Sukses

Jokowi Sambut Hangat PM Jepang di Istana Bogor

Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida, berkunjung ke Indonesia, Jumat (29/4). Kedatangannya disambut hangat oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida, berkunjung ke Indonesia, Jumat (29/4). Kedatangannya disambut hangat oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

PM Kishida tiba sekira pukul 15.40 WIB dan langsung disuguhkan dengan tarian-tradisional. Baik Presiden Jokowi dan PM Kishida sama-sama mengenakan mengenakan setelan jas. Untuk Jokowi, warna jasnya gelap dan berdasi merah. Sedangkan Kishida berwarna hitam dan berdasi kuning.

Usai upacara penyambutan, lagu kebangsaan kedua negara sama-sama dikumandangkan. Tidak ketinggalan, upacara pasukan dan tembakan penyambutan sebagai seremoni di halaman depan Istana Kepresidenan Bogor juga dilangsungkan.

Setelah itu, Jokowi mulai mengenalkan jajaran menteri kabinet Indonesia Maju, begitu juga Kishida.

Ada hal yang unik dilakukan usai mengisi buku tamu, yakni keduanya melakukan penanaman pohon Cendana bersama.

Setelah itu, Jokowi dan Kishida melakukan veranda talk di teras belakang Istana Kepresidenan Bogor yang dilanjutkan dengan pertemuan bilateral.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Telepon Putin

Pada agenda sebelumnya, Jokowi juga berbincang melalui sambungan telepon dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin. Mereka membicarakan terkait situasi di Ukraina serta kerja sama G20.

"Bertukar pandangan melalui telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin @KremlinRussia_E membahas tentang situasi di Ukraina serta kerja sama G20," kata Jokowi dikutip dalam akun twitternya, Jumat (29/4/2022).

Dalam perbincangan itu, Jokowi juga berpesan agar perang segera dihentikan. Serta harus ada negosiasi dan kesempatan untuk melakukan perdamaian.

"Perlu digaris bawahi bahwa perang harus segera dihentikan & negosiasi damai diberi kesempatan. Indonesia siap berkontribusi untuk mencapai tujuan itu," pungkasnya.

Sementara itu dikutip dalam lama resmi Kremlin, komunikasi itu berkaitan dengan kegiatan G20 yang akan berlangsung di Jakarta. Jokowi juga meminta Putin membeberkan penilaian Rusia terkait kondisi di Ukraina. Setelah menguraikan hal itu, mereka pun sepakat untuk berkomunikasi kembali.

"Atas permintaan Joko Widodo, Vladimir Putin menguraikan penilaian Rusia terhadap situasi di Ukraina terkait operasi militer khusus yang sedang berlangsung," tulis keterangan itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.