Partai Mahasiswa Indonesia Sah di Kemenkumham, DPR: Selamat Datang

Oleh Delvira Hutabarat pada 24 Apr 2022, 09:34 WIB
Diperbarui 24 Apr 2022, 09:35 WIB
Gedung DPR
Perbesar
Gedung DPR

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengunkapkan telah lahir partai baru yakni Partai Mahasiswa Indonesia. Selain partai mahasiswa, Dasco juga menyampaikan selamat datang bagi parpol baru lainnya, yakni Partai Buruh.

"Telah lahir partai baru ada namanya Partai Buruh. Lalu kemudian ada juga Partai Mahasiswa Indonesia. Sudah sah di Kementerian Hukum dan HAM," kata Dasco saat audiensi dengan perwakilan massa demonstrasi, 21 April 2022.

Dasco mengaku menyambut baik kemunculan partai mahasiswa. Ia menyebut saatnya berkompetisi dengan sehat untuk mendapatkan kursi di Senayan.

"Kita ucapkan selamat datang. Mari kemudian berkompetisi, cari kursi di DPR yang bersama-sama bisa memperjuangkan hak kalian dengan kami," kata Dasco.

Wakil Ketua DPR itu menyatakan Partai Mahasiswa sudah lolos izin dari Kemenkumham. "Saya sudah cek memang benar sudah lolos Kumham (Kemenkumham) tinggal nanti verifikasi untuk pemilu," jelas Dasco.

Dengan jumlah mahasiswa Indonesia yang banyak, Dasco percaya Partai Mahasiswa Indonesia bisa lolos Senayan dan mendapatkan kursi DPR.

"Dengan mahasiswa yang segini banyak, harusnya bisa bersama-sama merebut kursi di DPR memperjuangkan aspirasi mahasiswa. Begitu juga dengan mahasiswa, dengan jutaan mahasiswa, masa nggak bisa dapat 20 kursi, sehingga kita bersama-sama di parlemen memperjuangkan apa-apa yang mesti diperjuangkan untuk bangsa dan negara," pungkasnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pemilu Tetap 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengatakan, pemilihan umum (pemilu) tetap digelar sesuai jadwal, yakni pada 14 Februari 2024. Dia pun meminta masyarakat optimistis, Pemilu 2024 akan dilaksanakan pada waktu yang telah ditetapkan tersebut.

Hal ini disampaikan anggota KPU terpilih, Hasyim Asyari usai dilantik Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/4/2022).

"Kami harus yakin pemilu dapat diselenggarakan dan harus dapat diselenggarakan secara reguler lima tahunan sebagaimana jadwal yang sudah kita tetapkan yaitu 14 Februari 2024 untuk hari pencoblosan atau hari pemungutannya," kata Hasyim.

Sebelumnya, mahasiswa berunjuk rasa pada 11 April 2022 di depan Gedung DPR/MPR. Salah satu tuntutannya, mereka menolak wacana penundaan Pemilu 2024.

 


Setop Bicara Penundaan Pemilu

Sementara, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta para menteri berhenti bicara mengenai penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan Presiden. Jokowi mengingatkan jajarannya tak menimbulkan polemik dan fokus bekerja.

"Jangan menimbulkan polemik di masyarakat. Fokus pada bekerja dalam penanganan kesulitan-kesulitan yang kita hadapi," kata Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (6/4/2022).

"Jangan sampai ada lagi yang menyuarakan lagi mengenai urusan penundaan, urusan perpanjangan. Ndaak," sambung Jokowi.

Dia menekankan para menteri harus memiliki sense of crisis dan sensitif terhadap kesulitan-kesulitan yang dialami masyarakat saat ini. Jokowi memerintahkan menteri menjelaskan kepada masyarakat situasi global yang saat ini sedang sulit.

"Sampaikan dengan bahasa rakyat dan langkah-langkah yang sudah diambil pemerintah itu apa dalam menghadapi krisis dan kenaikan inflasi," ujar Jokowi. 

Infografis Jokowi Berulang Kali Tolak Wacana Penundaan Pemilu dan Presiden 3 Periode. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Jokowi Berulang Kali Tolak Wacana Penundaan Pemilu dan Presiden 3 Periode. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya