Sukses

Jumlah Penumpang Terus Meningkat, 96 Persen Tempat Duduk Kereta dari Stasiun Gambir Terisi

Jumlah penumpang di Stasiun Gambir terus meningkat menjelang hari lebaran.

Liputan6.com, Jakarta Jumlah penumpang di Stasiun Gambir terus meningkat menjelang hari lebaran. Kepala Humas PT KAI Daop I Eva Chairunisa menyatakan, terdapat 35 kereta api yang beroperasi hari ini, di mana 8 diantaranya adalah kereta tambahan.

“Untuk hari ini, Jumat (29/4/2022) data Stasiun Gambir terdapat 35 KA beroperasi, dari jumlah tersebut 8 diantaranya merupakan KA tambahan,” kata Eva saat dikonfirmasi, Jumat (29/4/2022).

Sementara itu, jumlah penumpang yang berangkat dari stasiun tersebut sebanyak 16.100 orang atau 96 persen dari total tempat duduk yang tersedia.

“Adapun Volume penumpang berangkat sebanyak 16.100 atau 96 persen dari total tempat duduk yang tersedia sebanyak 16.900,” kata dia.

Eva menyebut sampai hari ini, 28 April 2022, keberangkatan dari area Daop 1 Jakarta seperti Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang, Karawang, Cikampek, Jakartakota pemesanan tiket KA Jarak Jauh untuk keberangkatan Pra Lebaran periode 22 April s.d 1 Mei sudah mencapai 87 persen dari total tiket yang disediakan yakni 362.200 pada periode tersebut. “161.300 Stasiun Gambir dan 200.900 Pasarsenen,” ujar Eva.

Sementara tanggal keberangkatan yang paling banyak dipilih masyarakat yaitu 27, 28, 29, 30 April dan 1 Mei.

“Dengan relasi mayoritas tujuan Yogyakarta, Solo Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon, dan Bandung,” ucapnya.

Data pemesanan tiket tersebut, lanjut Eva, penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasarsenen saja.

“Jika ditambah dengan penumpang yang naik dari Bekasi, Karawang, Cikarang, Cikampek, dan Jakartakota maka secara keseluruhan volume keberangkatan penumpang dari KA yg berangkat dari Daop 1 Jakarta sudah terisi semua untuk tempat duduk yang tersedia,” pungkasnya.

Diketahui, masa angkutan lebaran untuk perjalanan KA ditetapkan H-10 sampai H+10 Lebaran atau 22 April sampai 13 Mei 2022 dengan total jumlah tempat duduk 792.725

Pada periode tersebut, dari area Daop 1 Jakarta perjalanan KA Jarak Jauh diprogramkan akan terdapat sekitar 61 perjalanan KA per hari, dengan kapasitas tempat duduk yang disediakan rata-rata 35.500 per hari, 15.900 Stasiun Gambir dan 19.600 Pasarsenen. Sesuai aturan dari pemerintah, kapasitas yang ditetapkan untuk KA Jarak Jauh yaitu 100%.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Mudik

Sementara itu, sejumlah tips untuk mudik Lebaran 2022 yang aman dan nyaman yang disampaikan oleh Juru bicara Menteri Perhubungan, Adita Irawati. Yakni masyarakat diminta untuk melakukan vaksin ketiga atau booster jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Sebab pembentukan imunitas dalam tubuh paska vaksin memerlukan waktu beberapa hari.

Kemudian tips selanjutnya yaitu pemudik diminta untuk memilih waktu yang lebih awal. Misalnya untuk masyarakat yang dapat bekerja di rumah atau work from home (WFH). Hal itu juga sebagai langkah antisipasi terjadinya kemacetan saat puncak arus mudik yang diprediksi pada 29-30 April 2022.

"Apalagi kalau menggunakan kendaraan pribadi jadi sebisa mungkin kalau sudah mendapatkan cuti atau bisa bekerja dari rumah sebaiknya berangkat lebih awal. Bisa tanggal 25 April bisa dimulai sebenernya," kata Adita kepada Liputan6.com.

Untuk pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, Adita meminta agar dapat mempersiapkannya jauh hari. Yakni agar dapat digunakan dalam segala situasi cuaca. Dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk mempertimbangkan kembali bila masyarakat berencana mudik menggunakan sepeda motor.

Menurut Adita, tidak semua kendaraan roda dua dapat digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Selain itu sejumlah aspek keselamatan hingga berisiko kelelahan di jalan dapat dijadikan pertimbangan. Kecelakaan pengguna sepeda motor saat mudik Lebaran memiliki catatan kasus yang paling tinggi jika dibandingkan dengan transportasi lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.