Kuota Mudik Gratis di DKI Jakarta dan Depok Telah Habis

Oleh Dicky Agung Prihanto pada 22 Apr 2022, 18:44 WIB
Diperbarui 22 Apr 2022, 18:44 WIB
Mudik Gratis
Perbesar
Salah seorang peserta mudik gratis melakukan validasi tiket di Terminal Terpadu Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. (Liputan6.com/Dicky Agung Prihanto)

Liputan6.com, Jakarta - Kuota mudik gratis Pemprov DKI Jakarta untuk 11.680 kursi sudah habis. Untuk memastikan tidak ada data ganda, Dinas Perhubungan melakukan verifikasi data peserta mudik gratis.

"Alhamdulillah, kami masih melakukan verifikasi, takutnya kejadian lagi ada beberapa yang double," ujar Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan, Yayat Sudrajat melalui sambungan telepon, Jumat (22/4/2022).

Yayat menjelaskan, antusiasme warga Jakarta untuk menjadi peserta mudik gratis, berdampak terhadap tingginya traffic kunjungan website mudik gratis. Kondisi ini kemudian yang memicu sejumlah warga mencoba berbagai cara agar nama mereka terdaftar.

Salah satu contoh yang menyebabkan data ganda peserta mudik gratis yaitu dalam satu keluarga, 2-3 orang melakukan pendaftaran.

"Karena mungkin traffic untuk daftar itu penuh, mereka harus antre, akhirnya nyoba-nyoba, orang tua coba, anak coba, didaftarkan itu keluarganya, ini juga daftar jadi bisa double," jelasnya.

Proses pendaftaran mudik gratis ditutup pukul 5 sore. Setelah itu, verifikasi dilakukan Dishub secara real time.

Warga yang terkonfirmasi menjadi peserta mudik gratis akan langsung mendapatkan pemberitahuan dan mendapatkan e-ticket.

"Kalau sudah daftar dan verifikasi langsung saat itu juga dapat notifikasi untuk hadir bawa berkas, saat dia datang bawa berkas baru langsung dapat e-ticket," sambungnya.

Diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyediakan 492 bus gratis bagi para pemudik. Jumlah tersebut disiapkan untuk arus mudik dan arus balik.

 


Mudik Gratis Pemprov DKI

Dinas Perhubungan menyiapkan 292 bus untuk diberangkatkan pada arus mudik, sedangkan sebanyak 200 bus yang akan menjemput para pemudik kembali ke Jakarta.

Tidak hanya bus gratis, Dinas Perhubungan juga menyediakan layanan gratis untuk pemudik motor.

Nantinya, motor pemudik akan diangkut oleh truk yang telah disediakan Pemprov DKI. Sementara pemilik motor akan berangkat menggunakan bus.

Sebanyak 22 truk pengangkut motor pemudik akan disiapkan saar arus mudik, dan 9 truk untuk arus balik.

Calon peserta mudik gratis dapat mendaftarkan diri secara daring melalui laman di www.mudikgratisdki jakarta.id atau melalui WhatsApp ke nomor 08-123-188-5758.

Peserta dapat mendaftarkan maksimal empat orang per kartu keluarga (KK) dan diperuntukkan bagi warga yang memiliki KTP DKI Jakarta.

Calon pemudik yang ingin mengikuti program ini diutamakan bagi mereka yang sudah menerima vaksin dosis tiga (booster), membawa sepeda motor dan diutamakan yang akan melakukan perjalanan arus mudik serta arus balik ke DKI Jakarta.

 


Mudik Gratis Depok

Program mudik gratis Kementerian Perhubungan dibanjiri sejumlah peminat. Dua tahap pembukaan program mudik gratis, kuota wilayah Kota Depok telah habis diminati calon pemudik.

Kepala UPT Terminal Terpadu Depok, Ari Andromeda mengatakan, pendaftaran program mudik gratis telah berlangsung salah satunya di Kota Depok. Pendaftaran program mudik gratis dilakukan secara online dan validasi tiket untuk wilayah Kota Depok, berada di Terminal Terpadu Kota Depok.

“Dari pantauan kami, kuota mudik gratis di Depok telah habis sekarang tinggal validasinya,” ujar Andromeda saat ditemui Liputan6.com, Jumat (22/4/2022).

Andromeda mengungkapkan, pada pendaftaran tahap pertama kuota untuk Kota Depok telah habis sejak 12 April telah habis. Tidak jauh berbeda dengan pendaftaran periode kedua yang telah habis pada 21 April telah habis.

“Total kuota tiket mudik gratis di Kota Depok mencapai 2.550 peserta,” ungkap Andromeda.

Andromeda menjelaskan, untuk validasi tiket yang berada di Terminal Terpadu Kota Depok, pada tahap pertama telah tercetak 1.470 tiket. Pada tahap kedua sudah tercetak 236 tiket dari 1.080 tiket yang tersedia.

“Jadi masih ada para peserta yang belum melakukan validasi di Terminal Terpadu Kota Depok,” jelas Andromeda.

 


Validasi Dibuka 26 April

Penyelenggaraan validasi akan dibuka hingga 26 April atau H-2 sebelum keberangkatan. Untuk itu, para peserta mudik gratis yang belum melakukan validasi dapat segera melakukan validasi sebelum batas waktu yang ditentukan.

“Peserta dapat membawa sejumlah persyaratan sebelum melakukan validasi tiket,” ucap Andromeda.

Andromeda menuturkan, peserta yang ingin melakukan validasi dapat melengkapi dengan bukti pendaftaran yang telah diterima, fotocopy dokumen kependudukan, dan bukti telah vaksinasi ketiga. Nantinya para peserta mudik gratis akan diberangkatkan ke 14 kota di Jawa Tengah.

“Namun pada tahap kedua ada pemberangkatan mudik gratis ke Surabaya dan Madiun,” tutur Andromeda.

Andromeda menambahkan, para peserta mudik gratis dapat melakukan pendaftaran untuk arus balik. Namun pada arus balik hanya diberangkatkan di beberapa kota tertentu.

“Untuk arus balik diberangkatkan pada 8 Mei di wilayah Solo, Yogyakarta, Wonogiri, Semarang, dan Purwokerto,” pungkas Andromeda.

Reporter: Yunita Amalia/Merdeka.com

infografis journal
Perbesar
infografis mudik 2022
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya