Sukses

Jelang Mudik Lebaran, Dishub Kota Depok Temukan Sejumlah Bus Gagal Ramp Check

Untuk membantu menunjang pelayanan mudik lebaran, Dinas Perhubungan Kota Depok melakukan pemeriksaan fisik dan pengecekan surat (Ramp Check). Terdapat sejumlah bus belum memenuhi kriteria pada ramp check di Terminal Jatijajar Depok.

Liputan6.com, Depok - Untuk membantu menunjang pelayanan mudik lebaran, Dinas Perhubungan Kota Depok melakukan pemeriksaan fisik dan pengecekan surat (Ramp Check). Terdapat sejumlah bus belum memenuhi kriteria pada ramp check di Terminal Jatijajar Depok.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Eko Herwiyanto, mengatakan, Dishub Kota Depok berusaha membantu Kementerian Perhubungan pada pelaksanaan ramp check. Dishub Kota Depok telah melakukan pengecekan armada bus di Terminal Jatijajar Depok.

“Dari 180 armada yang kami lakukan ramp check, terdapat sejumlah armada belum memenuhi kriteria,” ujar Eko kepada Liputan6.com, Selasa (19/4/2022).

Eko menjelaskan, Dishub Kota Depok telah melakukan ramp check sejak awal Ramadhan hingga 14 April. Dari pengecekan langsung tersebut terdapat sejumlah bus yang harus melengkapi kelengkapan kendaraan sehingga bus tersebut dapat beroperasi dengan layak saat mudik lebaran.

“Kami masih menemukan bus yang kaca spionnya pecah dan temuan lainnya,” jelas Eko.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harus Dilengkapi

Eko mengungkapkan, armada bus yang diminta untuk melengkapi kelengkapannya, akan dilakukan pengecekan kembali. Nantinya, pihak Terminal Jatijajar akan melakukan pengecekan kembali sebelum pemberangkatan bus untuk transportasi mudik lebaran.

“H-7 hari raya Idul Fitri semua armada bus telah melengkapi persyaratan baik fisik maupun surat kendaraan,” ungkap Eko.

Dishub Kota Depok berusaha membantu pengawasan persiapan mudik lebaran. Dishub Kota Depok berusaha membantu memberikan pengawasan terhadap kelayakan bus sebagai salah satu transportasi yang banyak digunakan pemudik saat lebaran.

“Kami juga berkoordinasi dengan pihak terminal maupun Kemenhub terkait mudik lebaran,” ucap Eko.

3 dari 3 halaman

Sosialisasi

Eko menuturkan, Dishub Kota Depok telah mensosialisasikan terkait pelayanan mudik gratis yang diselenggarakan Kemenhub dengan mendaftar melalui website mudikgratis.dephub.go.id. Kota Depok menjadi salah satu kota yang akan memberangkatkan mudik lebaran.

“Sudah kita sosialisasikan mudik gratis, sekitar 48 bus yang disediakan,” tutur Eko.

Masyarakat yang ingin mengikuti mudik gratis tahap kedua Kemenhub, dapat mendaftarkan diri dan melengkapi dokumen kependudukan. Selain itu, pemudik telah melakukan vaksinasi dosis lanjutan setelah melengkapi vaksin dosis kedua.

“Untuk kota tujuan mudik gratis meliputi sejumlah Kota wonogiri, Semarang, Purwokerto dan sejumlah kota lainnya,” tutup Eko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.