Sukses

Iriana Jokowi Sebut Kartini Masa Kini Berjuang Kendalikan Pandemi Covid-19

Ibu Negara Iriana Joko Widodo menilai, peran Kartini saat ini bisa direfleksikan dengan ikut berjuang melawan Covid-19. Dia pun meyakini, berkat kontribusi mereka maka Indonesia bisa semakin mengendalikan situasi pandemi.

Liputan6.com, Jakarta Ibu Negara Iriana Joko Widodo menilai, peran Kartini saat ini bisa direfleksikan dengan ikut berjuang melawan Covid-19. Dia pun meyakini, berkat kontribusi mereka maka Indonesia bisa semakin mengendalikan situasi pandemi.

"Berkat kerja keras kita semua termasuk di dalamnya perempuan-perempuan hebat, Alhamdulillah kondisi pandemi di negara kita dapat dikendalikan dengan baik," kata Iriana saat berpidato pada Peringatan Hari Kartini di Istana Negara Jakarta, Kamis (21/4/2022).

Selain itu, Iriana juga menyinggung soal kesetaraan gender di Indonesia yang tidak terlepas dari perjuangan dan semangat Raden Ajeng Kartini pada 144 tahun yang lalu.

"Kepada seluruh perempuan Indonesia di manapun berada. Berkat perjuangan dan semangat Kartini, perempuan-perempuan Indonesia bisa sejajar dengan laki-laki dalam segala bidang kehidupan," jelas Iriana

Iriana menambahkan, berkat Kartini kini segenap perempuan Indonesia bisa berkontribusi bagi pembangunan bangsa dan negara.

"Berkat Kartini banyak perempuan Indonesia masa kini yang telah menorehkan prestasi dalam profesinya masing-masing dari skala nasional hingga internasional," Iriana memungkasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ajak Perempuan Majukan Bangsa Lewat Karya

Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak para perempuan muda memperingati Hari Kartini dengan cara bersama-sama memajukan Indonesia. Puan menyampaikan rasa syukur dan mengajak mengingat kembali jasa-jasa RA Kartini

"Selamat memperingati Hari Kartini untuk seluruh perempuan hebat Indonesia. Dalam peringatan Hari Kartini tahun ini, saya mengajak masyarakat Indonesia mengingat kembali jasa RA Kartini dalam mengangkat harkat, martabat, dan derajat perempuan Indonesia," ujar Puan Maharani dalam keterangannya, Kamis (21/4/2022).

Puan mengatakan, perjuangan Kartini di masa lampau sudah melahirkan perempuan Indonesia yang hebat. "Kita dapat melihat, banyak lahir Kartini-Kartini era kini yang memiliki banyak prestasi. Banyak perempuan Indonesia yang telah berhasil mengharumkan nama bangsa," ucap dia.

"Maka saya mengajak seluruh perempuan Indonesia untuk bersatu memajukan bangsa dan negara lewat karyanya masing-masing," lanjut Puan.

Selain itu, Puan menyoroti banyaknya peran perempuan di era pandemi Covid-19. Keberhasilan penanganannya tidak lepas kerja keras kaum perempuan.

"Mulai dari dokter, perawat, ilmuan, apoteker, dan staf medis lainnya. Bahkan dalam program vaksinasi Covid-19, kita dapat lihat banyak sekali vaksinator yang datang dari kalangan perempuan," jelasnya.

"Dedikasi para perempuan itu juga terlihat di profesi-profesi lainnya. Seperti para jurnalis, prajurit TNI, polwan, hingga para ibu yang memastikan kesehatan keluarganya," tambah dia.

Pada peringatan Kartini tahun 2022, Puan secara khusus menyoroti para Kartini muda Indonesia. Ia mengatakan, saat ini Indonesia memiliki banyak perempuan-perempuan muda berprestasi.

"Partisipasi perempuan muda Indonesia sangat penting dalam memajukan banyak bidang, baik sebagai penggerak roda ekonomi, kesehatan, sosial, politik, seni budaya, pendidikan, dan bidang-bidang lainnya," ucap Puan

3 dari 4 halaman

Para Kartini Era Milenial

Kartini era sekarang menjadi sosok inspiratif. Kata Puan, Kartini era milenial mampu membuktikan menjadi agen perubahan.

"Saya mengambil contoh seperti sosok Melati Wijsen, pemimpin gerakan Youthtopia. Salah satu perempuan muda yang punya karya nyata dalam upaya mengatasi perubahan iklim," kata mantan Menko PMK itu.

Lebih lanjut, Puan menyoroti banyak potensi perempuan Indonesia dalam bidang seni budaya, olahraga, dan sebagainya. Berdasarkan data Kementerian Keuangan, peranan perempuan dalam perekonomian Indonesia semakin signifikan.

"Kita ketahui ada banyak pebisnis hebat perempuan Indonesia yang mampu menggerakkan perekonomian nasional hingga dunia. Dan tak sedikit entrepreneur perempuan sukses tersebut merupakan kalangan muda," kata Puan.

Puan juga turut menyoroti penampilan penyanyi Niki Zefanya, perempuan pertama asal Indonesia yang tampil di festival musik tahunan Coachella di Amerika Serikat.

"Niki Zefanya menjadi bukti banyak perempuan Indonesia punya talenta luar biasa dan bisa berhasil manakala gigih berjuang. Maka untuk semua perempuan muda, jangan takut untuk bermimpi setinggi-tingginya dan berjuang untuk meraih mimpi tersebut," sebutnya.

"Seperti pasangan pebulu tangkis ganda putri, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu yang sukses mendapatkan medali emas pada gelaran Olimpiade tahun lalu," kata Puan.

4 dari 4 halaman

Pendidikan Tinggi

Puan pun kembali mengingatkan agar perempuan-perempuan Indonesia memperoleh pendidikan tinggi. Sebab apapun pilihan hidup yang diambil perempuan, pendidikan menjadi modal untuk mencapai keberhasilan.

"Semua pilihan perempuan harus dihargai. Baik itu yang berkarier, ibu yang bekerja, bahkan ibu rumah tangga, semua adalah perempuan-perempuan hebat. Dan sosok Kartini masa kini adalah sosok perempuan multitasking dengan berbagai dinamika kehidupan yang dihadapinya," kata Puan.

"Oleh karena itu, perempuan hebat harus punya bekal pendidikan tinggi. Sebab dengan modal pendidikan tinggi, perempuan Indonesia dapat mendidik putra-putri penerus bangsa dengan baik," urainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.