Sukses

Buru Tiket Murah, Ratusan Orang di Bekasi Mudik Lebih Awal

Meski kenaikan harga tiket dimulai Jumat 22 April 2022, beberapa agen bus diketahui sudah mulai menjual lebih tinggi dari harga normal.

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan pemudik mulai memadati Terminal Bayangan, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, sejak Kamis (21/4/2022) pagi WIB. Warga memilih mudik lebih awal untuk mendapatkan harga tiket yang lebih murah.

Meski kenaikan harga tiket dimulai Jumat 22 April 2022, beberapa agen bus diketahui sudah mulai menjual lebih tinggi dari harga normal. Kenaikan harga cukup bervariasi, mulai dari Rp60 ribu-100 ribu. Kenaikan harga signifikan baru akan terjadi akhir pekan ini.

Mayoritas pemudik disebutkan menuju Jawa Timur dan Jawa Tengah. Untuk harga tiket menuju Kudus, penumpang dikenakan Rp 310 ribu, dari harga normal Rp 210 ribu. Sedangkan tujuan Sampang, dipatok seharga Rp450 ribu per tiket.

"Tadi harganya udah Rp 310 ribu. Biasanya itu Rp 210 ribu, naiknya lumayan, Rp 100 ribu," kata Danel Saputra, salah satu penumpang bus.

Sebanyak tujuh armada bus sudah diberangkatkan dari terminal sejak pagi, dengan berbagai tujuan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kebanyakan pemudik mengaku tidak pernah pulang kampung semenjak pandemi Covid-19.

"Iya baru ini lagi mau pulang kampung. Kemarin udah dua (kali) Lebaran gak pulang, ada larangan (dari) pemerintah juga kan," ujar Lilis, penumpang bus lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Syarat Mudik

Lilis berharap pemerintah tidak lagi mengeluarkan aturan yang mempersulit masyarakat yang ingin mudik. Pasalnya, banyak keluarga yang hanya bisa berkumpul di momen Lebaran, dan pemerintah harusnya bisa memfasilitasi hal tersebut.

"Semoga ke depannya gak ada pembatasan-pembatasan lagi, karena kita kan bisa mudik pas Lebaran aja," imbuh Lilis.

Banyak pemudik yang juga mengaku sudah menjalani vaksinasi dosis lengkap sebagaimana anjuran pemerintah sebagai syarat mudik. Bagi pemudik yang belum menerima vaksin booster, wajib menunjukkan surat hasil swab atau antigen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.