Sukses

9 Posko Pengamanan Mudik Lebaran 2022 Disiagakan di Kota Tangerang

Jelang mudik Lebaran 2022, Polres Metro Tangerang bersama pemkot setempat, mendirikan 9 posko pengamanan. Sebab, Kota Tangerang menjadi wilayah perlintasan para pemudik.

Liputan6.com, Jakarta Jelang mudik Lebaran 2022, Polres Metro Tangerang bersama pemkot setempat, mendirikan 9 posko pengamanan. Sebab, Kota Tangerang menjadi wilayah perlintasan para pemudik. 

9 pos pengamanan mudik lebaran ini akan dibagi menjadi pos pelayanan dan pos pantau.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Komarudin menjelaskan, wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota merupakan daerah perlintasan para pemudik baik dari Sumatera menuju Pulau Jawa, ataupun sebaliknya.

"Kepolisian-TNI dan Pemerintah Daerah Kota Tangerang siap mem-back up dan melancarkan pelaksanaan mudik Lebaran 1443 Hijriah yang sebentar lagi akan dirayakan," kata Komarudin, Selasa (19/4/2022).

Dia menuturkan, 9 pos ini akan disebar di sejumlah tempat sejak H-7 lebaran.

"Di Kota Tangerang akan digelar sebanyak 4 pos pengamanan, 4 pos pelayanan dan 1 pos terpadu, dengan berbagai kualifikasi. Pos pengamanan ini akan digelar serentak pada H-7 di seluruh wilayah, di prediksi H-7, akan terjadi kepadatan pemudik," tutur Komarudin.

Dia juga menyampaikan, dalam pos-pos yang ada juga akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas rest area, agar pemudik yang keletihan dapat beristirahat sejenak.

"Selain personel TNI Polri, ada juga petugas kesehatan untuk vaksinasi, di pos pengamanan juga kami sediakan minuman -minuman gratis," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

20 Persen Masyarakat Diprediksi Mudik

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah memprediksi ada lebih dari 20 persen masyarakat kota Tangerang akan melakukan perjalanan mudik tahun ini.

"Kami perkirakan 20 persen mungkin lebih masyarakat kota Tangerang mudik, karena 2 tahun masyarakat tidak mudik," kata Arief.

Arief juga mengatakan, Forkopimda kota Tangerang akan terus berkoordinasi memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang mudik, kepada masyarakat yang mudik dihimbau untuk berkoordinasi dengan tetangga RT RW setempat.

"Pastikan rumah aman saat di tinggalkan dari sisi personil Pemkot Tangerang siap mensuport TNI-Polri baik dari Satpol PP, Dishub, BPBD dan dinas kesehatan," pungkasnya. 

Pada hari ini, Kapolres dan Wali Kota Tangerang memantau persiapan pos pengamanan di 3 Lokasi, yakni di Jalan Daan Mogot Batuceper, di Wilayah Jatiuwung Jalan Jenderal Gatot Subroto (Gajah Tunggal) dan Rest Area Tol Jakarta-Merak (Pinang).

3 dari 4 halaman

PMI Siagakan 350 Ambulans

Palang Merah Indonesia (PMI) menyiagakan 350 ambulans di sepanjang jalur mudik Lebaran 2022 untuk memperlancar budaya tahunan itu. Ambulans ini akan bersiaga selama 24 jam untuk memberikan pertolongan bagi masyarakat yang membutuhkan.

"PMI mengerahkan 350 unit mobil ambulan untuk mendukung aksi kemanusiaan dan kelancaran arus mudik lebaran tahun 2022. Mobil ambulan ini disiagakan selama 24 jam untuk memberikan pertolongan baik kepada korban kecelakaan saat arus mudik maupun bantuan lain untuk masyarakat yang membutuhkan," ujar Sekretaris Jenderal PMI, Sudirman Said, dalam siaran tertulisnya, Selasa (19/4/2022).

Selain itu, PMI membangun 500 pos pelayanan kesehatan di sepanjang jalur mudik. "Pemudik yang lelah berkendara bisa beristrahat, dan memeriksakan kondisi kesehatan sebelum melanjutkan perjalanan kembali," jelas Sudirman Said.

PMI pun menyiagakan layanan Pertolongan Pertama (PP), Ambulans, Klinik dan Rumah Sakit serta Unit Donor Darah terutama di daerah atau titik yang akan dilalui oleh pemudik (jalur arus mudik/balik), tempat-tempat yang rawan kecelakaan, fasilitas umum seperti terminal bis, stasiun kereta api, pelabuhan, tempat wisata dan tempat-tempat lainnya di titik utama.

Layanan ini akan berlangsung pada H-7 sampai dengan H+7 Lebaran.

4 dari 4 halaman

Pesan Satgas

Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Republik Indonesia, Letjen TNI Suharyanto, mengingatkan, agar para pemudik dapat menjalankan mudik Lebaran 2022 yang bertanggung jawab.

Mudik yang bertangggung jawab dimaknai sebagai perjalanan pulang ke kampung halaman dalam kondisi fit dan memenuhi persyaratan mudik, termasuk vaksinasi COVID-19.

"Dua tahun pandemi telah membuat kita belajar dan tahu cara mencegah penularan COVID-19, termasuk mudik yang bertanggung jawab, yakni dalam kondisi sehat dan telah menjalani vaksinasi," kata Suharyanto melalui pesan virtual Bulan Ramadhan dan Imbauan Mudik 2022 yang diterima Health Liputan6.com pada Selasa, 19 April 2022.

Pemerintah sudah mengizinkan momen Lebaran 2022, baik silaturahmi maupun mudik dapat dilakukan masyarakat. Walau begitu, masyarakat diimbau tetap mematuhi protokol kesehatan, terutama saat Hari Raya Idulfitri, yang mana bertemu banyak keluarga dan sanak saudara.

Selain itu, Suharyanto juga mengingatkan kelengkapan vaksinasi COVID-19, khususnya booster untuk syarat mudik Lebaran 2022. Pemberian vaksin booster ini ditujukan bagi masyarakat usia di atas 18 tahun.

"Sudah tiga kali puasa kita jalani bersama pandemi. Begitu banyak pengorbanan, termasuk menunda rencana mudik. Tahun ini, kita boleh kembali silaturahmi pada hari Idulfitri asal tetap memakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan," kata pria yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Sempurnakan perlindungan dengan vaksinasi lengkap juga booster. Saya percaya masyarakat semakin patuh dan disiplin menjalankan protokol Kesehatan," Suharyanto menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.