Sukses

6 Ucapan dan Harapan Para Tokoh Peringati Hari Kartini 2022

Hari Kartini diperingati setiap tanggal 21 setiap tahunnya di Indonesia. Dan peringatan itu jatuh tepat pada hari ini, Kamis (21/4/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Hari Kartini diperingati setiap tanggal 21 setiap tahunnya di Indonesia. Dan peringatan itu jatuh tepat pada hari ini, Kamis (21/4/2022).

Sejumlah tokoh di Indonesia pun tak mau ketinggalan mengucapkan Selamat Hari Kartini. Salah satunya adalah Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. Ia menaruh perhatian yang besar pada perempuan di Indonesia.

Sri Mulyani mengatakan, banyak negara memiliki perhatian terhadap kesetaraan gender. Hal ini terlihat dari sudah banyak perempuan yang membuktikan dirinya layak dan pantas untuk mengemban tugas dan wewenang yang biasanya dilakukan laki-laki.

Misalnya, pada forum Menteri Keuangan dan Bank Sentra Dunia di Washington DC yang dipimpin oleh para perempuan dari berbagai negara. Antara lain Managing Director IMF Rustalina sebagai pemimpin rapat dan Menteri Keuangan Spanyol Nadia. Presentasi rapat pagi ini juga dilakukan FSB Ral Bernard dan perwakilan IMF lainnya yang juga perempuan.

"Jadi 4 perempuan hari ini bicara ekonomi dunia dan bagaimana dunia mengelola keuangan di tengah geopolitik yang membuat harga energi dan pangan melonjak tinggi sehingga bisa mengancam pemulihan ekonomi," kata Sri Mulyani di Washington DC dalam acara Bincang Kartini Masa Kini, Kamis (21/4/2022).

Kemudian, Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak para perempuan muda memperingati Hari Kartini dengan cara bersama-sama memajukan Indonesia. Dia menyampaikan rasa syukur dan mengajak mengingat kembali jasa-jasa RA Kartini

"Selamat memperingati Hari Kartini untuk seluruh perempuan hebat Indonesia. Dalam peringatan Hari Kartini tahun ini, saya mengajak masyarakat Indonesia mengingat kembali jasa RA Kartini dalam mengangkat harkat, martabat, dan derajat perempuan Indonesia," ujar Puan dalam keterangannya.

Politikus PDIP itu pun menyoroti banyaknya peran perempuan di era pandemi Covid-19. Puan menilai, keberhasilan penanganannya tidak lepas kerja keras kaum perempuan.

"Mulai dari dokter, perawat, ilmuan, apoteker, dan staf medis lainnya. Bahkan dalam program vaksinasi Covid-19, kita dapat lihat banyak sekali vaksinator yang datang dari kalangan perempuan," papar Puan.

Berikut sederet ucapan dan harapan dari sejumlah tokoh memperingatan Hari Kartini dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Gubenur DKI Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan peringatan Selamat Hari Kartini tepat pada hari ini, Kamis (21/4/2022).

Ucapan Hari Kartini tersebut disampaikan Anies melalui akun Instagram milknya @aniesbaswedan. Ia pun mengenang perjuangan Raden Ajeng Kartini atau RA Kartini.

Menurut Anies, perjuangan Kartini adalah perjuangan gagasan melalui kata-kata, gagasan yang ia narasikan, kata-kata yang ia tuliskan.

Anies menyebut, kata-kata bagi Kartini tidak sekedar menjadi senjata, tapi juga penyala.

"Mengenang Kartini bukan sekadar tradisi merayakan kebangkitan dan keseteraan perempuan yang ia perjuangkan. Mengenang Kartini adalah juga tentang menghikmati cara perjuangannya.

Kartini tidak mengangkat senjata, tidak memimpin gerakan, tidak pula mendirikan partai dan organisasi kebangsaan. Perjuangan Kartini adalah perjuangan gagasan melalui kata-kata. Gagasan yang ia narasikan, kata-kata yang ia tuliskan.

Kata-kata bagi Kartini tidak sekadar menjadi senjata, tapi juga penyala.

Kartini baru sempat mendirikan satu sekolah wanita selama setahun, sebelum ia meninggalkan dunia dalam usia terlalu muda. Namun kata-katanya menjelajah jauh melampaui rentang hidup singkatnya. Kata-kata yang tertulis dalam surat-suratnya telah menyalakan gagasan, pemahaman, dan inspirasi dalam benak bangsanya.

