Sukses

Bantu Pemerintah Turunkan Angka Stunting, TP PKK Pusat Saluran Bantuan di Kecamatan Tapos

Ketum TP PKK Tri Tito Karnavian menegaskan tugas PKK adalah membantu program pemerintah, seperti menurunkan angka stunting, mencegah kematian ibu hamil hingga membantu para lansia.

Liputan6.com, Depok Ketua Umum (Ketum) Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian menegaskan, tugas PKK adalah membantu program pemerintah. Beberapa program pemerintah yang didukung oleh TP PKK di antaranya penurunan angka stunting, pencegahan kematian ibu hamil, serta membantu lansia dalam mencukupi kebutuhan gizinya. Peran itu juga dilakukan TP PKK dalam membantu program pemerintah di tengah pandemi Covid-19.

“Kita mempunyai gerakan, mempunyai tenaga, mempunyai sumber daya manusia untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut dalam rangka kita mem-back up program-program pemerintah, prioritas-prioritas pemerintah di daerah-daerah,” kata Tri dalam acara Pasar Murah dan Bantuan Pemerintah yang diperuntukkan bagi ibu hamil, balita, para lansia, kaum difabel, perempuan kepala keluarga, dan unsur masyarakat lain yang membutuhkan. 

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai rangkaian Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG-PKK) ke-50 Tahun 2022, dan menyambut bulan suci Ramadan 1443 Hijriah. Acara berlangsung di halaman Kelurahan Tapos, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Jawa Barat, Jumat (22/4/2022).

Tri menjelaskan, masing-masing pemerintah daerah mempunyai prioritas program yang berbeda terhadap masyarakatnya. Namun secara umum, prioritas program tersebut mengacu pada rencana program jangka menengah dan panjang. Tri mengimbau, TP PKK bisa bekerja sama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk membuat program dan anggaran.

“Tim Penggerak PKK itu sendiri sebetulnya bisa bekerja sama dengan dinas, membuat anggaran membuat program. Yang mempunyai anggaran bekerja sama dengan dinas-dinas terkait, sehingga tidak ada lagi kata-kata bahwa PKK tidak punya uang, PKK tidak punya anggaran, tidak ada lagi,” jelasnya.

Di lain sisi, dalam kesempatan itu, Tri mengingatkan masyarakat agar terus disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Hal ini tetap perlu dilakukan, meski saat ini kasus pandemi di Indonesia telah melandai.

“Kita tetap menjaga jarak dan menjaga komunikasi kita agar kita terhindar juga dari masyarakat yang mungkin dalam situasi terpapar. Dan dalam suasana Ramadan ini Insyaallah kita juga sudah menjelang akhir Ramadan, saya mengucapkan selamat menyambut Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah,” ucapnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini