Sukses

KTT G-20 Momentum Tegakkan Kedaulatan dan Ekonomi Nasional

Penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 yang rencananya diadakan di Bali, diyakinkan pemerintah memiliki formula yang tepat untuk bisa diselenggarakan.

Liputan6.com, Jakarta Penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 yang rencananya diadakan di Bali, diyakinkan pemerintah memiliki formula yang tepat untuk bisa diselenggarakan, karena dipandang membawa dampak baik.

"Kami menyadari,  tentu tidak mudah melakukan agenda besar berskala internasional di tengah situasi pandemi Covid-19 yang belum berakhir.  Namun kami yakin, Pemerintah RI pasti mampu menemukan formula yang tepat dalam upaya memajukan negara dan mengambil langkah-langkah positif dalam membangun dunia pada perhelatan KTT G-20 di bulan November mendatang di Bali," kata Ketua Umum Taruna Merah Putih (TMP) Maruarar Sirait, dalam keterangannya, Kamis (28/4/2022).

Dia pun berharap kader muda PDIP untuk mendukung program pemerintah, antara lain dengan mensukseskan Presidensi Indonesia di G-20.

Selain itu juga, lanjutnya, TMP juga mendukung segenap upaya Pemerintah RI untuk terus menegakkan kedaulatan bangsa yang tidak bisa diintervensi oleh pihak manapun.

Sementara, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan Indonesia sebagai Presidensi G-20 merupakan momentum penting bagi bangsa Indonesia untuk kembali menggelorakan  konsep politik luar negeri bebas aktif yang dijalankan oleh Presiden Sukarno dulu untuk melawan segala bentuk kolonialisme wajah baru di panggung politik dunia.

Menurut Hasto, posisi Presidensi Indonesia di G-20 sebagai panggung untuk menggelorakan konsepsi Pancasila, karena di dalam Pancasila tidak dikehendaki adanya penjajahan. Pancasila juga pada hakekatnya membawa Indonesia memiliki komitmen kebudayaan dalam geopolitik yang mengutamakan kemanusiaan dan perdamaian.

"Kita harus tampil menggelorakan Pancasila untuk membangkitkan keseluruhan kekuatan kita di dunia," kata dia.

Sementara, Menlu Retno Marsudi menjelaskan posisi Presidensi Indonesia di G-20 sebagai katalisator pemulihan ekonomi nasional.

"Dengan politik luar negeri bebas aktif Indonesia harus menjadi katalisator pemulihan ekonomi dunia di dalam KTT G20 untuk menjawab berbagai tantangan ekonomi global," jelas Retno.

Menurutnya, tantangan ekonomi global saat ini adalah pandemi Covid-19 dan munculnya ketegangan antara negara-negara besar sebagai akibat dari perang Rusia-Ukraina. Belum lagi soal masalah pandemi Covid-19.

"Untuk itu Indonesia harus menjadi katalisator pemulihan ekonomi dunia baik yang diakibatkan oleh perang maupun pandemi Covid-19," kata dia.TMP  Restu Hapsari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesiapan Transportasi di Bali Jelang KTT G20 di 2022

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan sejumlah langkah menjaga kelancaran konektivitas dan aksesibilitas transportasi pada penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G-20. Rencananya ajang ini akan berlangsung di Bali pada 2022.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai mengikuti Rapat Koordinasi kesiapan Presidensi Indonesia di KTT G-20, yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, di Bali, Kamis (25/11/2021).

Sejumlah langkah yang tengah disiapkan antara lain, menyiapkan Bandara Internasional Ngurah Rai, pengadaan bus listrik dan stasiun pengisian daya (charging station), pengadaan Halte Trans Metro Dewata, dan manajemen rekayasa lalu lintas di Bali.

Bahkan Bandara I Gusti Ngurah Rai dinilai telah memiliki kapasitas yang memadai mengenai kesiapan bandara untuk kedatangan para delegasi.

Namun, Kemenhub tetap melakukan upaya antisipasi dengan menyiapkan bandara alternatif untuk tempat parkir pesawat para delegasi, yaitu bandara internasional yang ada di Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Lombok, dan Makassar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.