Sukses

Metro Sepekan: Sederet Fakta Terkait Pengeroyokan yang Dialami Ade Armando

Aksi demo pada Senin 11 April 2022 di depan Gedung DPR/MPR RI Senayan Jakarta berujung ricuh. Bahkan, Dosen UI Ade Armando mendapat aksi kekerasan saat berada di tengah massa yang berdemo.

Liputan6.com, Jakarta - Aksi demo pada Senin 11 April 2022 di depan Gedung DPR/MPR RI Senayan Jakarta berujung ricuh. Bahkan, Dosen Universitas Indonesia (UI) Ade Armando menerima aksi kekerasan saat berada di tengah massa yang berdemo.

Kejadian pengeroyokan Ade Armando diketahui pertama kali dari foto dan rekaman video yang beredar di masyarakat. Dalam foto yang beredar hasil tangkapan awak media, wajah Ade Armando terlihat babak belur dan penuh cucuran darah.

Tak cukup hanya itu, pria yang dikenal sebagai pegiat media sosial tersebut juga diperlakukan tak manusiawi, Ade ditelanjangi dengan hanya memakai kaos dan celana dalam.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan, pihaknya melakukan pengusutan siapa kelompok di balik tindak kekerasan tersebut. Apakah dilakukan dari massa mahasiswa atau penyusup.

Kemudian pada Rabu 13 April 2022, penerapan aturan ganjil genap (gage) di jalanan DKI Jakarta masih terus diberlakukan, seiring dengan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM di Jawa dan Bali.

Untuk jadwal ganjil-genap di Ibu Kota Jakarta, terbagi dalam dua sesi. Pada pagi hari dimulai pukul 06.00 WIB-10.00 WIB. Kemudian sore hari ganjil genap pada pukul 16.00 WIB-21.00 WIB.

Disampaikan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, pihaknya tidak akan memperluas wilayah kebijakan pembatasan kendaraan roda empat ganjil genap tersebut.

Sementara itu, mantan Politikus Partai Demokrat Angelina Sondakh mencurahkan isi hatinya usai menghirup udara bebas sejak pukul 06.30 WIB pada Kamis 3 Maret 2022 lalu dari Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Seperti diketahui, Angie, sapaan akrabnya, telah menjalani hukuman 10 tahun penjara atas kasus korupsi proyek Pusat Pelatihan, Pendidikan, dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Bukit Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Melansir kanal YouTube Kompas TV, Angie mengungkap kasus korupsi Hambalang dengan berlinang air mata. Diakui Angie, ia sangat menyakini kebenaran kasus itu terungkap, tanpa harus menyebut apapun lagi. Saat ini dirinya yang telah bebas dari penjara hanya berharap kepercayaan dari Keanu.

Pengakuan serupa juga diutarakan ibunda dari Keanu Massaid ini kepada sang sahabat, Maia Estianty. Menurut Angie, kalau memang ingin membongkar dalang Hambalang, tentu sudah dilakukannya 10 tahun lalu saat menghadapi sidang panjang hingga mengajukan peninjauan kembali.

Berikut deretan berita metro yang paling banyak dicari pembaca Liputan6.com dalam sepekan terakhir:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Empat Fakta Dosen UI Ade Armando Dikeroyok Massa Hingga Nyaris Ditelanjangi

Dosen Universitas Indonesia (UI) Ade Armando menerima aksi kekerasan saat berada di tengah massa yang berdemo di depan Gedung DPR, Senin sore 11 April 2022.

Dalam foto yang beredar hasil tangkapan awak media, wajah Ade Armando terlihat babak belur dan penuh cucuran darah. Tak cukup hanya itu, pria yang dikenal sebagai pegiat media sosial tersebut juga diperlakukan tak manusiawi, Ade ditelanjangi dengan hanya memakai kaos dan celana dalam.

