Sukses

Infografis Peta Jalur Mudik Lebaran 2022 Rawan Bencana

BNPB menyiapkan strategi dan antisipasi terhadap berbagai kendala saat mudik Lebaran 2022. Terutama agar masyarakat aman dan dapat menghindari potensi bencana di jalur mudik.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian masyarakat di Indonesia mulai mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah atau Lebaran 2022. Bagi pengguna moda transportasi darat dengan kendaraan umum maupun pribadi, mereka mulai mudik Lebaran 2022 untuk menghindari kemacetan di jalur mudik.

Selain kemacetan, para pemudik juga harus mewaspadai bencana seperti banjir, longsor, dan cuaca ekstrem. Potensi bencana itu bisa saja menghambat perjalanan para pemudik ke kampung halaman masing-masing.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB pun menyiapkan strategi dan antisipasi terhadap berbagai kendala. Terutama agar masyarakat aman dan dapat menghindari potensi bencana di jalur mudik.

Dalam suatu diskusi virtual di Nusa Dua, Bali, Rabu 20 April 2022, Kepala BNPB Suharyanto mengatakan strategi itu di antaranya mengerahkan tim dan relawan serta BPBD setempat. Terutama untuk bersiap siaga di daerah rawan bencana di jalur mudik.

Selain itu, BNPB telah mengeluarkan peta mudik aman bencana yang berisi lokasi-lokasi rawan bencana. Termasuk, kontak BPBD terdekat yang dapat mempermudah masyarakat mengetahui potensi bencana saat mudik. Peta ini dapat pula diakses di Inarisk BNPB.

Jalur mudik mana saja di Pulau Sumatra dan Pulau Jawa yang rawan bencana alam? Bagaimana tips aman berkendara di lokasi rawan banjir dan longsor? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Peta Jalur Mudik Lebaran 2022 Rawan Bencana di Pulau Sumatra

3 dari 4 halaman

Infografis Peta Jalur Mudik Lebaran 2022 Rawan Bencana di Pulau Jawa

4 dari 4 halaman

Infografis Tips Aman Berkendara di Lokasi Rawan Bencana Saat Mudik Lebaran 2022

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.