Perkumpulan Budi Kemuliaan adalah salah satu contohnya. Didirikan oleh beberapa perempuan berkedudukan tinggi di masyarakat yang terilhami oleh buku kumpulan surat-surat Kartini. Dari perkumpulan ini lahirlah Rumah Sakit Budi Kemuliaan dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Budi Kemuliaan yang sepanjang sejarahnya telah tebar luaskan begitu banyak kebermanfaatan.

Kartini adalah satu dari sedikit pahlawan nasional yang dihormati karena pemikiran dan gagasannya. Kartini tak hanya mewakili perjuangan perempuan, tapi ia pun mewakili perjuangan melalui gagasan. Dari Kartini, kita melihat secara nyata rangkaian gagasan mewujud menjadi narasi, lalu mewujud menjadi karya.

Selamat Hari Kartini. Selamat merayakan kebangkitan dan kesetaraan kaum perempuan. Selamat merayakan kekuatan kata-kata dalam membawa perubahan.

#ABW," tulis Anies menyertai unggahan fotonya.

 

3 dari 7 halaman

2. Gubernur Jawa Tengah

Tak mau ketinggalan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga turut menyemarakkan mengucapkan Selamat Hari Kartini.

Ucapan tersebut disampaikan Ganjar melalui akun Instagram miliknya @ganjar_pranowo, Kamis (21/4/2022). Dia mengunggah foto yang bertuliskan Selamat Hari Kartini 2022.

"Sampai kapanpun perjuangan Kartini tetap relevan dan akan selalu dilakukan. Perempuan bisa belajar dan menempati posisi apa saja seperti Halnya lelaki. Selamat Hari Kartini," tulis Ganjar.

 

4 dari 7 halaman

3. Menteri Keuangan

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, banyak negara memiliki perhatian terhadap kesetaraan gender. Hal ini terlihat dari sudah banyak perempuan yang membuktikan dirinya layak dan pantas untuk mengemban tugas dan wewenang yang biasanya dilakukan laki-laki.

Misalnya, pada forum Menteri Keuangan dan Bank Sentra Dunia di Washington DC yang dipimpin oleh para perempuan dari berbagai negara. Antara lain Managing Director IMF Rustalina sebagai pemimpin rapat dan Menteri Keuangan Spanyol Nadia. Presentasi rapat pagi ini juga dilakukan FSB Ral Bernard dan perwakilan IMF lainnya yang juga perempuan.

"Jadi 4 perempuan hari ini bicara ekonomi dunia dan bagaimana dunia mengelola keuangan di tengah geopolitik yang membuat harga energi dan pangan melonjak tinggi sehingga bisa mengancam pemulihan ekonomi," kata Sri Mulyani di Washington DC dalam acara Bincang Kartini Masa Kini, Kamis (21/4/2022).

Sri Mulyani mengatakan secara historis, dunia keuangan biasanya didominasi oleh laki-laki. Jarang perempuan yang memiliki jabatan penting dalam hal keuangan. Namun, saat ini stigma buruk yang melekat pada perempuan perlahan mulai terbantahkan. Banyak perempuan yang menjadi menteri keuangan dan gubernur bank sentral di berbagai negara dunia.

"Banyak sekali sekarang pejabat keuangan yang perempuan. Ada menteri keuangan pertama di Amerika Serikat, Gubernur Bank Sentral di Eropa, Menteri Keuangan di Spanyol, Kanada, India dan Menteri Keuangan Indonesia juga perempuan," kata Sri Mulyani.

Artinya kata dia, saat ini sudah banyak perempuan yang terbukti mampu menduduki jabatan yang biasanya hanya dikerjakan oleh laki-laki. Melakukan tugas-tugas penting yang selama ini dipersepsikan sebagai pekerjaan yang selalu dipegang laki-laki.

Menurutnya, persepsi yang terbangun dan diamini sejak dulu, sebuah pekerjaan atau aktivitas dianggap bukan untuk perempuan. Walaupun dikerjakan perempuan muncul anggapan perempuan tidak mampu. Kalau ternyata mampu dikerjakan dengan baik, maka dianggap perempuan tidak pantas melakukan pekerjaan itu.