Pengusutan kini tengah dilakukan aparat, siapa kelompok di balik tindak kekerasan tersebut. Apakah dilakukan dari massa mahasiswa atau penyusup.

"(Ade) kena pukulan dalam kegiatan demo tadi. Tetapi dari video yang beredar, bukan dilakukan oleh petugas, tetapi dilakukan oleh massa aksi, kita belum tahu persoalannya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan.

Untuk diketahui, saat demo 11 April tengah berlangsung, Ade mendatangi Gedung DPR/MPR RI. Saat itu ia mengatakan dirinya tidak ikut dalam aksi, namun mendukung mahasiswa dengan empat tuntutan yang disuarakan. Salah satunya terkait penolakan perpanjangan masa jabatan presiden.

"Siapa pun partai politik masih berpikir untuk memperpanjang 3 periode. Harus tahu bahwa masyarakat enggak suka sama itu," kata Ade Armando.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. 13 Titik Ganjil Genap di Jakarta Berlaku Hari Ini, Rabu 13 April 2022

Penerapan aturan ganjil genap (gage) di jalanan DKI Jakarta masih terus diberlakukan. Termasuk pada hari ini, Rabu 13 April 2022.

Penerapan aturan ganjil genap tersebut seiring dengan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM di Jawa dan Bali.

Seperti diketahui, pemerintah telah merilis kebijakan terbaru tentang Pemberlakuan Pembatasan Masyarakat (PPKM) untuk wilayah di Jawa dan Bali melalui Instruksi Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 20 tahun 2022. Aturan ini berlaku mulai 5 April 2022 sampai dengan 18 April 2022.

Untuk jadwal ganjil-genap di Ibu Kota Jakarta, terbagi dalam dua sesi. Pada pagi hari dimulai pukul 06.00 WIB-10.00 WIB. Kemudian sore hari ganjil genap pada pukul 16.00 WIB-21.00 WIB.

Disampaikan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, pihaknya tidak akan memperluas wilayah kebijakan pembatasan kendaraan roda empat ganjil genap tersebut.

"Kalau tambah 25 kawasan saya harus menambah anggota untuk mengawasi, karena tidak semua kawasan ada ETLE dan anggota saya sudah di tempatkan di kawasan yang ada," ujar Sambodo kepada wartawan, Selasa 5 April 2022.

Sambodo menerangkan, kepolisian bersama-sama Dinas Perhubungan terus berkoordinasi membahas kebijakan ganjil genap.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Empat Curhatan Angelina Sondakh soal Kasus Hambalang yang Berlinang Air Mata

Angelina Sondakh, mantan Politikus Partai Demokrat saat ini sudah menghirup udara bebas sejak pukul 06.30 WIB pada Kamis 3 Maret 2022 lalu.

Karena seperti diketahui, Angelina telah menjalani hukuman 10 tahun penjara di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur atas kasus korupsi proyek Pusat Pelatihan, Pendidikan, dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Bukit Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Meski telah keluar lapas, wanita yang karib disapa Angie itu ruanya belum bebas murni lantaran masih menjalani program Cuti Menjelang Bebas (CMB) selama tiga bulan. Angie baru bisa berstatus bebas murni pada 1 Juni 2022 mendatang.

Namun rupanya, usai bebas dari penjara, Angie pun mengeluarkan isi hatinya. Seperti dilansir dari kanal YouTube Kompas TV, Angie mengungkap kasus korupsi Hambalang dengan berlinang air mata.

Diakui Angie, ia sangat menyakini kebenaran kasus itu terungkap, tanpa harus menyebut apapun lagi. Saat ini dirinya yang telah bebas dari penjara hanya berharap kepercayaan dari Keanu.

"Kalau suatu hari itu terungkap, aku sudah enggak punya dendam buat siapapun juga. Aku hanya pengin kejujuran buat anakku saja. Aku cuma pengin anak saya percaya sama saya saja," ujar Angie kepada Rosiana Silalahi sambil menangis.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.