Cuaca Hari Ini Selasa 26 April 2022, Jakarta Pagi Berawan, Siang Hujan Angin Disertai Petir

Oleh Maria Flora pada 26 Apr 2022, 06:15 WIB
Diperbarui 26 Apr 2022, 06:15 WIB
Ilustrasi Cuaca Jakarta Cerah Berawan
Perbesar
Ilustrasi Cuaca Jakarta Cerah Berawan

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca berawan menyelimuti wilayah DKI Jakarta hingga Kepulauan Seribu pagi ini, Selasa (26/4/2022).

Siang nanti, lewat peringatan dini cuaca, sebagian titik diguyur hujan intensitas ringan, sebagian lagi berawan. Potensi hujan dibarengi petir juga dilaporkan BMKG bakal terjadi.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat di Jaktim dan Jaksel pada siang dan sore hari," jelas BMKG diperingatan dini cuaca hari ini, Selasa.

Sementara, langit cerah berawan menyelimuti menyelimuti keempat daerah penyangga Jakarta pagi hari ini. Siang nanti, Depok, Bogor, Bekasi serta Tangerang diprediksi hujan ringan dan disertai petir dan angin kencang hingga malam hari.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada waktu siang hingga malam hari di Kab. dan Kota Bogor, Kota Depok, Kab. dan Kota Bekasi," jelas BMKG.

Berikut informasi prakiraan cuaca di Jabodetabek selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota  Pagi  Siang  Malam 
 Jakarta Barat  Berawan  Berawan  Cerah Berawan
 Jakarta Pusat  Berawan  Berawan  Cerah Berawan
 Jakarta Selatan  Berawan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Jakarta Timur  Berawan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Jakarta Utara  Berawan  Berawan  Cerah Berawan
 Kepulauan Seribu  Berawan  Berawan  Cerah Berawan
Bekasi Cerah Berawan Hujan Ringan Berawan
Depok Cerah Berawan Hujan Ringan Berawan
Bogor  Cerah Berawan  Hujan Petir  Berawan
Tangerang  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan

BMKG Siapkan Layanan Informasi Prakiraan Cuaca di Jalan Tol

Waspada Cuaca Ekstrem di Jabodetabek Hingga April 2022
Perbesar
Waspada cuaca ekstrem di Jabodetabek hingga April 2022

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga mempersiapkan layanan informasi prakiraan cuaca, terutama di jalur tol untuk menghadapi masa mudik Lebaran 2022.

"Layanan yang kami sampaikan di sini adalah informasi cuaca pada jalur transportasi darat, terutama jalan tol, ini akan disiapkan dengan fitur khusus, melalui aplikasi mobile phone infoBMKG. Namun yang kami sampaikan ini adalah prakiraan cuaca," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam rapat kerja dan rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi V DPR RI yang diikuti secara daring, mengutip Antara, Jumat, 8 April 2022.

Dwikorita mengatakan, peringatan dini juga diberikan dari 3 jam hingga 30 menit sebelum kejadian dan disampaikan pula melalui fitur khusus peringatan dini infoBMKG.

"Namun kami juga memohon barangkali dimungkinkan peringatan dini ini bisa ditayangkan pada layar yang ada di jalan tol, untuk informasi jalan tol," kata dia.

Dwikorita berharap, dengan informasi yang disebarluaskan tidak hanya melalui aplikasi ponsel, sehingga BMKG berupaya untuk dapat berkoordinasi dengan pengelola jalan tol, agar peringatan dini juga masuk di dalam info jalan tol.


Penjelasan BMKG Soal Perubahan Cuaca Jabodetabek

Waspada Cuaca Ekstrem di Jabodetabek Hingga April 2022
Perbesar
Waspada cuaca ekstrem di Jabodetabek hingga April 2022

Di sisi lain, suhu di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tengerang, Bekasi) pada siang hari cenderung sempat sangat terik di awal pekan bulan April 2022. Sementara, pada sore hingga malam hari, cuaca berubah drastis menjadi mendung dan hujan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan penyebab terjadinya perubahan cuaca secara drastis dalam sehari ini. Sub-koordinator Bidang Prediksi Cuaca BMKG, Ida Pramuwardani mengatakan, saat ini Jakarta sudah berada pada akhir musim hujan.

Salah satu cirinya, terjadi hujan disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang yang umumnya terjadi pada sore atau malam hari.

"Hal ini terjadi karena proses pemanasan permukaan bumi akibat radiasi sinar matahari pada pagi-siang yang meningkatkan energi pembentuk awan hujan pada sore-malam hari," jelasnya kepada merdeka.com, Jumat, 8 April 2022.

Terjadinya pemanasan permukaan bumi ini juga menyebabkan cuaca pada pagi hingga siang cerah. Sedangkan pada sore hingga malam mendung sampai hujan.


Kata BMKG Soal Fenomena Hujan Seperti Ombak di Cikarang

Ilustrasi Hujan
Perbesar
Ilustrasi hujan.

Sempat menjadi perbincangan hangat di media sosial, hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur sejumlah kawasan di sekitar Jabodetabek, Selasa, 5 April 2022.

Postingan video yang diunggah akun instagram @infobekasi yang merekam video singkat suasana hujan deras disertai angin kencang di kawasan MM 2100, Cikarang, Kabupaten Bekasi sekitar pukul 14.31 Wib.

Dimana dalam video tersebut terlihat hujan deras yang disebut oleh perekam layaknya "ombak". Karena air hujan yang terbawa oleh kencangnya angin, kencengan angin juga terlihat dari embusan yang mengenai pohon.

"Ini mah pakai payung percuma. Kaya ombak di lautan. Anginnya kenceng banget pohonnya liatin noh," cakap perekam video tersebut.

Merespons video tersebut, pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menilai jika hujan tersebut terjadi dampak dari hembusan angin yang sangat kencang terjangan.

"Itu kelihatannya karena efek hujan lebatnya di sertai angin yang cukup kencang," kata Miming Saepudin, Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG saat dihubungi merdeka.com, Selasa, 5 April 2022. 

Infografis Waspada Cuaca Ekstrem di Indonesia
Perbesar
Infografis Waspada Cuaca Ekstrem di Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya