Sukses

5 Hal Terkait Jokowi Tinjau Persiapan Pembangunan Sirkuit Formula E di Ancol

Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Senin 25 April 2022 meninjau persiapan pembangunan sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Senin 25 April 2022 meninjau persiapan pembangunan sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara.

Tak sendiri, Jokowi juga didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dalam kesempatan itu, Jokowi menyebut, trek balap untuk ajang Formula E sudah siap.

"Ya, saya ingin mellihat persiapan Formula E seperti apa di lapangan. Untuk trek balapannya sudah siap," kata Jokowi kepada wartawan sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Senin 25 April 2022.

Selain itu disampaikan Jokowi, pembangunan di sirkuit yang masih perlu dikejar yakni area paddock atau garasi markas pembalap serta tim hingga grandstand atau tribun penonton.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun berharap pengerjaannya bisa segera selesai sehingga masyarakat bisa menonton Formula E pada Juni mendatang.

"Kemudian yang dikejar tinggal paddock dan grandstandnya masih ada waktu hahis lebaran dan kita harapkan di awal Juni kita bisa melihat balapannya," ucap Jokowi.

Rupanya peninjauan Presiden Jokowi ke sirkuit Formula E di Ancol mendapat beragam tanggapan. Misalnya dari anggota Fraksi PDI Perjuangan Dewan perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak.

Gilbert menilai, Presiden Jokowi tidak memberikan sikap dukungan terhadap penyelenggaraan Formula E. Menurutnya, kedatangan Jokowi ke lokasi Formula E hanya meninjau karena tugasnya sebagai kepala negara. Sebabnya Formula E sudah banyak menyita perhatian.

"Itu kewajiban Presiden karena masalah ini sudah sangat menyita perhatian," kata Gilbert kepada wartawan, Selasa (26/4/2022).

Berikut sederet hal terkait Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang meninjau persiapan pembangunan sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara dihimpun Liputan6.com:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Jokowi Sebut Trek Balap Sudah Siap

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau persiapan pembangunan sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, Senin 25 April 2022. Jokowi menyebut trek balap untuk ajang Formula E sudah siap.

"Ya, saya ingin mellihat persiapan Formula E seperti apa di lapangan. Untuk trek balapannya sudah siap," kata Jokowi kepada wartawan sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Senin 25 April 2022.

Menurut Jokowi, pembangunan di sirkuit yang masih perlu dikejar yakni area paddock atau garasi markas pembalap serta tim hingga grandstand atau tribun penonton. Jokowi berharap pengerjaan ini segera selesai sehingga masyarakat bisa menonton Formula E pada Juni mendatang.

"Kemudian yang dikejar tinggal paddock dan grandstandnya masih ada waktu hahis lebaran dan kita harapkan di awal Juni kita bisa melihat balapannya," jelas Jokowi.

 

3 dari 6 halaman

2. Anies Klaim Semua Sudah Siap 100 Persen

Sementara itu, Anies menyampaikan pembangunan trek balap sudah rampung 100 persen. Proses pembangunan sirkuit Formula E yang sedang dilakukan yakni, paddock, grandstand, serta pagar.

"Pagar nanti di atas beton-beton ini akan ada pagar yang untuk melindungi itu semua, yang akan dikerjakan sama persiapan untuk tamu tamu menggunakan mall di sebelah ini," jelas dia.

"Tapi secara umum sirkuit sudah 100 persen," sambung Anies.

Dalam situs resmi penyelenggara Federation Internationale de l'Automobile (FIA), Jakarta masuk dalam kalender balap Formula E 2022 atau season 8. Total ada 16 seri balapan Formula E dalam kalender balap 2022, termasuk Jakarta.

Apabila sesuai jadwal, maka balapan mobil listrik Formula E atau Jakarta Eprix bakal berlangsung pada 4 Juni 2022 di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

 

4 dari 6 halaman

3. Ditanggapi PDIP

Anggota Fraksi PDI Perjuangan Dewan perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak menilai Presiden Jokowi tidak memberikan sikap dukungan terhadap penyelenggaraan Formula E.

Menurutnya, kedatangan Jokowi ke lokasi Formula E hanya meninjau karena tugasnya sebagai kepala negara. Sebabnya Formula E sudah banyak menyita perhatian.

"Itu kewajiban Presiden karena masalah ini sudah sangat menyita perhatian," kata Gilbert kepada wartawan, Selasa (26/4/2022).

