Dua Rute Bus Gratis Transjakarta Kembali Beroperasi

Oleh Ika Defianti pada 29 Apr 2022, 10:40 WIB
Diperbarui 29 Apr 2022, 10:40 WIB
Mengajak Masyarakat Disiplin Protokol Covid-19 Lewat Mural Inbox
Perbesar
Bus transjakarta melintasi mural bertema protokol kesehatan Covid-19 yang menghiasi tiang pancang jalan tol di Jalan Ahmad Yani, Jakarta, Minggu (13/12/2020). (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) kembali mengaktifkan dua layanan bus gratis, yakni rute Taman Intan-Museum Bahari atau (GR4) dan rute Kota Tua Explorer (GR5).

Kepala Departemen Komunikasi Korporasi dan CSR PT Transjakarta, Iwan Samariansyah menyatakan kedua rute tersebut sempat dihentikan saat adanya pandemi Covid-19.

"Kedua rute ini efektif melayani pelanggan mulai hari ini," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Jumat (29/4/2022).

Iwan menjelaskan, kedua rute tersebut akan melayani penumpang mulai pukul 08.00-16.00 WIB dengan tarif Rp 0. Meski demikian, dia meminta pelanggan tetap diwajibkan untuk melakukan tap in dan tap out Kartu Uang Elektronik (KUE) melalui alat tap on Bus (TOB) yang terpasang di dalam armada.

Menurutnya, dengan mengoperasikan kembali dua rute gratis tersebut, membuat para pengguna Transjakarta semakin mudah mengakses transportasi.

"Kami berharap reaktivasi rute ini dapat meningkatkan kemudahan pelanggan dalam akses transportasi," jelas Iwan.

Dia juga menuturkan, saat ini Transjakarta masih beroperasi dengan kapasitas maksimal dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Misalnya pelanggan wajib menggunakan masker, melakukan pengukuran suhu tubuh jelang memasuki gate halte.

"Kami menghimbau masyarakat untuk memenuhi semua aturan yang berlaku untuk keamanan dan kenyamanan kita bersama," jelas Iwan.

Sebelumnya, PT Transjakarta melakukan sejumlah perbaikan. Salah satunya dengan cara mulai merevitalisasi halte. Untuk awal, sebanyak sembilan halte akan dibongkar secara bertahap pada, Jumat tengah malam (15/4/2022).

 


Revitalisasi Halte

Plt Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Angelina Betris selaku menyampaikan, ke-11 halte bus Transjakarta yang akan dilakukan revitalisasi ialah Halte Dukuh Atas 1, Halte Tosari, Halte Juanda.

Kemudian Halte Cawang Cikoko, Halte Bundaran HI, Halte Sarinah, Halte Kebon Pala, Halte Kwitang, Halte Balai Kota, Halte Gelora Bung Karno (GBK), dan Halte Stasiun Jatinegara 2.

"Pembongkaran halte akan dilakukan secara bertahap pada 9 halte, karena Halte Kwitang dan Halte Balai Kota sudah dilakukan sebelumnya sehingga bisa langsung lanjut proses pembangunan,” kata dia dalam keterangan tertulis, Jumat (15/4/2022).

Betris mengatakan, 11 halte ini adalah bagian dari 46 halte yang akan direvitalisasi oleh Transjakarta pada tahun 2022. Selama dalam proses konstruksi, guna menjaga keamanan dan keselamatan pelanggan, ke 11 halte tersebut akan ditutup secara total.

Sebagai alternatifnya, Transjakarta telah menyiapkan 2 rute shuttle Bus yang akan melayani pelanggan, baik dari maupun menuju bus stop terdekat dari halte yang sedang dilakukan revitalisasi.

Adapun dua layanan shuttle bus tersebut adalah rute Bank Indonesia (BI) – Bundaran Senayan yang beroperasi di koridor 1, dan rute Pecenongan – Juanda di koridor 2.

"Shuttle bus akan beroperasi setiap hari mulai pukul 05.00 – 22.00 WIB, atau mengikuti kebijakan PPKM yang berlaku," imbuh Betris.

 


Bertarif Normal

Betris mengatakan, rutte shuttle bus tetap bertarif normal Rp 3500,- dengan cara melakukan tapping di dalam bus sebagai alat bayarnya.

Sebagai informasi, proses konstruksi revitalisasi halte ini akan berlangsung sekitar 6 bulan dan halte akan difungsikan kembali secara bertahap sampai dengan diselesaikan secara keseluruhan pada Desember 2022.

Untuk selalu mendapatkan informasi terbaru tentang Transjakarta bisa mengakses media sosial Transjakarta di Twitter: @PT_Transjakarta. Serta gunakan selalu aplikasi TIJE untuk mendukung mobilitas.

 


Total ada 46

Sebanyak 46 halte Transjakarta akan direvitalisasi pada Jumat 15 April. Fasilitas yang dipastikan ada di setiap halte Transjakarta usai revitalisasi yaitu, musala dan toilet.

"Fasilitas lebih banyak, kami menyediakan toilet umum maupun musala di setiap halte," ujar Direktur Teknik dan Digital Transjakarta, Indrayana, Rabu malam 13 April 2022.

Dia menyampaikan, garis besar utama revitalisasi 46 halte Transjakarta yaitu memberikan rasa nyaman dan mengubah sudut pandang layanan fasilitas umum, kepada masyarakat.

Indra juga menyebutkan bahwa konsep halte yang akan direvitalisasi yakni konsep ruang terbuka. Meski halte-halte yang ada saat ini sudah mengusung konsep terbuka, namun pada revitalisasi ini, Pemprov DKI melalui BUMD PT Transjakarta ingin menguatkan konsep tersebut dengan tujuan agar masyarakat dapat beralih ke transportasi publik.

Kenyamanan layanan transportasi publik, juga ditujukan untuk para disabilitas.

"Kita jamin disabilitas terlayani dengan kondisi optimal, yang barangkali di beberapa halte lama belum bisa terlayani dengan baik," ujarnya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya