Sukses

Anies Bersyukur Perayaan Paskah 2022 Bisa Digelar Terbuka

Anies Baswedan menyebut festival telur paskah melibatkan berbagai kolaborator, baik dari pihak swasta maupun lembaga keagamaan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta menyelenggarakan Festival Telur Paskah di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu (17/4/2022). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan festival tersebut menjadi momentum kebangkitan setelah dihantam pandemi Covid-19 selama dua tahun.

"Saya bersyukur bahwa pada tahun ini peringatan Paskah sudah bisa diselenggarakan secara terbuka, karena dua tahun sebelumnya kita harus menjalani masa isolasi dan kini beranjak membaik. Semoga pandemi ini segera selesai," kata Anies Baswedan, Minggu (17/4/2022).

Anies menyebut festival telur paskah juga melibatkan berbagai kolaborator, baik dari pihak swasta maupun lembaga keagamaan. Diantaranya seperti Panitia Paskah Nasional XVIII tahun 2022, Paroki St. Yoseph Matraman, GPIB Ebenhaezer, Gereja Punguan Kristen Batak, lembaga pendidikan SLB B Pangudi Luhur, Toko Buku Immanuel.

"Hari ini sejarah baru kita torehkan di kota kita tercinta, saya hadir bersama jajaran lengkap. Kami semua berbahagia, karena semua kolaborator bersama bekerja untuk memfasilitasi hingga semua umat Kristiani di Jakarta merayakan suasana paskah yang penuh suka cita,” tuturnya.

Anies juga menjelaskan bahwa Pemprov DKI Jakarta ingin kesetaraan, persatuan, dan perasaan kebersamaan dapat hadir di kota ini, salah satunya adalah dengan memperingati hari besar keagamaan di ruang publik atau ruang ketiga. Sehingga, dapat menghadirkan pengalaman berharga bagi warga kota.

"Kita ingin di kota Jakarta kesetaraan benar-benar hadir, kesempatan yang sama dan ruang ketiga dipakai untuk kita bisa menyambut hari besar agama. Itulah yang terjadi pada hari ini dan menjadi babak baru, khususnya bagi anak-anak yang datang semoga menjadi kenangan berharga bagi mereka," ungkap Anies.

"Saya ingin apresiasi kolaborasi penyelenggaraan acara ini. Kami berharap kegiatan ini dapat membangkitkan perasaan kebersamaan, karena kota ini adalah milik kita bersama dan tanggung jawab kita untuk membuat semua yang ada di kota ini merasakan kebersamaan," tandas Anies.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hadiri Kebaktian Paskah, Anies Harap Kedamaian dan Persatuan Jakarta Semakin Kuat

Sementara itu, Anies Baswedan menghadiri Fajar Paskah Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Immanuel, Jakarta Pusat, pada Minggu dini hari (17/4/2022).

"Kebaktian Fajar GPIB Immanuel merupakan tradisi dan kami bersyukur bahwa Gereja Immanuel pagi ini memiliki wajah baru yang teduh dan memancarkan kebahagiaan bagi kita semua," kata Anies dalam keterangannya, Minggu (17/4/2022).

"Berdiri di tempat ini merasakan sebuah suasana yang amat berbeda, setiap tahun diikhtiarkan untuk datang. Kali ini cukup unik, karena revitalisasi telah tuntas," tambahnya.

Anies menjelaskan, revitalisasi gereja bukan sekadar melakukan pemugaran pada fisiknya semata. Melainkan, lebih dari itu, Gereja Immanuel harus menjadi tempat bagi kegiatan dan memberikan keteduhan baik bagi pengurus maupun jemaatnya.

"Sebuah gereja bukan hanya tentang bangunan, sebuah gereja adalah tentang jemaat yang ada di sana, tentang kegiatan, doa dan cahaya keteduhan, kedamaian kepada semua yang melingkupinya," tuturnya.

"Karena itu, amat bersyukur bagian dari tugas kita (Pemprov DKI Jakarta) sudah ditunaikan ketika revitalisasi ini selesai. Sisi selatan yang dulu jarang diperhatikan, sekarang menjadi tempat cahaya itu memancar dengan amat indahnya," lanjutnya.

Lebih lanjut, Anies juga berharap agar keteduhan dan kedamaian yang salah satunya dihadirkan Gereja Immanuel juga dapat dirasakan seluruh warga Jakarta. Sehingga, harapannya kedamaian dan persatuan dapat semakin diperkuat.

 

3 dari 3 halaman

Anies Kunjungi Gereja, Pastikan Beri Kesetaraan Peribadahan

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi dan bersilaturahmi bersama pengurus dan jemaat Gereja Katolik Maria Kusuma Karmel, Kembangan, Jakarta Barat, pada Minggu (17/4/2022).

Dalam kunjungan tersebut, Anies menyampaikan bahwa Pemprov DKI Jakarta berprinsip untuk menghadirkan kesetaraan dan keadilan di kota Jakarta, termasuk peribadatan warganya.

"Jakarta merupakan tempat berkumpulnya semua unsur yang ada di Indonesia. Maka dari itu kita harus memastikan semua mendapatkan kesetaraan kesempatan," kata Anies, Minggu (17/4/2022).

Anies juga mengklaim DKI Jakarta memberikan izin gereja dan tempat ibadah lain dengan prinsip kesetaraan.

"Semua (termasuk izin gereja), dikerjakan dengan cara seksama dan tuntas. Kita jalankan ini semua dengan berpegang pada prinsip kesetaraan di semua tempat. Bukan hanya gereja, tetapi semua tempat peribadatan dan izin-izin lainnya," sambung dia.

Lebih lanjut Anies juga mengapresiasi peran sosial gereja di masyarakat. Seperti Gereja Katolik Maria Kusuma Karmel, Kembangan yang melakukan serangkaian kegiatan sosial di antaranya menggelar vaksinasi, pemberian bantuan sosial.

"Kita hidup berdampingan, kebersamaan itu terjadi di lingkungan ini. Dan mohon itu dijaga karena penting, bahwa sebuah rumah ibadah bukan saja memberikan ketenangan dan kesempatan mendekatkan diri kepada Tuhan, tapi juga dia hadir sebagai tempat yang meneduhkan dan mengayomi lingkungan sekitarnya. Jadi saya salut dengan apa yang dikerjakan Bapak/Ibu di Gereja Katolik Maria Kusuma Karmel," tandas Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.