Sukses

Survei Populi Center: Menteri Berpeluang Nyapres 2024, Prabowo Subianto Teratas

Terkait tiga nama teratas capres 2024, Populi Center menyebut bahwa tiga nama yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan menjadi tiga kandidat kuat.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Populi Center menyelenggarakan survei nasional dengan tema Dinamika politik jelang Pemilu 2024. Dalam surveinya, dari empat menteri kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin yang berpeluang menjadi calon presiden 2024, dan Prabowo Subianto unggul dengan perolehan 37,1 persen

"Menteri yang berpeluang menjadi calon presiden pada tahun 2024, Prabowo Subianto unggul dengan 37,1 persen, disusul oleh Sandiaga Salahuddin Uno (23 persen), Erick Thohir (8 persen), dan Airlangga Hartarto (2,3 persen)," kata Peneliti Populi Center, Rafif Pamenang Imawan dalam keterangannya, Minggu (24/4/2022).

Sementara terkait calon wakil presiden idaman pada Pemilu 2024, mayoritas memilih Sandiaga Uno. Pada pertanyaan terbuka, mayoritas masyarakat memilih Sandiaga Uno sebagai Wakil Presiden apabila pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dilakukan hari ini dengan persentase 16,6 persen.

"Disusul Anies Baswedan (8,6 persen), Erick Thohir (5,8 persen), Ridwan Kamil (5 persen), Ganjar Pranowo (5 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (3,8 persen), Prabowo Subianto (3,7 persen), dan Basuki Tjahaja Purnama (3,6 persen)," ujar dia.

Terkait tiga nama teratas capres 2024, Rafif menyebut tiga nama yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan menjadi tiga kandidat kuat. Meski demikian, ia menyebut peta politik masih terbuka, sebab masih cukup banyak masyarakat yang belum mengetahui pelaksanaan pemilu serentak di tahun 2024.

"Di luar ketiga nama tersebut, terdapat nama-nama lain yang patut diperhitungkan, antara lain Sandiaga Salahuddin Uno, Ridwan Kamil, dan Erick Thohir," kata dia.

Populi Center menyelenggarakan survei nasional pada tanggal 21 hingga 29 Maret 2022. Metode pengambilan data dalam survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka terhadap 1.200 responden yang dipilih menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error (MoE) ± 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Survei Populi Center: Prabowo Paling Dikenal dan Disukai Publik, Disusul Sandiaga-Anies

Hasil survei nasional yang dilakukan lembaga dan penelitian dan survei, Populi Center pada 21-29 Maret 2022, dengan tema Dinamika politik Jelang pemilu 2024 menyebutkan, Prabowo Subianto merupakan tokoh yang paling banyak dikenal publik dengan perolehan 92,3 persen.

"Terkait dengan keterkenalan tokoh-tokoh, Prabowo Subianto menjadi tokoh yang paling banyak dikenal/populer dengan 92,3 persen, disusul Sandiaga Salahuddin Uno (78,5 persen), Anies Baswedan (78,1 persen), Ganjar Pranowo (65,4 persen), Puan Maharani (63,3 persen), Ridwan Kamil (62,8 persen),” kata Peneliti Populi Center, Rafif Pamenang Imawan dalam rilis daring, Minggu (24/4/2022).

BACA JUGA:Jokowi Catat Janji Prabowo, Bawa Defend ID Masuk 50 Perusahaan Pertahanan DuniaSementara, terkait subjek tokoh yang paling banyak disukai, Prabowo juga memimpin dengan raihan 70,6 Persen.

"Mayoritas masyarakat menyatakan Prabowo Subianto menjadi tokoh yang paling banyak disukai dengan 70,6 persen. Disusul Sandiaga Salahuddin Uno (65,1 persen), Anies Baswedan (58,7 persen), Ganjar Pranowo (54 persen), Ridwan Kamil (51,6 persen)," kata dia.

Pada pertanyaan terbuka, mayoritas responden menjawab Joko Widodo sebagai sosok paling dipilih sebagai Presiden apabila pemilu diadakan hari ini, dengan persentase 15,5 persen, disusul Prabowo Subianto (13,4 persen), Ganjar Pranowo (11,6 persen), Anies Baswedan (7,2 persen), serta Sandiaga Salahuddin Uno dan Ridwan Kamil dengan masing-masing 2,2 persen.

Adapun metode pengambilan data dalam survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka terhadap 1.200 responden yang dipilih menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error (MoE) ± 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

3 dari 4 halaman

SMRC: Prabowo-Puan Bakal Head to Head Lawan Anies-AHY Atau Ganjar-Airlangga

Temuan survei nasional Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) dengan tema 'Prabowo-Puan vs Ganjar-Airlangga atau Anies-AHY?' menyebutkan, persaingan akan sangat ketat jika pasangan Prabowo Subianto – Puan Maharani melawan Anies Baswedan – Agus Harimurti Yudhoyono atau lawan Ganjar Pranowo – Airlangga Hartarto dalam Pilpres 2024.

Dalam presentasinya, Pendiri SMRC, Saiful Mujani menunjukkan bahwa jika yang bertarung hanya dua pasangan, di mana Prabowo Subianto – Puan Maharani melawan Anies Baswedan – Agus Harimurti Yudhoyono, Prabowo-Puan mendapatkan 41 persen, Anies-AHY 37,9 persen. Ada 21 persen yang belum menentukan pilihan.

"Suara dua pasangan ini dinilai seimbang karena selisihnya di bawah margin of error. Dukungan pada dua pasangan ini secara statistik tidak berbeda secara signifikan," papar Saiful, Kamis (21/4/2022).

Saiful menyebut, hal yang sama juga terjadi dalam simulasi Prabowo-Puan melawan Ganjar-Airlangga. Pada simulasi ini, Prabowo-Puan didukung 39,3 persen, sementara dukungan pada Ganjar-Airlangga 40,3 persen suara. Masih ada 20,5 persen yang belum menentukan pilihan.

Saiful menambahkan bahwa jika polanya seperti ini, belum bisa diperkirakan pasangan mana yang akan unggul. Hanya saja, lanjutnya, jika kita lihat Prabowo yang sudah berkali-kali mengikuti kontestasi ini, kemungkinan untuk menaikkan suaranya lebih berat dibanding Ganjar atau Anies.

"Saya kira di akhir tahun, kemungkinan pasangan ini akan semakin mengerucut," pungkasnya.

Adapun Survei ini dilakukan pada 1.220 responden yang dipilih secara acak dengan metode stratified multistage random sampling. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,12% pada tingkat kepercayaan 95 persen (asumsi simple random sampling). Wawancara tatap muka dilakukan pada 13 - 20 Maret 2022.

4 dari 4 halaman

Sekjen Gerindra Minta Kadernya Jangan Menyerah Perjuangan Prabowo Jadi Presiden

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani meminta kadernya untuk tak pernah lelah memperjuangkan ketua umumnya Prabowo Subianto menjadi Presiden dalam Pemilu 2024.

Hal tersebut disampaikannya saat Rapat Koordinasi dan buka puasa bersama keluarga besar Partai Gerindra Provinsi Lampung, Jumat (15/4/2022).

"Gerindra Lampung baru saja diumumkan kepengurusan baru. Dari daftar kepengurusan ini ada wajah lama dan wajah baru. Tapi itu tidak boleh menyurutkan loyalitas, semangat, dan komitmen kita untuk terus berjuang menjadikan Prabowo sebagai presiden," kata Muzani.

Dalam kesempatan tersebut, Muzani meminta kepada pengurus Lampung untuk bergerak bersama. Untuk menyongsong Gerindra lebih baik.

Menurutnya, dengan kepemimpinan regenerasi partai harus diikuti dengan tugas dalam kepemimpinannya mewujudkan Indonesia yang bersatu adil dan makmur sebagaimana cita-cita partai.

"Loyalitas diperlukan untuk mewujudkan ideologi partai yaitu kekuasaan yang diperuntukan untuk keadilan dan kemakmuran rakyat Indonesia yang bersatu," jelas dia.

Dalam kesempatan itu, Muzani menjelaskan, alasan partainya terus mendorong Prabowo sebagai Presiden Indonesia berikutnya. Karena, adanya keyakinan jika Prabowo mampu membawa nasib rakyat lebih baik dan pemerataan kesejahteraan bisa direalisasikan.

"Menjadikan Prabowo presiden adalah ideologi kita, kenapa? Karena kesejahteraan, keadilan, kemajuan, kemandirian, kehormatan bangsa dan negara Indonesia dalam keyakinan kita bisa terwujud kalau Prabowo presiden," jelasnya.

"Dalam posisinya sebagai Menhan, Prabowo juga telah berusaha meningkatkan diplomasi pertahanan kita menjadi semakin kuat dan diterima dunia internasional. Saat ini dunia menghargai dan menghormati kita sebagai negara besar baik dalam forum internasional maupun regional," sambung Muzani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.