Sukses

Tekan Kemiskinan di Jateng, Ganjar Gencarkan Bantuan RTLH

Ganjar mengatakan, selain sebagai upaya mengentaskan kemiskinan, bantuan RTLH juga dilakukan agar dapat membangun semangat gotong royong antar masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo terus berupaya menurunkan angka kemiskinan di wilayahnya. Salah satunya dengan memberikan bantuan rumah tidak layak huni (RTLH).

Kali ini, Ganjar bersama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jateng memberikan bantuan RTLH kepada warga salah satunya bernama Tarno. Tarno adalah seorang petani yang hidup sendiri di rumahnya di Desa Rowolaku, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jateng.

Adapun bantuan yang diberikan Ganjar berupa uang tunai senilai Rp20.000.000 dan beberapa paket sembako untuk memenuhi kebutuhan selama ramadan.

"Kita coba cari terus rumah-rumah tidak layak huni mudah-mudahan ini bisa membantu. Pak Tarno kan hidupnya sendiri, pisah sama istrinya, alhamdulillah anaknya katanya masih menengok," ujar Ganjar di lokasi, Selasa (19/4/2022).

Ganjar mengatakan, selain sebagai upaya mengentaskan kemiskinan, bantuan RTLH juga dilakukan agar dapat membangun semangat gotong royong antar masyarakat.

Tak hanya itu, Ganjar juga siap menampung pihak-pihak yang ingin memberikan sumbangan dan sedekah, apalagi saat bulan ramadan seperti sekarang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tekan Angka Kemiskinan

Ganjar berharap, semakin banyak yang ikut menyumbang, maka semakin banyak pula rumah yang bisa direnovasi. Dengan begitu, angka kemiskinan di Jateng bisa turun.

"Jadi di bulan ramadhan ini kan banyak orang ingin memberikan sumbangan, sodaqoh. Yuk kita arahkan. Banyak orang memberikan bantuan sembako, tapi kita dorong, kita bisa kumpulkan lebih banyak lagi untuk membangun rumah-rumah ini," tutur Ganjar.

"Kalau itu muncul, maka spirit gotong royong untuk bisa menuntaskan angka kemiskinan melalui kreativitas atau perbaikan rumah yang tidak layak huni ini menjadi lebih cepat lagi. Tidak hanya bersumber dari APBD," tambahnya.

Sebagai informasi, program bantuan RTLH memang mendapat perhatian khusus dari Ganjar. Tahun 2022 ini, dari APBD Provinsi Jateng dialokasikan renovasi sebanyak 11.417 rumah warga kurang mampu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.