Sukses

Jelang Lebaran 2022, Jokowi Minta Menhub Tambah Rute Penerbangan ke Sumenep

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi untuk menambah rute penerbangan Surabaya-Sumenep dan Jakarta-Sumenep

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi untuk menambah rute penerbangan Surabaya-Sumenep dan Jakarta-Sumenep. Hal ini menyusul mudik Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 2022.

"Saya minta ini karena sudah hampir ini menjelang Hari Raya Idul Fitri ini, saya minta Pak Menteri Perhubungan agar diusahakan ada penerbangan yang dari Surabaya ke Sumenep maupun dari Jakarta ke Sumenep," jelas Jokowi saat meresmikan Bandar Udara Trunojoyo di Sumenep Jawa Timur, Rabu (20/2/2022).

"Kita coba apakah penuh atau tidak penuh penumpangnya, menurut saya penuh insyaallah penuh," sambungnya.

Dia menekankan pentingnya keberadaan Bandara Trunojoyo untuk meningkatkan konektivitas. Kemudian, memudahkan keterhubungan dengan pulau-pulau kecil disekitar Pulau Madura.

"Dan membuka isolasi pulau-pulau terpencil di sekitar Pulau Madura," ucapnya.

Jokowi menuturkan bandara ini juga akan memangkas waktu tempuh dari pulau-pulau di sekitar pulau Madura. Dengan adanya bandara ini, maka masyarakat hanya butuh waktu satu jam untuk ke pulau-pulau di sekitar Pulau Madura.

"Jika menggunakan kapal memerlukan waktu berhari-hari dan sekarang dengan menggunakan pesawat hanya perlu satu jam saja," ujar Jokowi.

Dia meyakini kehadiran bandara ini akan membuat mobilitas masyarakat semakin mudah dan lancar. Selain itu, memunculkan titik-titik perekonomian, usaha baru, serta lapangan pekerjaan untuk masyarakat.

"Disamping itu, usaha-usaha yang sekarang sudah ada akan semakin berkembang dan akan semakin maju," kata dia.

Jokowi mengingatkan agar Bandar Udara Trunojoyo dimanfaatkan dan dijaga sebaik mungkin. Sehingga, bisa meningkatkan daya saing dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Saya minta agar bandara ini dimanfaatkan dan dijaga sebaik-baiknya dimanfaatkan untuk meningkatkan daya saing daerah, menggerakkan perekonomian masyarakat agar membuat masyarakat lebih sejahtera," tutur Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Resmikan Bandara Trunojoyo

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Bandar Udara Trunojoyo di Sumenep, Jawa Timur, Rabu (20/2/2022). Jokowi mengatakan Bandar Udara Trunojoyo kini siap melayani kebutuhan transportasi masyarakat di Pulau Madura dan sekitarnya.

"Bandar Udara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep Madura telah selesai dibangun dan siap untuk dimanfaatkan untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat di Pulau Madura dan pulau-pulau lainnya disekitar Madura," kata Jokowi saat peresmian sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu.

Dia mengatakan keberadaan Bandara Trunojoyo ini sangat penting untuk meningkatkan konektivitas. Selain itu, membuka isolasi pulau-pulau terpencil yang ada di sekitar Madura.

 

 

3 dari 3 halaman

Berikan Bansos

Selain peresmian, dia juga dijadwalkan memberikan sejumlah bantuan sosial kepada para penerima manfaat di sejumlah pasar di Kabupaten Sumenep.

Setelahnya, Jokowi dan rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Sidoarjo, dengan menggunakan Pesawat BAe-RJ85 melalui Bandar Udara Trunojoyo, Kabupaten Sumenep.

Setibanya di Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Jokowi langsung menuju Kota Surabaya, tepatnya PT PAL Indonesia (Persero), untuk menghadiri acara Peluncuran Holding dan Program Strategis Badan Usaha Milik Negara Industri Pertahanan Defend ID.

Selain itu, dia juga direncanakan memberikan sejumlah bantuan sosial kepada para penerima manfaat di beberapa lokasi di Kota Surabaya.

Mengakhiri rangkaian kunjungan kerja di Jawa Timur, Jokowi akan berkunjung ke Kabupaten Gresik, untuk memberikan sejumlah bantuan sosial di beberapa lokasi di kota tersebut.

Jokowi dan rombongan akan kembali Jakarta melalui Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Dalam kunjungan ini, Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.