Sukses

Lajur Contraflow di Tol Cikampek Km 47 sampai Km 70 Ditutup Sementara

PT Jasa Marga menutup sementara lajur contraflow. Adapun ditutup dari Tol Karawang Barat Km 47 sampai menuju Cikampek Utama Km 70.

Liputan6.com, Jakarta Imbas jalur Tol Jakarta-Cikampek (Japek) dipadati oleh kendaraan yang hendak mudik, PT Jasa Marga menutup sementara lajur contraflow. Adapun ditutup dari Tol Karawang Barat Km 47 sampai menuju Cikampek Utama Km 70.

Disebutkan, ini dilakukan untuk mengurai kepadatan dari para pemudik yang sudah mulai berdatangan.

"07.58 WIB #Tol_Japek Karawang Barat KM 47 - Cikampek Utama KM 70, lajur Contraflow DITUTUP SEMENTARA untuk mengurai kepadatan," demikian cuit Jasa Marga melalui akun Twitter @ptjasamarga dikutip Kamis (28/4/2022).

PT Jasamarga menyebut kondisi tol Jakarta-Cikampek Karawang Barat mulai dipadati sejak Km 42 sampai di Km 58 sejak pagi hari.

"07.57 WIB #Tol_Japek Karawang Barat KM 42 - Karawang Timur KM 58 PADAT, kepadatan lajur pertemuan Jalur Atas KM 48 dan di lajur masuk / keluar Tempat Istirahat KM 57," lanjut Jasa Marga.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan rekayasa lalu lintas yang dipersiapkan personel kepolisian diharapkan efektif mengurai kemacetan pada arus mudik Lebaran 2022.

"Pada 2019 sebagai perbandingan, hanya 33 juta orang yang mudik. Saat ini diperkirakan sebanyak 80 juta lebih orang yang akan mudik. Jadi ini kenaikannya sangat luar biasa, untuk itu kita rekayasa betul sebaik-baiknya," kata Muhadjir Effendy di Jakarta, Selasa malam, 26 April 2022.

Dalam agenda tinjauan persiapan mudik Lebaran di Pelabuhan Merak dan Tol Cikampek, Muhadjir menilai persiapan yang dilakukan otoritas terkait sudah sangat baik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persiapan Dinilai Baik

Dalam peninjauan tersebut Menko PMK Muhadjir Effendy didampingi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

“Secara umum, saya lihat sudah sangat bagus persiapan di Merak dan 'rest area' KM 57 Tol Jakarta-Cikampek ini dalam mengantisipasi arus mudik dan arus balik. Saya sangat mengapresiasi kesiapan para petugas dalam mengantisipasi arus mudik dan arus balik libur Lebaran 2022,” ujarnya yang dilansir dari Antara.

Menko PMK menambahkan, Presiden Joko Widodo sebelumnya telah mengimbau masyarakat untuk mudik sebelum tanggal prediksi puncak arus mudik yakni 28 April 2022 untuk menghindari kemacetan arus mudik.

“Sebagaimana arahan presiden, pelaksanaan mudik diharapkan dapat dilaksanakan lebih cepat lebih baik, agar pada H-4 bisa kita antisipasi kemacetan yang tinggi,” ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

4 Rekayasa Lalin

Sementara itu, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan empat proses rekayasa akan diterapkan untuk mengurangi kemacetan arus mudik.

Rekayasa lalin yang dimaksud di antaranya ganjil genap, "contra flow" dan "one way", serta pengalihan jalur pada H-4 Lebaran yang akan dilaksanakan mulai dari pukul 17.00 hingga 00.00 WIB untuk arah menuju ke timur.

“Tentunya akan disesuaikan dengan rekayasa yang bisa mendukung kegiatan tersebut. Ini diharapkan bisa membantu mempercepat proses agar arus mudik bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Kapolri juga mengimbau masyarakat untuk menghindari prediksi puncak mudik yang ada. Bagi masyarakat yang sudah libur diharapkan dapat mudik lebih cepat agar bisa menghindari puncak arus mudik.

“Kami sudah mempersiapkan rekayasa untuk mengantisipasi arus puncak mudik dan menyediakan posko-posko untuk masyarakat dengan berbagai macam fasilitas agar masyarakat bisa istirahat sebentar, hal ini juga untuk menekan tingkat kecelakaan lalin,” katanya.

Selain itu, kata dia, bagi masyarakat yang belum divaksin booster bisa mendatangi gerai vaksin yang sudah siapkan di pos pelayanan vaksin.

 

4 dari 4 halaman

Apresiasi Warga Mudik Lebih Awal

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi kepada masyarakat yang telah menindaklanjuti imbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Imbau itu yakni melakukan mudik Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran tahun 2022, lebih awal sebelum prediksi puncak arus mudik pada 28-30 April 2022.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolri saat meninjau kesiapan mudik di Pelabuhan Merak bersama dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan stakeholder terkait lainnya, Selasa (26/4).

"Disatu sisi, kami juga sangat berterima kasih dan apresiasi kepada masyarakat yang telah mendengarkan imbauan mudik yang disampaikan oleh Bapak Presiden tentunya yang telah ditindaklanjuti oleh menteri-menteri terkait untuk mengimbau masyarakat agar mudik lebih awal," kata Sigit usai meninjau Pelabuhan Merak, Selasa (26/4).

Sigit menyebut, dari hasil pemantauan telah terjadi peningkatan arus mudik yang dilakukan oleh masyarakat sebelum tanggal 28-30 April 2022. Menurutnya, mudik lebih awal yang diputuskan oleh masyarakat akan semakin mencegah terjadinya potensi kemacetan pada H-4 hingga H-1 Lebaran.

"Kita lihat bahwa, dari mulai kemarin dan hari ini kegiatan arus mudik sudah mulai terlihat dan tentunya ini sangat baik khususnya untuk mengurai kemacetan. Khususnya diprediksi puncak arus mudik yang diperkirakan pada H-4, H-3, H-2 dan H-1. Kalau ini bisa kita urai tentunya kemacetan pun kita harapkan bisa semakin kita kurangi," sebutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.