"Ini salah satu kendala yang luar biasa waktu kita bicara pemberdayaan perempuan. Banyak hal dalam kehidupan sosial, ekonomi dan politik muncul atau dipatrikan pemikiran ini bukan pekerjaan perempuan atau perempuan tidak pantas, tidak boleh, tidak mampu mengerjakan hal tersebut," tuturnya.

Fenomena ini pun tidak hanya terjadi di Tanah Air, tapi merata di seluruh dunia. Akibatnya perempuan harus bekerja lebih keras untuk memperjuangkan yang menjadi cita-cita dari persepsi, norma, budaya dan bahkan interpretasi agama.

"Ini memberikan batasan mengenai yang dianggap bisa-tidak bisa, boleh-tidak boleh bagi perempuan," katanya.

Padahal kalau ada perempuan yang melakukan itu dan dilakukan dengan baik, seluruh persepsi tersebut akan terbantahkan. Untuk itu dia meminta para perempuan memiliki cita-cita yang tinggi dan mendobrak stigma yang terlanjur melekat. Ambisi yang tinggi juga harus diiringi dengan mengisi kompetensi, ilmu pengetahuan dan keahlian. Terpenting karakter dan sikap

"Jadi jangan gentar, jangan takut. Kendala ini bukan sesuatu yang tidak bisa didobrak," kata dia mengakhiri.

 

5 dari 7 halaman

4. Ketua DPR RI

Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak para perempuan muda memperingati Hari Kartini dengan cara bersama-sama memajukan Indonesia. Puan menyampaikan rasa syukur dan mengajak mengingat kembali jasa-jasa RA Kartini

"Selamat memperingati Hari Kartini untuk seluruh perempuan hebat Indonesia. Dalam peringatan Hari Kartini tahun ini, saya mengajak masyarakat Indonesia mengingat kembali jasa RA Kartini dalam mengangkat harkat, martabat, dan derajat perempuan Indonesia," ujar Puan Maharani dalam keterangannya, Kamis (21/4/2022).

Puan mengatakan, perjuangan Kartini di masa lampau sudah melahirkan perempuan Indonesia yang hebat. "Kita dapat melihat, banyak lahir Kartini-Kartini era kini yang memiliki banyak prestasi. Banyak perempuan Indonesia yang telah berhasil mengharumkan nama bangsa," ucap dia.

"Maka saya mengajak seluruh perempuan Indonesia untuk bersatu memajukan bangsa dan negara lewat karyanya masing-masing," lanjut Puan.

Selain itu, Puan menyoroti banyaknya peran perempuan di era pandemi Covid-19. Keberhasilan penanganannya tidak lepas kerja keras kaum perempuan.

"Mulai dari dokter, perawat, ilmuan, apoteker, dan staf medis lainnya. Bahkan dalam program vaksinasi Covid-19, kita dapat lihat banyak sekali vaksinator yang datang dari kalangan perempuan," jelasnya.

"Dedikasi para perempuan itu juga terlihat di profesi-profesi lainnya. Seperti para jurnalis, prajurit TNI, polwan, hingga para ibu yang memastikan kesehatan keluarganya," tambah dia.

Pada peringatan Kartini tahun 2022, Puan secara khusus menyoroti para Kartini muda Indonesia. Ia mengatakan, saat ini Indonesia memiliki banyak perempuan-perempuan muda berprestasi.

"Partisipasi perempuan muda Indonesia sangat penting dalam memajukan banyak bidang, baik sebagai penggerak roda ekonomi, kesehatan, sosial, politik, seni budaya, pendidikan, dan bidang-bidang lainnya," ucap Puan.

Kartini era sekarang menjadi sosok inspiratif. Kata Puan, Kartini era milenial mampu membuktikan menjadi agen perubahan.

"Saya mengambil contoh seperti sosok Melati Wijsen, pemimpin gerakan Youthtopia. Salah satu perempuan muda yang punya karya nyata dalam upaya mengatasi perubahan iklim," kata mantan Menko PMK itu.

Lebih lanjut, Puan menyoroti banyak potensi perempuan Indonesia dalam bidang seni budaya, olahraga, dan sebagainya. Berdasarkan data Kementerian Keuangan, peranan perempuan dalam perekonomian Indonesia semakin signifikan.

"Kita ketahui ada banyak pebisnis hebat perempuan Indonesia yang mampu menggerakkan perekonomian nasional hingga dunia. Dan tak sedikit entrepreneur perempuan sukses tersebut merupakan kalangan muda," kata Puan.

