Sukses

Kronologi Tewasnya DPO MIT Poso di Parigi Moutong

Anggota MIT Poso tewas diterjang timah panas aparat, Rabu 27 April 2022 siang. Satgas Madago Raya mengonfirmasi tersangka tersebut bernama Suhardin alias Hasan Pranata.

Liputan6.com, Jakarta Anggota MIT Poso tewas diterjang timah panas aparat, Rabu 27 April 2022 siang. Satgas Madago Raya mengonfirmasi tersangka tersebut bernama Suhardin alias Hasan Pranata.

"Telah dilakukan penindakan secara tegas dan terukur terhadap salah satu DPO teroris MIT Poso yang mengakibatkan satu DPO atas nama Suhardin alias Hasan Pranata meninggal dunia," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Kamis (28/4/2022).

Ramadhan menjelaskan Satgas Madago Raya yang sedang berpatroli melihat seorang pria mencurigakan di Dusun Salubanga, Kecamatan Sausu, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah.

Ramadhan menerangkan, petugas menduga, pria itu adalah Suhardin alias Hasan yang Pranata, salah satu dari tiga DPO MIT Poso yang masih dicari.

Ramadhan menerangkan, petugas terpaksa mengambil tindakan tegas karena tersangka mencoba melakukan perlawanan.

"Kami sudah memberikan peringatan kepada tersangka, namun ketika diperingati untuk menyerahkan diri merespons dengan perlawanan dengan melempar benda diduga bom," ujar dia.

Berdasar hasil identifikasi tim inafis Polda Sulsel yang meninggal tercatat atas nama Suhardin alias Hasan Pranata dan saat ini jenazah sudah berada di rumah sakit Bhayangkara.

Sebelumnya kepolisian menyebut pelaku terorisme yang tewas itu yakni Askar. 

Satgas Madago Raya kemudian meralat identitas satu anggota MIT yang tewas di pegunungan Kabupaten Parigi Moutong. Aparat menyebut buronan yang tewas itu adalah Suhardin.

Hal tersebut diungkapkan Penanggung Jawab Kendali Operasi (PJOK) Madago Raya, Irjen  Rudy Sufahriadi di Polsek Sausu, Kabupaten Parigi Moutong, Kamis (28/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2 Masih Buron

 

"Berdasarkan identifikasi tim inavis Polda Sulteng, DPO teroris kelompok MIT Poso yang meninggal adalah Suhardin alias Hasan Pranata. Saat ini jenazah sudah berada di Rumkit Bhayangkara Palu," jelas Rudy, Kamis (28/4/2022).

Jenazah Suhardin pada Rabu malam (27/4/2022) sudah dibawa ke RS Bhayangkara Palu setelah ditembak aparat lantaran melawan saat diminta menyerahkan diri. Suhardin alias Hasan Pranata berasal dari Sulawesi Barat dan merupakan salah satu di antara tiga anggota MIT yang masih diburu aparat gabungan di Kabupaten Poso, Parigi Moutong, dan Sigi.

"Kepada dua orang sisa yang masuk DPO teroris MIT Poso yakni saudara Nae alias Galuh alias Mukhlas dan saudara Askar alias Jaid alias Pak Guru sebaiknya segera menyerahkan diri," Irjen Rudy Sufahriadi memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.