Sukses

Kebakaran Hebat Pasar Gembrong Jaktim, 450 KK Kehilangan Tempat Tinggal

Kebakaran hebat terjadi di kawasan Pasar Gembrong, Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur pada Minggu malam.

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran hebat melanda permukiman warga di kawasan Pasar Gembrong, Jalan Basuki Rahmat, RT 04/RW 01, Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur pada Minggu (24/4/2022) malam.

Akibat insiden kebakaran tersebut, sebanyak 450 Kepala Keluarga (KK) terpaksa kehilangan tempat tinggal karena hangus dilalap api.

Kepala Seksi Operasi (Kasi Ops) Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman menerangkan, api pertama kali muncul dari salah satu rumah warga. Diduga kebakaran terjadi akibat hubungan arus pendek listrik.

"Sebab korsleting listrik berawal dari rumah ibu R di lantai 2," kata dia dalam keterangan tertulis, Senin (25/4/2022).

Gatot menceritakan, ketika itu ibu R berteriak-teriak telah terjadi kebakaran di kediamannya pada sekitar pukul 21.06 WIB. Warga dengan sigap berusaha memadamkan api. Namun, api cepat membesar dan merembet ke rumah di sekitarnya.

"Terdampak kebakaran 450 kepala keluarga (KK) atau 1.000 jiwa," ujar dia.

Sebanyak 26 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi. Berdasarkan laporan terakhir yang diterima Gatot, kebakaran berhasil dipadamkan pada Senin dini hari sekitar pukul 02.20 WIB.

"Api dilokalisir pada pukul 23.00 WIB. Saat ini sedang dalam tahap pendinginan," ujar dia.

Gatot mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Namun, kerugian materiil ditaksir mencapai Rp 1,5 miliar.

"Objek terbakar adalah 400 bangunan rumah atau pertokoan yang berdiri di luas lahan 1.200 meter persegi. Kerugian Rp 1,5 miliar," kata dia membeberkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebakaran Hebat Pasar Gembrong

Sebelumnya diberitakan, kebakaran hebat terjadi di Pasar Gembrong, Jakarta Timur, Minggu (24/4/2022) malam. Situasi terebut tengah ditangani oleh Satuan Unit Pemadam Kebakaran (Damkar) Jaktim.

Kasie Ops Damkar Jaktim Gatot menyampaikan, pihaknya menerima berita kebakaran itu pada 21.06 WIB.

"Objek rumah tinggal," kata Gatot saat dikonfirmasi, Minggu (24/4/2022).

Adapun alamat TKP di Jl Jendral Basuki Rahmat No.8 RW 10, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur. Jenis objek sendiri merupakan bangunan rendah.

"Pengerahan unit dan personel ada 14 unit dan 70 personel Jakarta Timur," jelas dia.

Petugas Damkar sendiri tiba sekitar pukul 21.15 WIB. Sementara situasi dan status kebakaran masih dalam proses pemadaman.

"Merah (pemadaman)," kata Gatot menandaskan.

Video kebakaran di kawasan Pasar Gembrong ini sempat beredar di media sosial. Terlihat api berkobar hebat melumat sejumlah bangunan di kawasan Pasar Gembrong, Jakarta Timur.

Insiden itu menyita perhatian sejumlah pengguna jalan yang tengah melintas di sekitar lokasi. Akibatnya, arus lalu lintas sedikit tersendat.

Terlihat sejumlah warga berusaha menyelamatkan barang dari kobaran api. Sebagian membantu memadamkan api dengan alat seadanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.