Puan juga turut menyoroti penampilan penyanyi Niki Zefanya, perempuan pertama asal Indonesia yang tampil di festival musik tahunan Coachella di Amerika Serikat.

"Niki Zefanya menjadi bukti banyak perempuan Indonesia punya talenta luar biasa dan bisa berhasil manakala gigih berjuang. Maka untuk semua perempuan muda, jangan takut untuk bermimpi setinggi-tingginya dan berjuang untuk meraih mimpi tersebut," sebutnya.

"Seperti pasangan pebulu tangkis ganda putri, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu yang sukses mendapatkan medali emas pada gelaran Olimpiade tahun lalu," kata Puan.

Puan pun kembali mengingatkan agar perempuan-perempuan Indonesia memperoleh pendidikan tinggi. Sebab apapun pilihan hidup yang diambil perempuan, pendidikan menjadi modal untuk mencapai keberhasilan.

"Semua pilihan perempuan harus dihargai. Baik itu yang berkarier, ibu yang bekerja, bahkan ibu rumah tangga, semua adalah perempuan-perempuan hebat. Dan sosok Kartini masa kini adalah sosok perempuan multitasking dengan berbagai dinamika kehidupan yang dihadapinya," kata Puan.

"Oleh karena itu, perempuan hebat harus punya bekal pendidikan tinggi. Sebab dengan modal pendidikan tinggi, perempuan Indonesia dapat mendidik putra-putri penerus bangsa dengan baik," urainya.

 

6 dari 7 halaman

5. Iriana Jokowi

Ibu Negara Iriana Joko Widodo menilai, peran Kartini saat ini bisa direfleksikan dengan ikut berjuang melawan Covid-19. Dia pun meyakini, berkat kontribusi mereka maka Indonesia bisa semakin mengendalikan situasi pandemi.

"Berkat kerja keras kita semua termasuk di dalamnya perempuan-perempuan hebat, Alhamdulillah kondisi pandemi di negara kita dapat dikendalikan dengan baik," kata Iriana saat berpidato pada Peringatan Hari Kartini di Istana Negara Jakarta, Kamis (21/4/2022).

Selain itu, Iriana juga menyinggung soal kesetaraan gender di Indonesia yang tidak terlepas dari perjuangan dan semangat Raden Ajeng Kartini pada 144 tahun yang lalu.

"Kepada seluruh perempuan Indonesia di manapun berada. Berkat perjuangan dan semangat Kartini, perempuan-perempuan Indonesia bisa sejajar dengan laki-laki dalam segala bidang kehidupan," jelas Iriana

Iriana menambahkan, berkat Kartini kini segenap perempuan Indonesia bisa berkontribusi bagi pembangunan bangsa dan negara.

"Berkat Kartini banyak perempuan Indonesia masa kini yang telah menorehkan prestasi dalam profesinya masing-masing dari skala nasional hingga internasional," Iriana memungkasi.

 

7 dari 7 halaman

6. Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan rasa hormatnya kepada perempuan pada peringatan Hari Kartini. Menurut dia, Indonesia pada tiap zamannya terus memiliki penerus semangat dan perjuangan Kartini dengan versinya masing-masing.

"Setiap zaman di sepanjang sejarahnya, Indonesia selalu melahirkan perempuan-perempuan yang tangguh, berpengaruh, dan menjadi inspirasi," kata Jokowi seperti dikutip dari laman Instagramnya, Kamis (21/4/2022).

Jokowi meyakini, kekinian setiap perempuan terus mengambil peranannya masing-masing untuk mendukung kemajuan bangsa. Tujuannya agar Indonesia bisa tetap kuat tegak berdiri.

"Mereka mengambil peran di semua palagan pengabdian yang membuat bangsa besar ini tetap tegak dan melangkah maju," ujar Jokowi.

Kartini adalah salah satu pahlawan nasional wanita yang paling berpengaruh di negara ini. Hari kelahirannya pada 21 April selalu diperingati sebagai titik balik perjuangan kelompok peremuan bangsa Indonesia melawan penjajah.

Penetapan 21 April sebagai Hari Kartini tertuang Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964 yang ditandatangani pada tanggal 2 Mei 1964.

Ditetapkannya RA Kartini sebagai Pahlawan Nasional mengingat jasa-jasanya dalam mewujudkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan. Dia bertekad ingin memajukan pola pikir dan kesetaraan dalam hal mengenyam pendidikan bagi kaum wanita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini