Sukses

Papua Muda Inspiratif untuk Kesejahteraan Papua Didukung Pemprov dan Pemda Manokwari

Paulus menyatakan akan mendukung program PMI demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat di Papua Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Langkah anak-anak muda yang tergabung dalam Papua Muda Inspiratif (PMI) dalam rangka mendukung terwujudnya kesejahteraan di Tanah Papua telah banyak mendapat dukungan dari sejumlah kalangan. Dukungan di antaranya disampaikan Pejabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw dan Bupati Kabupaten Manokwari, Hermus Indou.

Mereka menyampaikan dukungan usai melakukan pertemuan dengan Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN, I Gde Made Kartikajaya di kawasan Manokwari Timur, Papua Barat. Paulus menyatakan akan mendukung program PMI demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat di Papua Barat.

"Jadi apa yang menjadi tujuan aktivitas tujuannya PMI, nanti kita akan dukung penuh," kata Paulus usai pertemuan, Jumat (19/8/2022).

PMI sendiri merupakan binaan Badan Intelijen Negara (BIN) yang bertugas untuk membawa semangat baru bagi anak-anak muda Papua. Lewat PMI, diharapkan Anak-anak muda Papua dapat mengimplementasikan potensi dan ide kreatifnya dalam rangka mendukung terwujudnya kesejahteraan di Tanah Papua.

PMI memiliki banyak ide dan gagasan kreatif dalam rangka mendukung percepatan pembangunan di Papua, di antaranya terkait ketahanan pangan nasional. Hal itu sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 09 Tahun 2020 tentang Percepatan Kesejahteraan di Papua dan Papua Barat.

Untuk mendukung langkah PMI tersebut, Paulus mengatakan Pemrov telah mengirim tim agar menyiapkan lahan untuk penanaman jagung di daerah Kabupaten Tambrauw, Kabupaten Sorong dan Kabupaten Manokwari.

"Kita akan bekerja bersama untuk menyiapkan lahan-lahan dalam rangka menjawab apa yang menjadi kebijakan Bapak Presiden. Nah tanaman yang cepat itu jagung yah, kemudian tanaman-tanaman palawija yang lain," ucapnya.

Paulus juga akan menyiapkan secara teknis harga acuan pembelian (HAP) dari hasil pertanian tersebut, di antaranya HAP Jagung. Paulus berkomitmen untuk menyiapkan sumber daya manusia untuk mendukung pengelolaan pertanian, peternakan dan program lainnya dalam rangka mendukung anak-anak muda di PMI.

"Harapannya segera jalan dan segera terwujud. Banyak lah, sumber daya manusianya juga kita harus siapkan dengan baik. terutama dalam hal mengelola pertanian itu, ternasuk peternakan," tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Pemda Manokwari

Dukungan kepada PMI juga disampaikan Bupati Manokwari, Hermus Indou. Hermus menyampaikan komitmennya untuk mendukung program kerja PMI dalam rangka mewujudkan kesejahteraan Papua dan Papua Barat melalui kerja-kerja kreatif anak muda didalam PMI.

"Papua Muda Inspiratif kita mendukungnua, karena saya kira apapun, pemuda menempati posisi yang sangat startegis hari ini," kata Hermus.

Menurut Hermus, bentuk dukungannya yaitu penyediaan lahan sekitar 2 hektar, serta mensinergikan dinas terkait agar memberikan ruang untuk pemberdayaan yang diinisiasi oleh PMI.

"Selain lahan, kita juga akan mengoptimalkan peran dari OPD-OPD untuk ada program pemberdayaan, melalui APBD kita alokasikan untuk pemuda inspiratif ini," ucapnya.

Hermus berharap program ini secepatnya bisa terwujud, sehingga anak-anak muda Papua merasa bangga dan kemampuan mereka dapat terus berkembang. "Mereka punya fasilitas yang memadai, mereka mau belajar untuk membangun dirinya dan juga membangun bangsa dan negara," ucapnya.

Dalam kegiatan itu, I Gde Made Kartikajaya yang mengenakan pakaian bertuliskan Papua Muda Inspiratif, bertemu lebih dahulu dengan Paulus beserta jajarannya. Kemudian, dilanjutkan dengan pertemuan dengan Hermus Indou beserta jajarannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.