Sukses

Wapres Ma'ruf Harap Penataan Borobudur Dapat Mengangkat Ekonomi Masyarakat

Sambil jalan pagi, Ma'ruf melihat secara langsung hasil perawatan dan kesiapan sarana prasarana yang ada di Zona 1, Zona 2, dan Zona 3 kawasan Borobudur.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin pagi meninjau langsung area-area di Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur sejauh 1,5 KM, Jumat (22/4). Ma'ruf ingin penataan Borobudur bisa mengungkit ekonomi masyarakat.

Sambil jalan pagi, Ma'ruf melihat secara langsung hasil perawatan dan kesiapan sarana prasarana yang ada di Zona 1, Zona 2, dan Zona 3 kawasan Borobudur.

"Jadi, penataan Borobudur ini mengungkit ekonomi masyarakat, itu yang penting, bisa mengungkit ekonomi masyarakat. Ini luar biasa," tegas Ma'ruf di Borobudur, Jumat (22/4/2022).

Sementara, Direktur Utama TWC Borobudur Edy Setijono mengatakan, upaya pengungkit ekonomi kawasan TWC Borobudur akan dilakukan melalui beberapa cara. Pertama, melalui pelatihan yang akan diberikan kepada para pedagang UMKM agar produknya dapat memenuhi selera pasar.

"Pelatihan akan dilakukan kepada kelompok pedagang itu untuk meningkatkan misalnya desain produk, teknik produksi, kemasan, dan proses promosi atau pemasaran dari produk-produknya," papar Edy.

"Kemudian yang kedua, kita bangun program namanya Balkondes (Bale Ekonomi Desa) yang merupakan upaya kita menumbuhkan ekonomi lokal di tingkat desa," urai Edy.

Edy menilai, keberadaan Balkondes ini telah mendorong munculnya peluang-peluang usaha baru. Banyak masyarakat sekitar yang sudah mulai membangun usaha untuk layanan, seperti kuliner, homestay, dan kerajinan yang terhubung dengan baik di setiap Balkondes.

"Kita juga mendorong adanya peluang usaha untuk transportasi lokal yang menghubungkan dari Borobudur ke desa-desa atau ke Balkondes-Balkondes yang tersebar di wilayah Borobudur ini," ungkapnya.

"Belum lagi bisnis homestay. Di kawasan Borobudur sendiri sudah terbangun lebih dari 2.000 homestay. Ini memberikan peluang usaha baru buat para rumah tangga mendapatkan akses ekonomi dari adanya Borobudur ditetapkan sebagai Destinasi Super Prioritas," pungkas Edy.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jalan Santai

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengawali paginya dengan berjalan santai di kawasan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Jumat (22/4/2022). Ma'ruf Amin berolahraga di Candi Borobudur sebelum memulai kunjungan kerjanya di Magelang, Jawa Tengah.

Wapres menuju kawasan TWC Borobudur sekitar pukul 05.45 WIB dari Plataran Heritage Borobudur Hotel tempatnya bermalam, menggunakan mobil.

Antara melansir, Ma'ruf Amin tiba di TWC Borobudur pukul 05.55 WIB dan langsung melakukan pemanasan bersama dengan rombongan.

Setelah melakukan pemanasan, Ma'ruf Amin kemudian menyusuri jalan di kawasan TWC Borobudur selama kurang lebih 40 menit, sambil melihat bangunan Candi Borobudur dari jarak dekat.

Selama melakukan jalan santai Wapres didampingi Direktur PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) Edy Setijono.

Sehari sebelumnya, Kamis 21 April 2022, Wapres meninjau kesiapan TWC Borobudur dalam mengantisipasi kunjungan wisatawan saat libur lebaran.

Wapres menerima informasi TWC Borobudur telah siap menerima kunjungan wisatawan lokal maupun luar negeri.

 

3 dari 4 halaman

Kesiapan Borobudur Sambut Libur Lebaran

"Berbagai fasilitas ekosistem sudah dibangun dengan baik sekali sebagai destinasi prioritas. Bahkan penataan selain sebagai tempat wisata juga tempat pengembangan UMKM juga ditata baik supaya tidak mengganggu," ujar Wapres di TWC Borobudur, Kamis.

Ma'ruf Amin juga mengecek kesiapan obyek wisata kawasan Borobudur jelang libur panjang Lebaran. Dalam kunjungan ke Candi Borobudur dan Balkondes Karangrejo, Ma'ruf Amin didampingi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan istri, Siti Atikoh.

"Saya ingin memastikan Borobudur sebagai destinasi wisata prioritas yang disiapkan pemerintah ini siap menyambut wisatawan di libur panjang hari raya. Saya ingin memastikan, karena nantinya lokasi ini pasti ramai setelah dua tahun masyarakat tidak berkunjung ke tempat wisata ini," katanya.

Ma'ruf Amin menambahkan, dari pengecekannya, pihak pengelola Borobudur sudah menyiapkan dengan matang persiapan menghadapi libur Lebaran 2022.

 

 

Dari pantauannya, mulai pintu masuk sampai fasilitas ekosistem telah ditata dan dibangun dengan baik. Termasuk penempatan stan untuk UMKM.

4 dari 4 halaman

Pesen Ganjar

 

“Sehingga semua sudah berjalan dengan baik. Saya mendapat penjelasan, seluruhnya sudah 100 persen,” kata Wapres.

Sementara, Ganjar Pranowo mengapresiasi Ma'ruf Amin yang turun gunung mengontrol langsung kesiapan destinasi wisata Borobudur menyambut libur Lebaran 2022. "Menurut saya ini sesuatu yang bagus. Secara keseluruhan Pak Wapres ingin memastikan menjelang libur panjang ini destinasi wisata siap," ucap Ganjar.

Ganjar mengimbau kepada pengelola destinasi wisata di Jawa Tengah memastikan pelayanan dilakukan dengan baik. Terutama terkait protokol kesehatan. Ganjar juga mewanti pengelola wisata tidak menetapkan harga yang tak wajar.

"Paling utama masker, dan nanti dukungannya tempat kesehatan, transportasinya disiapkan dan kalau sudah ramai, harganya jangan ngepruk, itu penting agar layanan tetap bagus," tegasnya.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.