Pemkot Depok Keberatan atas Permintaan Anggaran KPU Rp120 M

Oleh Dicky Agung Prihanto pada 18 Apr 2022, 09:36 WIB
Diperbarui 18 Apr 2022, 09:40 WIB
FOTO: Pekan Ini, Kota Depok Terapkan Program PSBB
Perbesar
Ilustrasi Kota Depok, Jawa Barat. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah menerima permintaan anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang diajukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok. Namun, Pemkot Depok meminta KPU Kota Depok melakukan revisi anggaran, karena dinilai terlalu memberatkan.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) pada Pemerintah Kota Depok, Wahid Suryono, mengatakan, telah melakukan komunikasi dan diskusi kepada KPU Kota Depok. Begitupun dengan permintaan anggaran untuk Pilkada 2024 yang mencapai Rp120 miliar.

"Kami sudah meminta KPU Kota Depok merevisi anggaran Rp120 miliar," ujar Wahid kepada wartawan, Senin (18/4/2022).

Wahid menjelaskan, Pemkot Depok meminta KPU Kota Depok untuk melakukan penyesuaian kembali soal anggaran pelaksanaan Pilkada 2024. Sebelumnya pada anggaran Pilkada 2020 sebesar Rp60 miliar sudah masuk dalam pertimbangan.

"Ada sejumlah faktor yang menyebabkan Pemkot Depok meminta KPU merevisi anggaran 120 miliar rupiah," jelas Wahid.

Wahid mengungkapkan, salah satu faktor untuk melakukan revisi anggaran yakni, Kota Depok sedang pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Atas dasar tersebut, anggaran pilkada yang diajukan dapat disesuaikan dengan keadaan yang masih terjadi di Kota Depok.

"Sejatinya anggaran dapat disesuaikan dengan situasi saat ini karena perekonomian masih recovery," ungkap Wahid.

BKD Kota Depok masih menunggu hasil revisi untuk pengajuan anggaran Pilkada Depok. BKD akan menunggu pengajuan kembali dari KPU Kota Depok hingga pekan ini dan akan melakukan komunikasi kembali kepada KPU Kota Depok. "Rencananya berkas sudah kami terima pada pekan ini untuk pengajuan anggaran yang baru," tutur Wahid.


Untuk Pilkada Depok

Ilustrasi Gedung KPU
Perbesar
Ilustrasi Gedung KPU (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, Ketua KPU Kota Depok, Nana Sobarna, mengatakan pihaknya telah mengajukan anggaran kepada Pemerintah Kota Depok guna memuluskan penyelenggaraan Pilkada Depok 2024.

"Kami telah mengajukan anggaran sebesar Rp120 miliar kepada Pemerintah Kota Depok," ujar Nana saat dihubungi wartawan, Minggu (17/4/2022).

Menurut dia, KPU Kota Depok sudah berkomunikasi dengan Pemerintah Kota Depok untuk membahas sejumlah persiapan dan kebutuhan anggaran dalam pelaksanaan pilkada nanti.

"Anggaran sebesar Rp 120 miliar akan digunakan untuk persiapan hingga akhir pelaksanaan Pilkada Kota Depok," jelas Nana.

Dia mengungkapkan, permintaan anggaran Pilkada Kota Depok 2024 memang melonjak dibanding anggaran yang diajukan pada Pilkada 2020. Pada Pilkada Kota Depok 2020, anggaran yang diminta KPU sebesar Rp 60 miliar. "Memang ada kenaikan yang sebelumnya Rp 60 miliar kini menjadi Rp 120 miliar," pungkas Nana.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya