Sukses

8 Artis yang Dipanggil Polisi Terkait Kasus Robot Trading DNA Pro

Aparat kepolisian hingga saat ini masih terus melakukan penyelidikan terkait kasus kasus dugaan penipuan investasi robot trading DNA Pro.

Liputan6.com, Jakarta - Aparat kepolisian hingga saat ini masih terus melakukan penyelidikan terkait kasus dugaan penipuan investasi robot trading DNA Pro.

Bahkan, Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dit Tipideksus) Bareskrim Polri segera memeriksa sejumlah artis yang berhubungan dengan DNA Pro.

Artis yang telah memenuhi panggilan polisi adalah Ivan Gunawan. Ivan Gunawan tiba di Mabes Polri Jakarta pukul 14.35 WIB pada Kamis 14 April 2022. Dia mengembalikan seluruh uang yang didapatnya dari pihak DNA Pro.

Melalui akun Instagramnya, Ivan Gunawan juga memberitahu ihwal pengembalian uang yang diterimanya dari DNA Pro.

"Dan hari ini Pun Dengan Iklas & inisiatif Saya kembalikan Uang yg pernah saya Terima selama Saya Ada ikatan kerja Kemarin....," tulis Ivan Gunawan yang diketahui menerima duit dari DNA Pro sebagai bayaran atas kontrak selama tiga bulan menjadi brand ambassador DNA Pro, Kamis 14 April 2022.

Saat diperiksa di Bareskrim, Ivan Gunawan membeberkan alasan mengembalikan uang senilai Rp 927 juta ke polisi.

"Saya tidak mau menerima uang hasil dari tindak kejahatan. Saya tidak peduli kerugian yang saya dapat. Intinya masih banyak rejeki halal yang bisa saya dapatkan," kata Ivan.

Tak hanya Ivan Gunawan, penyanyi Marcello Tahitoe alias Ello juga sedianya dipanggil untuk diperiksa sebagai saksi, Senin 18 April 2022, namun batal.

Menurut Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Pol Gatot Repli Handoko, penyidik telah menjadwalkan kembali pemeriksaan terhadap Ello.

Berikut sederet artis yang dipanggil Bareskrim Polri terkait kasus dugaan penipuan investasi robot trading DNA Pro dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Ivan Gunawan

Ivan Gunawan ditemani kuasa hukumnya Sandy Arifin memenuhi panggilan penyidik Bareskrim Polri untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi terkait kasus investasi bodong DNA Pro Akademi, Kamis 14 April 2022.

Kurang lebih selama 3,5 jam pria yang akrab disapa Igun menjalani pemeriksaan penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri, di Jakarta, terkait kerjasamannya dengan DNA Pro.

Selama menjalani pemeriksaan, Igun, sapaan akrabnya, berusaha untuk kooperatif. Dalam pemeriksaannya ia pun mengakui dikontrak sebagai brand ambasador DNA Pro Akademi selama tiga bulan.

"Jadi hari ini, saya memenuhi panggilan Bareskrim Polri terkait permasalahan saya bersama dengan masalah DNA Pro," ujar Igun usai pemeriksaan.

Melalui akun Instagramnya, Ivan Gunawan juga memberitahu ihwal pengembalian uang yang diterimanya dari DNA Pro.

"Dan hari ini Pun Dengan Iklas & inisiatif Saya kembalikan Uang yg pernah saya Terima selama Saya Ada ikatan kerja Kemarin....," tulis Ivan Gunawan yang diketahui menerima duit dari DNA Pro sebagai bayaran atas kontrak selama tiga bulan menjadi brand ambassador DNA Pro.

Saat diperiksa di Bareskrim, Ivan Gunawan membeberkan alasan mengembalikan uang senilai Rp 927 juta ke polisi.

"Saya tidak mau menerima uang hasil dari tindak kejahatan. Saya tidak peduli kerugian yang saya dapat. Intinya masih banyak rejeki halal yang bisa saya dapatkan," kata Ivan Gunawan.

Ivan Gunawan memetik pelajaran berharga dari kasus ini. Ia berjanji ke depan lebih hati-hati dalam menjalin kerja sama dengan pihak mana pun.

"Satu pelajaran besar yang saya bisa ambil betapa pentingnya kita tahu dan tidak mudah percaya yang mau pakai kita sebagai endorse atau model iklan," ujar Ivan Gunawan.

Dalam pemeriksaan sebagai saksi ini, setidaknya Ivan Gunawan diberondong 20 pertanyaan terkait DNA Pro. Dia mengaku telah menjawab semuanya sesuai fakta.

"Saya sudah melakukan (pemeriksaan) dan menjawab kurang lebih 20 pertanyaan dengan sangat kooperatif," kata Ivan Gunawan.

3 dari 8 halaman

2. Penyanyi Ello

Penyanyi Marcello Tahitoe alias Ello ikut tersandung kasus dugaan investasi bodong lewat robot tranding DNA Pro. Dia sedianya dipanggil untuk diperiksa sebagai saksi, Senin 18 April 2022, namun batal.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Pol Gatot Repli Handoko menerangkan, penyidik telah menjadwalkan kembali pemeriksaan terhadap Ello.

"Jadwal vokalis E harusnya hari ini tapi dijadwal ulang. Kalau nggak salah minggu depan," ujar Gatot kepada wartawan, Senin 18 April 2022.

Ketidakhadiran Ello pada pemeriksaan hari ini sempat dikonfirmasi Manajer Ello, Petra. Dia mengatakan, Ello tengah ada acara di salah satu stasiun televisi yang tidak dapat dibatalkan.

"Kita acara di TV hari ini, aku belum tahu sih," kata Petra saat dikonfirmasi awak media.

Petra menjelaskan, sebagai pengisi acara, Ello telah terjadwal untuk hadir hari ini. Namun, dia memastikan Ello akan tetap kooperatif kepada penyidik.

"Iya belum pasti kalau aku enggak ngikutin sih, soalnya kan dalam hal ini kita pengisi acara, kita nyanyi, jadi bingung juga, artis artis kan pengisi acara ya kan," tutur Petra.

"Kalau itu kan kita sebagai warga negara Indonesia yang baik kita datang, sebisa mungkin datang ikuti prosesnya aja," tegas dia.

 

4 dari 8 halaman

3. Billy Syahputra

Selain Ello, artis Billy Syahputra dijadwalkan bakal diperiksa oleh Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dit Tipideksus) Bareskrim Polri. Pemeriksaan itu terkait kasus dugaan penipuan investasi robot trading DNA Pro.

Kabagpenum Div Humas Polri Kombes Gatot Repli Handoko mengatakan, pemeriksaan terhadap keduanya itu akan dilakukan pada pekan depan sebagai saksi.

"Penyidik menjadwalkan pemeriksaan terhadap saudara E (Ello). Kemudian saudara BS (Billy Syahputra)," kata Gatot kepada wartawan, Kamis 14 April 2022.

Pemeriksaan terhadap Billy dijadwalkan pada Selasa 19 April 2022.

 

5 dari 8 halaman

4. Rizky Billar dan Lesti Kejora

Menyusul kemudian, menurut Gatot, pasangan artis Rizky Billar dan Lesti Kejora yang konon menerima uang sekoper dan dipajang di medsos.

"Kemudian saudara BS, pada hari Selasa tanggal 19 April 2022. Kemudian saudara RB dan saudari LK pada hari Rabu tanggal 20 April 2022," ucap Gatot Repli.

 

6 dari 8 halaman

5. DJ Una

Putri Una Astari alias DJ Una juga bakal menjalani pemeriksaan penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dit Tipideksus) Bareskrim Polri terkait kasus DNA Pro. Menurut jadwal, DJ Una dipanggil penyidik pada Kamis 21 April 2022.

Sebelumnya, DJ Una melalui kuasa hukumnya, Yafet YW Rissy melaporkan pihak DNA Pro Academy. Pihak DNA Pro Academy dilaporkan atas dugaan tindakan penipuan perdagangan robot trading ilegal.

"Kita mendatangi Mabes Polri atas nama DJ Una untuk melaporkan PT DNA Pro Academy yang diduga melakukan tindakan perdagangan robot trading ilegal dan memberikan bujuk rayu," kata Yafet kepada wartawan, Rabu 13 April 2022.

Alhasil, DJ Una bersama keluarganya mengalami kerugian Rp700 juta dari hasil investasi yang sudah disetorkan sebesar Rp 1,3 miliar. Sedangkan sisanya telah berhasil ditarik Rp 623 juta.

"Berhasil ditarik kembali sejumlah 623 juta rupiah, tapi kemudian Januari 2021 sisa dana kurang lebih 700 juta rupiah hilang. Tidak bisa ditarik lagi. Nah itu persoalannya," jelas Yafet.

 

7 dari 8 halaman

6. Virzha

Penyanyi jebolan Indonesian Idol Muhammad Devirzha atau Virzha juga bakal dipanggil penyidik untuk dimintai keterangannya sebagai saksi dalam perkara dugaan penipuan investasi melalui aplikasi robot trading DNA Pro.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dir Tipideksus) Bareskrim Polri Brigjen Pol Whisnu Hermawan membenarkan rencana pemanggilan Virzha dalam kasus tersebut.

"Iya betul, (dipanggil) tanggal 22 April," kata Whisnu di Jakarta, seperti dilansir Antara, Minggu 17 April 2022.

8 dari 8 halaman

7. Rossa

Penyanyi Rossa juga ikut terseret dalam kasus dugaan investasi bodong robot trading DNA Pro.

Pelantun "Ayat Ayat Cinta" sudah dijadwalkan untuk menjalani pemeriksaan penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dit Tipideksus) Bareskrim Polri.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divhumas Polri, Kombes Gatot Repli Handoko mengatakan seharusnya Rossa menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus DNA Pro Senin 18 April 2022.

"Vokalis R harusnya diperiksa hari ini (Senin 18 April 2022)," ujar Gatot di Bareskrim Polri, Senin 18 April 2022.

Gatot menambahkan, karena ada kepentingan yang tidak bisa ditinggalkan, penyanyi bernama asli Sri Rossa Roslaina Handiyani memilih untuk mengganti hari pemeriksaannya.

Ia pun telah menyampaikan hal tersebut ke penyidik sehingga pemeriksaannya dibatalkan hari ini dan diganti di hari yang lain. 

"Jadi minta di re-schedule lagi yang R penyanyi," jelas Gatot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.