Sukses

Cuaca Hari Ini Jumat 22 April 2022, Jakarta Pagi Cerah, Siang Potensi Hujan Angin

Cuaca berawan menaungi sejumlah daerah penyangga Jakarta, Jumat (22/4/2022) pagi, yakni Depok, Tangerang serta Bekasi.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca cerah berawan menyelimuti DKI Jakarta pagi hari ini, Jumat (22/4/2022).

Siang nanti, curah hujan intensitas ringan turun di Jakarta Barat dan selatan dibarengi petir dan dilaporkan berpotensi angin kencang hingga sore nanti.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di Jakbar, Jaksel, dan Jaktim pada siang dan sore hari," kata BMKG pada perigatan dini cuaca hari ini, Jumat. 

 Sementara, cuaca berawan menaungi sejumlah daerah penyangga Jakarta pagi ini, yakni Depok, Tangerang serta Bekasi. Siang hari ketiga kota berikut wilayah Bogor diguyur hujan disertai petir. 

Kondisi tersebut diperkirakan BMKG berlangsung hingga malam hari.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir antara siang hingga malam hari di Kab dan Kota Bogor, Kota Depok, Kab dan Kota Bekasi," jelas BMKG. 

Berikut informasi prakiraan cuaca di Jabodetabek selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota  Pagi  Siang  Malam 
 Jakarta Barat  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Jakarta Pusat  Cerah Berawan  Berawan  Berawan
 Jakarta Selatan Cerah Berawan  Hujan Sedang  Berawan
 Jakarta Timur  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Jakarta Utara Cerah Berawan  Berawan  Berawan
 Kepulauan Seribu Cerah Berawan  Berawan  Berawan
 Bekasi  Berawan  Hujan Petir  Hujan Ringan
 Depok  Berawan  Hujan Petir  Hujan Ringan
Bogor Cerah Berawan Hujan Petir Hujan Ringan
 Tangerang  Berawan  Hujan Ringan  Berawan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mudik Lebaran 2022, BMKG Siapkan Layanan Informasi Prakiraan Cuaca di Jalan Tol

Selain itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mempersiapkan layanan informasi prakiraan cuaca, terutama di jalur tol untuk menghadapi masa mudik Lebaran 2022.

"Layanan yang kami sampaikan di sini adalah informasi cuaca pada jalur transportasi darat, terutama jalan tol, ini akan disiapkan dengan fitur khusus, melalui aplikasi mobile phone infoBMKG. Namun yang kami sampaikan ini adalah prakiraan cuaca," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam rapat kerja dan rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi V DPR RI yang diikuti secara daring, mengutip Antara, Jumat, 8 April 2022.  

Dwikorita mengatakan, peringatan dini juga diberikan dari 3 jam hingga 30 menit sebelum kejadian dan disampaikan pula melalui fitur khusus peringatan dini infoBMKG.

"Namun kami juga memohon barangkali dimungkinkan peringatan dini ini bisa ditayangkan pada layar yang ada di jalan tol, untuk informasi jalan tol," kata dia.

Dwikorita berharap, dengan informasi yang disebarluaskan tidak hanya melalui aplikasi ponsel, sehingga BMKG berupaya untuk dapat berkoordinasi dengan pengelola jalan tol, agar peringatan dini juga masuk di dalam info jalan tol.

"BMKG juga akan menyampaikan prakiraan cuaca untuk tempat ibadah serta prakiraan cuaca menjelang hingga Idul Fitri," ucap dia.

3 dari 3 halaman

Ada Fenomena Hujan di Cikarang, Ini Penjelasan BMKG

Sementara itu, sempat terjadi hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur sejumlah kawasan di sekitar Jabodetabek, pada Selasa, 5 April 2022. Peristiwa itu sempat ramai menjadi perbincangan di media sosial.

Tidak terkecuali postingan video yang diunggah akun instagram @infobekasi yang merekam video singkat suasana hujan deras disertai angin kencang di kawasan MM 2100, Cikarang, Kabupaten Bekasi sekitar pukul 14.31 Wib.

Dimana dalam video tersebut terlihat hujan deras yang disebut oleh perekam layaknya "ombak". Karena air hujan yang terbawa oleh kencangnya angin, kencengan angin juga terlihat dari embusan yang mengenai pohon.

"Ini mah pakai payung percuma. Kaya ombak di lautan. Anginnya kenceng banget pohonnya liatin noh," jelas perekam video tersebut.

Merespons video tersebut, pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menilai jika hujan tersebut terjadi dampak dari hembusan angin yang sangat kencang terjangan.

"Itu kelihatannya karena efek hujan lebatnya di sertai angin yang cukup kencang," kata Miming Saepudin, Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG saat dihubungi merdeka.com, Selasa, 5 April. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.