Top 3 News: Jumat 22 April 2022, Ganjil Genap Berlaku di Jalanan Jakarta

Oleh Devira PrastiwiYandhi Deslatama pada 23 Apr 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 24 Apr 2022, 09:32 WIB
Ganjil Genap Gantikan Penyekatan di Jakarta
Perbesar
Sejumlah kendaraan melintas di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Rabu (11/8/2021). Mulai 12 Agustus 2021, Polda Metro Jaya bakal kembali menerapkan aturan ganjil genap di sejumlah ruas jalan Ibu Kota dan meniadakan kebijakan penyekatan yang diterapkan selama PPKM Level 4. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait penerapan aturan ganjil genap (gage) di DKI Jakarta masih terus diberlakukaan, termasuk pada Jumat 22 April 2022.

Skema ganjil genap itu sejalan dengan perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM Jawa-Bali. Seperti diketahui, saat ini Pemerintah kembali memperpanjang kebijakan PPKM di Jawa-Bali sampai 9 Mei 2022 mendatang.

Kebijakan perpanjangan PPKM Jawa-Bali tersebut tertera dalam Inmendagri Nomor 22 Tahun 2022. Kemudian, aturan penerapan gage tersebut juga diberitakan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta melalui akun Instagram resminya @dishubdkijakarta.

Untuk jadwal ganjil-genap Jakarta, terbagi dalam dua sesi. Pada pagi hari dimulai pukul 06.00 WIB-10.00 WIB. Kemudian sore hari ganjil genap pada pukul 16.00 WIB-21.00 WIB setiap Senin sampai Jumat, kecuali tanggal merah dan akhir pekan.

Lalu, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri angkat bicara terkait kondisi terkini di Indonesia. Berbagai hal disampaikan Megawati, salah satunya soal susahnya stok minyak goreng yang mengalami kelangkaan.

Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) itu mengaku heran melihat banyak ibu-ibu sudah meramaikan pasar untuk membeli baju baru menjelang lebaran. Sementara, sebelumnya banyak ibu-ibu yang berebut antrean minyak goreng.

Tak hanya itu, Megawati pun kembali menegaskan tidak ada penundaan Pemilu 2024. Megawati mengingatkan, Presiden Joko Widodo sudah tegas menolak penundaan tersebut.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Gunung Anak Krakatau (GAK) pada Jumat dini hari, 22 April 2022 kembali meletus.

Semburan abu vulkaniknya mencapai 1.500 meter di atas puncak. Dilaporkan petugas pos pantau GAK Pasauran, Kabupaten Serang, Banten Deny Mardiono, letusan pertama terjadi pukul 00.49 WIB, dengan ketinggian abu mencapai 500 meter dari puncak.

Dalam laporan yang disusun Deny yang dikutip melalui aplikasi Magma Indonesia, dijelaskan kolom abu berwarna hitam dengan intensitas tebal condong ke arah Barat Daya. Amplitudo maksimumnya 37 mm dengan durasi 1 menit 19 detik.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Jumat 22 April 2022:


1. Cek 13 Titik Ganjil Genap di Jakarta Berlaku Hari Ini Jumat 22 April 2022

FOTO: PPKM Level 2, Sistem Ganjil Genap di Jakarta Diperluas
Perbesar
FOTO: PPKM Level 2, Sistem Ganjil Genap di Jakarta Diperluas. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Penerapan skema aturan ganjil genap (gage) masih terus diberlakukan di jalanan Ibu Kota DKI Jakarta. Termasuk pada hari ini, Jumat 22 April 2022 di saat perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM Jawa-Bali.

Lantaran, seperti diketahui, saat ini Pemerintah kembali memperpanjang kebijakan PPKM di Jawa-Bali sampai 9 Mei 2022 mendatang.

Dalam perpanjangan kali ini, wilayah aglomerasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) masuk ke wilayah PPKM Level 2.

Kebijakan perpanjangan PPKM Jawa-Bali tersebut tertera dalam Inmendagri Nomor 22 Tahun 2022. Kemudian, aturan penerapan gage tersebut juga diberitakan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta melalui akun Instagram resminya @dishubdkijakarta.

"Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil - Genap pada 13 RUAS JALAN diperpanjang sesuai dengan SK Kadishub Nomor 194 Tahun 2022. Bagi pengguna jalan agar dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang telah ditetapkan," tulis Dishub DKI Jakarta, dikutip Liputan6.com.

 

Selengkapnya...


2. Empat Pernyataan Megawati Soekarnoputri Terkait Kondisi Terkini Indonesia

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.
Perbesar
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyampaikan sejumlah pernyataan terkait kondisi terkini di Indonesia. Salah satunya terkait susahnya stok minyak goreng yang mengalami kelangkaan.

Megawati lantas mengaku heran melihat banyak ibu-ibu sudah meramaikan pasar untuk membeli baju baru menjelang lebaran. Sementara, sebelumnya banyak ibu-ibu yang berebut antrean minyak goreng.

"Saya lihat di pasar-pasar sekarang akibat sudah dilepaskannya PPKM, ibu-ibu berbondong-bondong beli baju baru dan sebagainya. Padahal di lain sisi bingung, mereka antre minyak goreng," ujar Megawati dalam acara BRIN yang dilihat dari YouTube BRIN Indonesia, Rabu 20 April 2022.

Selain itu, Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) tersebut juga kembali menegaskan tidak ada penundaan Pemilu 2024. Megawati mengingatkan, Presiden Joko Widodo sudah tegas menolak penundana tersebut.

"2024 sudah jelas, Presiden sudah jelas bahwa tidak ada penundaan," kata Megawati.

 

Selengkapnya...


3. Gunung Anak Krakatau Meletus, Ketinggian Abu Mencapai 1.500 Meter

Begini Penampakan Erupsi Gunung Anak Krakatau
Perbesar
Begini Penampakan Erupsi Gunung Anak Krakatau

Gunung Anak Krakatau (GAK) kembali meletus Jumat dini hari 22 April 2022. Semburan abu vulkaniknya mencapai 1.500 meter di atas puncak.

Letusan pertama terjadi pukul 00.49 WIB, dengan ketinggian abu mencapai 500 meter dari puncak. Dalam laporan yang disusun oleh Deny Mardiono, petugas pos pantau GAK Pasauran, Kabupaten Serang, Banten, yang dikutip melalui aplikasi Magma Indonesia menuliskan, kolom abu berwarna hitam dengan intensitas tebal condong ke arah Barat Daya.

Amplitudo maksimumnya 37 mm dengan durasi 1 menit 19 detik.

Kemudian letusan ketiga pada H-10 Idul Fitri terjadi pukul 01.45 WIB, dengan ketinggian abu vulkanik mencapai 600 meter dari atas puncak.

Masih dalam laporan yang disusun oleh Deny, kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal ke arah Barat Daya. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30 mm dan berdurasi 48 detik, tidak terdengar suara dentuman.

Letusan gunung anak krakatau ketiga terjadi pukul 02.37 wib, jelang umat muslim menjalankan sahur. Ketinggian kolom abu mencapai 1.500 meter di atas puncak.

 

Selengkapnya...

Infografis Perluasan Ganjil Genap
Perbesar
Infografis Perluasan Ganjil Genap. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya