Sukses

5 Fakta Terkini Kasus DNA Pro Usai Rizky Billar dan Lesti Kejora Diperiksa Polisi

Pada Rabu 20 April 2022, pasangan artis Rizky Billar dan Lesti Kejora telah diperiksa Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri terkait kasus robot trading DNA Pro.

Liputan6.com, Jakarta - Pada Rabu 20 April 2022, pasangan artis Rizky Billar dan Lesti Kejora telah diperiksa Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri.

Keduanya diperiksa terkait uang panas kasus dugaan investasi bodong berkedok robot trading DNA Pro. Selama menjalani pemeriksaan di Gedung Bareskrim Polri sejak pukul 14.32 hingga 19.35 WIB, Rizky Billar bersama Lesti dicecar oleh 19 pertanyaan.

Usai menjalani pemeriksaan, Rizky Billar dan Lesti Kejora mengaku telah menyerahkan uang sebesar Rp 1 miliar yang diberikan oleh pihak DNA Pro kepada penyidik Bareskrim Polri.

"Benar Rp 1 miliar (dikasih dalam koper), kami kembalikan tidak kurang," kata Rizky Billar kepada wartawan, di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu 20 April 2022.

Selain itu menurut Rizky Billar, baik dia maupun sang istri, tak pernah mempromosikan DNA Pro sebagai sebuah investasi robot trading.

Rizky Billar bercerita, yang menjadi masalah yakni saat dirinya pamer foto di media sosial saat dihadiahi duit sekoper oleh Steven Richard alias SR. Belakangan, Rizky Billar dan Lesti Kejora baru mengetahui SR merupakan co-founder DNA Pro Akademi.

"Saya hanya mem-posting bahwa beliau (SR) kasih hadiah ke kami. Saya tidak pernah mem-posting platformnya, tidak pernah sama sekali mempromosikan," kata Rizky Billar.

Dia pun mengaku mempunyai firasat usai didatangi SR yang diakuinya dikenalnya dari seorang rekan bisnis. Dari situlah ia menerima tawaran kolaborasi membuat konten media sosial.

Setelah sepakat, SR menghampiri rumah Billar sambil membawa uang senilai Rp1miliar di dalam sebuah koper. Namun, Billar sudah memiliki firasat.

"Kami sempat mempertanyakan sebelumnya. Ini terlalu banyak buat posting-an kami. Saat itu diminta buat posting-an Instagram," ujar Billar.

Lantaran firasat yang muncul itu, Rizky Billar pun mengaku tak pernah menyentuh uang yang diberikan SR.

Berikut sederet fakta usai pasangan artis Rizky Billar dan Lesti Kejora diperiksa Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri terkait kasus DNA Pro dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kembalikan Uang Rp 1 Miliar dari DNA Pro, Tak Pernah Sentuh Uangnya

Pasangan artis Rizky Billar dan Lesti Kejora telah menyerahkan uang sebesar Rp 1 miliar yang diberikan oleh pihak DNA Pro kepada penyidik Bareskrim Polri, Rabu 20 April 2022.

"Benar Rp1 miliar (dikasih dalam koper), kami kembalikan tidak kurang," kata Rizky Billar kepada wartawan, di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu 20 April 2022.

Billar mengatakan jika uang Rp 1 miliar yang diberikan tersebut tidak pernah dipakai. Karena itu diperuntukan untuk anaknya Baby L ketika baru lahiran.

"Tidak belum dipakai. Seperti yang saya bilang tadi kronologi sebelumnya bahwa ini memang dikhususkan anak kami. Jadi kami tidak pernah sentuh (uang itu) sama sekali," ujar Billar.

 

3 dari 6 halaman

2. Ceritakan Sejarah Pemberian Uang

Lantas, Billar mengungkap ihwal uang dari pihak DNA Pro berinisial SR yang dikenalkan oleh salah satu rekan bisnis. Diawali maksud kolaborasi konten, kata dia, SR berupaya membalasnya dengan memberikan uang ditujukan untuk menyambut kelahiran anak mereka.

"Karena lagi lahiran anak satu bulan, dia datang ke rumah dalam maksud tujuan memberikan hadiah kepada anak kami yang kami tidak tahu nominalnya berapa," katanya.

"Lalu datanglah beliau ke rumah, ternyata beliau bawa uang sebanyak satu koper yang senilai Rp1 miliar. Kami pun sempat mempertanyakan sebelumnya, ini terlalu banyak buat postingan kami. Saat itu dia minta postingan Instagram," sambung Billar.

Kendati merasa heran dengan pemberian tersebut, Billar berujar jika uang tersebut hanya bentuk apresiasi hadiah dari SR. Karena ditujukan untuk anaknya, maka uang tersebut disimpan dan tak pernah dipakai sampai saat ini.

"Begitu kita dipanggil Bareskrim, kita sudah mempersiapkan uang yang belum sentuh sama sekali. Dengan kejadian belakangan ini kita tidak menyesali, justru kita bersyukur karena kita bisa mengambil pelajaran dari kejadian," ucap dia.

"Mudah-mudahan ini bisa menjadi pelajaran baik bagi kedepannya dan segitu saja yang bisa saya sampaikan," lanjut Rizky Billar.

 

4 dari 6 halaman

3. Dikenalkan Rekan Bisnis, Uang Pemberian SR Diminta Unggah ke Instagram

Suami Lesti Kejora itu juga menceritakan perkenalannya dengan Steven Richard yang sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Ia dikenalkan oleh rekan bisnis yang sudah dipercayainya, sehingga tanpa berpikir buruk menerima tawaran untuk berkolaborasi dalam membuat konten di akun media sosial miliknya.

Setelah menyetujui rencana kolaborasi, Steven Richard, kata dia, datang ke rumah membawa uang satu koper senilai Rp 1 miliar.

"Kami sempat mempertanyakan sebelumnya (uang), ini terlalu banyak buat posting-an kami. Saat itu diminta buat posting-an Instagram," ungkap Rizky Billar.

Rizky Billar juga mengaku bahwa uang yang diberikan untuk anaknya tidak pernah digunakan, tersimpan dengan nominal yang sama.

Lalu ketika dirinya mendapat panggilan dari Bareskrim Polri, uang tersebut dikembalikan sesuai nominal yang diberikan. "Begitu dipanggil Bareskrim, kami sudah mempersiapkan uang yang belum disentuh sama sekali," ucapnya.

 

5 dari 6 halaman

4. Akui Akan Lebih Hati-Hati ke Depan

Pada kesempatan yang sama, Lesti memandang atas kejadian ini telah dijadikan sebagai pelajaran untuk lebih hati-hati ketika menerima sebuah hadiah, berangkat dari pemberian uang Rp1 miliar dari DNA Pro.

"Ke depannya akan lebih hati-hati, jauh lebih teliti, harus ditanya lagi baiknya ke depan akan seperti apa, ke kitanya juga ada dampak apa. Mulai dari hal-hal kecil kita akan jauh lebih teliti lagi," katanya.

"Ya pokoknya disyukuri aja dijadikan pelajaran aja maksudnya negatif positif dijadikan pelajar kedepannya kita bisa menjadi orang yang lebih baik lagi," tutup Lesti.

 

6 dari 6 halaman

5. Polisi Akan Hadirkan Saksi Ahli Kemendag RI untuk Telusuri Kasus DNA Pro

Setelah memeriksa Rizky Billar dan Lesti Kejora di Gedung Bareskrim Polri Jakarta, Rabu 20 April 2022, polisi siap mendatangkan saksi ahli dari Kementerian Perdagangan atau Kemendag RI untuk mengembangkan kasus investasi bodong berkedok robot trading DNA Pro.

Diberitakan sebelumnya, Rizky Billar dan Lesti Kejora mendatangi Bareskrim Polri Jakarta pada Rabu 20 April 2022 untuk menjalani pemeriksaan terkait kasus investasi bodong berkedok robot trading DNA Pro.

Keduanya mengembalikan uang sekoper yang diterima dari tersangka SR. Dicecar 19 pertanyaan, Rizky Billar dan Lesti Kejora tampak tenang serta legawa mengembalikan uang semiliar rupiah.

Menurut mereka, uang itu bukan rezekinya. Kabag Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol. Gatot Repli Handoko mengapresiasi sikap kooperatif Rizky Billar dan Lesti selama pemeriksaan.

"Kami melakukan pemeriksaan terhadap saksi atas nama RB dan L yang tadi sekitar pukul 13.00 memenuhi panggilan penyidik dan masih dilakukan pemeriksaan," kata Gatot Repli Handoko.

Melansir dari video jumpa pers di kanal YouTube Cumicumi, pada hari yang sama, sejauh ini sudah ada 10 saksi korban yang telah diperiksa. Kemungkinan, jumlah ini akan terus bertambah. Termasuk menghadirkan saksi ahli.

"Total saksi korban yang sudah dilakukan pemeriksaan sebanyak 10 orang, kemudian melakukan pemeriksaan saksi ahli dari Kementerian Perdagangan RI," tegas Gatot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.