Sukses

Melihat Fasilitas di Posko Pelayanan Mudik untuk Pemotor di Kedungwaringin Bekasi

Sebuah lahan bekas perusahaan logistik beras disulap menjadi tempat singgah bagi mereka yang hendak mudik menggunakan sepeda motor.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah lahan bekas perusahaan logistik beras disulap menjadi tempat singgah bagi mereka yang hendak mudik menggunakan sepeda motor.

Ini adalah buah kerjasama antara Forkompida Kabupaten Bekasi dengan Kementerian terkait.

Terletak di Kecamatan Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi Jawa Barat. Ada pelbagai fasilitas siap memanjakan pemudik. Saat masuk ke dalam, pemudik disugguhi pemandangan berupa posko-posko dengan layanan berbeda-beda. Misalnya, posko milik Kementerian PUPR.

Posko siap menyambut dengan hangat pemudik yang mau tahu lebih jauh jalur-jalur rawan macet, jalur rawan banjir dan memberitahukan jalan-jalan berlubang agar segera diperbaiki.

Menurut informasi ada beberapa jalan arteri berdasarkan survei Kementerian PUPR yang rawan macet antara lain Jalan A. Yani (Simpang Jalan Noer Ali), Jalan Hasnudin (Pasar Tambun ), Jalan Raya Bitung (Pasar Cibitung), Jalan Fatahillah (Terminal Cikarang), Jalan RE Martadinata (Pasar Induk/SGC), Jalan Yos Sudarso (Pasar Cikarang), Jalan Urip Sumoharjo, (Stasiun Lemah Abang).

Tak cuma itu, di samping posko tersebut tersedia posko bengkel yang siap memperbaiki keluhan kendaraan sepeda motor maupun mobil. Posko bengkel dilengkapi dengan SPBU mini.

Sementara itu, di samping berdiri juga posko makanan ringan. Sejumlah polisi wanita (Polwan) siap menyambut pemudik yang ingin meredakan rasa lapar dan dahaga. Tak usah khawatir, semua makanan bisa dinikmati secara cuma-cuma alias gratis.

Yang tak kalah menarik, ada pula posko pijat. Di sini, pemudik akan dimanjakan dengan kehebatan kursi pijat otomatis. Cukup pecet remot akan ada pilihan bagian mana saja yang ingin dipijat. Jangan ditanya berapa harganya, semua fasilitas bisa dinikmati secara gratis.

 

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sediakan Toilet Umum

Selain posko, Kementerian PUPR juga menyediakan mobil yang telah didesain menjadi toilet umum. Kebersihan toilet dan fasilitas di dalam tak perlu diragukan lagi. Anda akan merasakan seperti berada di toilet premium.

Ada banyak lagi fasilitas yang tersedia. Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran telah meninjau langsung tempat peristirahatan khusus pemudik pada Kamis (28/4/2022).

Irjen Pol Fadil Imran menyambangi satu-persatu posko termasuk posko vaksin Covid-19 untuk melayani pemudik yang ingin di booster.

Fadil juga menyempatkan bercengkrama dengan beberapa pemudik. Obrolan demi obrolan tercipta dengan hangat antara jendral bintang dua itu dengan para pemudik yang sedang beristirahat.

"Saya malam ini cek pos pelayanan mudik untuk kendaraan roda dua. Memang saya perintahkan Forkompinda dan kementerian terkait persiapkan secara maksimal agar masyarakat yang mudik betul-betul nyaman," ujar dia.

Fadil memuji toilet umum yang disediakan oleh Kementerian PUPR. Kata dia, sangat represantif untuk buang air kecil maupun mandi.

"Airnya cukup, pencahayaan bagus dan kondisinya bersih wangi," ujar dia.

 

3 dari 4 halaman

Tempat Istirahat Pemudik

Fadil mengatakan, masyarakat yang lelah bisa kapan saja beristirahat di tempat tersebut. Dia mengatakan, pihaknya siap melayani pemudik.

"Start dari Jakut, Jakbar, Tangerang mau ke timur. Di sini disiapkan minuman hangat makanan ringan gratis. Mudah-mudahan bisa buat perjalanan nyaman," ucap dia.

Fadil mengimbau pemudik tetap mengutamakan keselamatan. Dia berharap warga bisa kembali dengan kondisi yang aman dan sehat.

"Saya imbau agar hati-hati karena perjalanan dengan kendaraan roda dua sangat melelahkan. Mudah-mudahan mudik lebaran tahun ini aman masyarakat sehat dan bisa kembali ke Jakarta dalam keadaan sehat," tandas dia.

 

4 dari 4 halaman

Roda Dua Dominasi Jalur Selatan Via Nagreg

Arus lalu lintas di wilayah Cileunyi hingga Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada H-4 Lebaran atau Kamis (28/4/2022), mulai ramai. Jenis kendaraan yang paling dominan melintasi jalur selatan ini pada musim mudik Lebaran 2022 adalah kendaraan roda dua.

Berdasarkan data Posko Induk Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung, volume kendaraan yang melintas di jalur Cileunyi-Nagreg meningkat 47,81 persen pada hari ini, Kamis (28/4/2022), dibandingkan sehari sebelumnya. Selain itu, jumlah kendaraan yang menuju arah barat Nagreg pun naik sebesar 42,27 persen.

"Apabila dibandingkan dengan H-4 tahun lalu, arah timur sudah mengalami peningkatan 47,81 persen dan seperti kita tahu, pada 2021 masih ada penyekatan atau adanya PSBB. Bahkan ke arah barat pun sudah mengalami peningkatan 42,27," ujar Humas Posko Induk Nagreg Ruddy Herdyana, Kamis (28/4/2022).

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, pemudik dari Gerbang Tol Cileunyi mengarah Rancaekek melintasi Parakanmuncang tujuan Nagreg terpantau ramai lancar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.