94.561 orang.

 

Selengkapnya....

4 dari 4 halaman

3. Info Mudik, One Way Kembali Diperluas dari Km 47 Tol Jakarta-Cikampek hingga GT Kalikangkung

Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) kembali memperluas pemberlakuan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way di Tol Trans Jawa pada arus mudik Lebaran 2022.

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Korlantas Polri, Kombes Eddy Djunaedi menerangkan, kebijakan one way diterapkan dari Km 47 Tol Jakarta-Cikampek (Japek) sampai dengan Km 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Tol Batang-Semarang.  

Adapun kebijakan one way ini berlaku sejak Jumat (29/4/2022) pukul 23.00 WIB sampai dengan Sabtu (30/4/2022) pukul 08.00 WIB.

"Pukul 23.00 malam ini akan dilaksanakan kembali one way dari KM 47 sampai KM 70, yang otomatis menjadi one way KM 47 sampai Kalikangkung KM 414 hingga pukul 08.00 pagi esok," kata Eddy dalam keterangan tertulisnya, Jumat (29/4/2022)

Eddy menerangkan, masyarakat yang akan menuju arah barat dapat menggunakan jalan Tol Trans Jawa lagi besok pada pukul 10.00 WIB.

"Karena kami pada jam 08.00 WIB sampai dua jam ke depan akan melakukan normalisasi terlebih dahulu," ujar dia.

Adapun pertimbangan perluasan kebijakan one way ini di antaranya karena volume kendaraan arus lalu lintas dari arah Jakarta masih tinggi.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.