Sukses

Pantau Pergerakan Mudik Lebaran di Depok, 9 Pos Pengamanan Disiagakan

Kota Depok menjadi salah satu kota lintasan arus mudik. Dinas Perhubungan Kota Depok dan Satlantas Polres Metro Depok akan mendirikan sembilan pos pemantauan di wilayah Kota Depok.

Liputan6.com, Depok - Kota Depok menjadi salah satu kota lintasan arus mudik. Dinas Perhubungan Kota Depok dan Satlantas Polres Metro Depok akan mendirikan sembilan pos pemantauan di wilayah Kota Depok.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Eko Herwiyanto mengatakan, Dishub Kota Depok bersama Satlantas Polres Metro Depok telah melakukan koordinasi terkait mudik lebaran. Tidak dapat dipungkiri menjelang hari raya Idul Fitri, banyak warga akan mudik lebaran dan pergerakan lalu lintas akan meningkat.

“Hasil rapat yang telah kita ikuti akan menempatkan sembilan pos pengamanan dan pelayanan,” ujar Eko saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (19/4/2022).

Eko menjelaskan, pos pengamanan dan pos pelayanan anak ditempatkan di sejumlah lokasi strategis. Titik pos tersebut berada di pertemuan Jalan Raya Margonda dengan Jalan Juanda, akses pintu tol Cisalak, perempatan Cinere, Terminal Jatijajar, Simpang Depok, dan sejumlah lokasi lainnya.

“Nantinya petugas Dishub akan membantu pengaturan lalu lintas apabila terjadi kepadatan lalu lintas saat mudik lebaran,” jelas Eko.

Eko mengungkapkan, terkait teknis pelaksanaan pada pos pengamanan dan pelayanan, akan dilakukan pembahasan kembali bersama Satlantas Polres Metro Depok. Dishub Kota Depok akan berusaha membantu pihak kepolisian maupun instruksi dari Kemenhub terkait teknis lapangan pada arus mudik lebaran.

“Untuk jalur mudik sudah diinfokan Korlantas Polri maupun Kemenhub tentang pengaturan arus mudik mulai 27 April hingga seterusnya,” ungkap Eko.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akses Tol

Para pemudik dari wilayah Kota Depok menuju daerah Jawa Tengah menggunakan akses tol, dapat melewati akses tol Cinere-Jagorawi maupun Tol Depok-Antasari, nantinya dari dua akses tol tersebut akan diarahkan menuju akses tol lingkar luar hingga menuju akses tol Cikampek hingga Cipali.

“Jadi kami akan menempatkan anggota Dishub di titik yang sudah dipetakan jalur mudik,” ucap Eko.

3 dari 3 halaman

Penertiban

Terkait mengantisipasi terminal bayangan, Eko menuturkan, akan ada penertiban terminal bayangan yang menjual tiket Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan memberangkatkan pemudik dari luar terminal resmi. Nantinya BPTJ dapat turun langsung melakukan penertiban, sehingga para penumpang yang ingin mudik hanya melalui Terminal Jatijajar untuk wilayah Depok.

“Tidak boleh pembelian tiket atau keberangkatan harus dari terminal induk namun inikan kewenangan dari Kemenhub atau BPTJ untuk dilakukan penertiban,” pungkas Eko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.