Gilbert memandang, wajar Jokowi meninjau langsung Formula E. Sebab kalau gagal justru akan memalukan negara.

"Tentu wajar beliau mengucapkan itu, kalau gagal kan memalukan negara. Karena hasil nego ulang/MoU terbaru juga sudah mempermalukan Indonesia," katanya.

Jokowi juga dipandang tidak ada pernyataan yang memuji Formula E. Gilbert memandang hanya sebuah pernyataan datar yang disampaikan.

"Jelas kata-kata Pak Jokowi tidak ada yang memuji, datar-datar saja saya baca di media," ucap Gilbert.

Selain itu menurut Gilbert, Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta akan tetap mengajukan hak interpelasi terhadap Formula E. Ia meminta hak interpelasi tidak dikaitkan dengan Presiden Jokowi yang meninjau sirkuit Formula E.

Gilbert memastikan, PDIP akan mengajukan hak interpelasi setelah Idul Fitri.

"Hak interpelasi kita coba masukkan paripurna setelah idul Fitri," ujar Gilbert.

Meski pengerjaan Formula E sudah selesai sekalipun, PDIP tetap berkukuh mengajukan hak interpelasi.

"Pun bila sudah selesai dikerjakan, interpelasi masih akan digulirkan," kata Gilbert.

Kehadiran Jokowi meninjau pembangunan sirkuit Formula E diminta tidak dikaitkan dengan interpelasi. Gilbert menilai sikap Jokowi tersebut hanya sebuah formalitas sebagai kepala negara.

"Jangan dinterpretasikan berlebihan," tegas Gilbert.

 

5 dari 6 halaman

4. Gerindra Sebut Jokowi Mendukung

Presiden Jokowi meninjau sirkuit Formula E. Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta menilai sikap Jokowi sebagai kepala negara menunjukkan dukungan terhadap ajang balap mobil listrik itu. Sementara itu hal berbeda disampaikan Gerindra.

"Saya kira pak Jokowi fair aja orangnya bahwa ini baik dan ini menyangkut nama bangsa bukan hanya sekedar soal DKI," ujar anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Gerindra M Taufik kepada wartawan, Selasa (26/4/2022).

Taufik melihat gestur Jokowi meninjau sirkuit Formula E sebagai bentuk dukungannya. Apalagi ajang balap ini merupakan acara bertaraf internasional. Ia mengapresiasi sikap Jokowi yang memberikan dukungan.

"Kita harus apresiasi dong pak Jokowi karena event ini kan event internasional bukan hanya menyangkut nama Jakarta tapi bisa menyangkut nama negara," katanya.

Sementara itu, Taufik bilang masalah hak interpelasi di DPRD yang digulirkan PDIP dan PSI hal yang berbeda dengan sikap Jokowi. Ia minta tidak dikaitkan.

"Iya itu dua hal yang berbeda, itu kan hak orang, interpelasi, hak anggota DPRD. Cuman, ya saya kira mestinya harus di, dua hal yang berbeda lah jangan dikaitkan, Itu hak anggota dewan," tegas Taufik.

 

6 dari 6 halaman

5. DPR Sebut Jokowi Ingin Sukseskan Acara

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menilai, Presiden Joko Widodo atau Jokowi ingin menyukseskan ajang internasional Formula E. Karena sebagai kepala negara yang menyelenggarakan Formula E, Jokowi mendukung agar lancar dan sukses.

"Sebagai tuan rumah tentunya sebagai Presiden Pak Jokowi ingin acara ini berlangsung lancar dan sukses," ujar Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (26/4/2022).

Ketua Harian Partai Gerindra ini memandang, Jokowi yang meninjau langsung lokasi sirkuit Formula E sebagai hal wajar. Jokowi dinilai berharap Indonesia menjadi tuan rumah yang baik.

"Pasti Pak Presiden ingin bahwa kegiatan ajang internasional ini bisa berjalan dengan baik dan Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik," kata Dasco.

Jokowi juga memastikan bahwa persiapan Formula E baik-baik saja. Di tengah kegaduhan yang terjadi di DPRD DKI Jakarta.

"Oleh karena itu dengan banyaknya dinamika kemudian hal-hal di media saya pikir pak Jokowi ingin memastikan bahwa Formula E baik-baik saja," kata Dasco.

 

(Rifqy Sakti Pratama)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.