Sukses

Ucapan Selamat Paskah 2022 untuk Segenap Umat Kristiani dari Sejumlah Tokoh

Selain Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria juga turut menyampaikan Selamat Paskah 2022 kepada segenap umat Kristiani.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat hari perayaan Paskah kepada semua umat Kristiani di Indonesia.

Ucapan tersebut diunggah di akun media sosial Instagram milik Jokowi, @jokowi Minggu (17/4/2022).

Selain itu, Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Fajar Paskah Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Immanuel, Jakarta Pusat pada Minggu dini hari (17/4/2022).

"Kebaktian Fajar GPIB Immanuel merupakan tradisi dan kami bersyukur bahwa Gereja Immanuel pagi ini memiliki wajah baru yang teduh dan memancarkan kebahagiaan bagi kita semua," ujar Anies dalam keterangannya, Minggu (17/4/2022).

Tak lupa, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini berharap Paskah 2022 membawa pesan kebahagiaan dan kebersamaan umat. Dia menilai, perayaan kali ini memberikan kesan dan suasana yang berbeda.

Selain Anies, Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria juga turut menyampaikan Selamat Paskah 2022 kepada segenap umat Kristiani.

"Kami turut bahagia. Mari terus bergerak untuk membantu sesama, menjaga bumi, merawat dan memuliakan kehidupan. Terima kasih dan hormat kami. Paskah dalam suasana Ramadan, sungguh indah keberagaman di Kota Jakarta," ucap Riza.

Berikut sederet ucapan Selamat Paskah 2022 dari para tokoh dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Wagub DKI Jakarta

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengunjungi kegiatan peribadatan Hari Paskah Tahun 2022 yang diselenggarakan Gereja Katolik Bunda Hati Kudus, Jakarta Pusat, dan Gereja Stella Maris, Jakarta Utara, Sabtu malam 16 April 2022.

Pada kesempatan itu, dia menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan rangkaian kegiatan peribadatan hari Paskah yang berlangsung khidmat, damai, penuh kebersamaan, dan kerukunan.

"Terima kasih kepada umat Kristiani khususnya panitia yang bertugas di Gereja dan petugas lintas dinas, aparat keamanan, serta warga yang telah menyukseskan peringatan, sehingga aman dan lancar," kata Wagub DKI dalam keterangannya, Minggu (17/4/2022).

Riza menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh umat Kristiani di Kota Jakarta yang tengah merayakan Paskah tahun 2022. "Kami turut bahagia. Mari terus bergerak untuk membantu sesama, menjaga bumi, merawat dan memuliakan kehidupan. Terima kasih dan hormat kami. Paskah dalam suasana Ramadan, sungguh indah keberagaman di Kota Jakarta," ujarnya.

Wakil Anies Baswedan ini juga mengingatkan agar seluruh masyarakat Kota Jakarta juga dapat senantiasa berkolaborasi bersama Pemprov DKI Jakarta dalam menjaga keamanan dan stabilitas kota.

"Jakarta selalu aman dan mari kita jaga. Sehingga seluruh umat beragama dapat melaksanakan ibadah dengan aman dan khusyuk. Semakin seseorang menjaga ibadahnya, maka semakin meningkat pula keimanan dan ketakwaannya," ucap Riza.

"Dan pasti semakin bisa memberikan dampak bagi diri dan lingkungan sehingga tercipta kebahagiaan di seluruh warga Jakarta," imbuhnya.

Melalui momentum perayaan Paskah, Wagub Ariza mengajak umat Kristiani untuk dapat mengaktualisasikan rasa kasih sayang dan keteladanan dalam wujud kepedulian terhadap sesama, merawat persatuan serta semangat gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat.

"Keberagaman adalah kekuatan, bangsa yang tidak mampu menjadikan keberagaman sebagai kekuatan adalah bangsa yang terbelakang," paparnya.

Wagub Ariza menambahkan, keberadaan umat Kristiani telah memberikan kontribusi yang positif di Kota Jakarta sebagai kota multikultural, agama, etnis, dan kota yang sangat heterogen.

"Semoga melalui perayaan Paskah ini, kita melalui berbagai pengorbanan dapat meningkatkan Kota Jakarta yang maju kotanya bahagia warganya," pungkas Ariza.

 

3 dari 4 halaman

2. Gubernur DKI Jakarta

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, menghadiri Fajar Paskah Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Immanuel, Jakarta Pusat, pada Minggu dini hari (17/4/2022).

"Kebaktian Fajar GPIB Immanuel merupakan tradisi dan kami bersyukur bahwa Gereja Immanuel pagi ini memiliki wajah baru yang teduh dan memancarkan kebahagiaan bagi kita semua," kata Anies dalam keterangannya, Minggu (17/4/2022).

"Berdiri di tempat ini merasakan sebuah suasana yang amat berbeda, setiap tahun diikhtiarkan untuk datang. Kali ini cukup unik, karena revitalisasi telah tuntas," tambahnya.

Anies menjelaskan, revitalisasi gereja bukan sekadar melakukan pemugaran pada fisiknya semata. Melainkan, lebih dari itu, Gereja Immanuel harus menjadi tempat bagi kegiatan dan memberikan keteduhan baik bagi pengurus maupun jemaatnya.

"Sebuah gereja bukan hanya tentang bangunan, sebuah gereja adalah tentang jemaat yang ada di sana, tentang kegiatan, doa dan cahaya keteduhan, kedamaian kepada semua yang melingkupinya," tuturnya.

"Karena itu, amat bersyukur bagian dari tugas kita (Pemprov DKI Jakarta) sudah ditunaikan ketika revitalisasi ini selesai. Sisi selatan yang dulu jarang diperhatikan, sekarang menjadi tempat cahaya itu memancar dengan amat indahnya," lanjutnya.

Lebih lanjut, Anies juga berharap agar keteduhan dan kedamaian yang salah satunya dihadirkan Gereja Immanuel juga dapat dirasakan seluruh warga Jakarta. Sehingga, harapannya kedamaian dan persatuan dapat semakin diperkuat.

"Kami menginginkan suasana di Jakarta dapat terus memfasilitasi tumbuhnya persatuan dan menguatkan persatuan tersebut, karena kebhinnekaan adalah karunia Tuhan, tapi persatuan adalah usaha manusia," terangnya.

"Karena itu, kami garisbawahi kalimat penting Bhinneka Tunggal Ika dan kata kunci yang harus diikhtiarkan adalah Tunggal yang artinya satu. Kami bersyukur dan terima kasih jemaat dan pengurus GPIB Emanuel telah menjadi bagian dari kota Jakarta yang terus menjaga suasana persatuan itu," pesan Anies.

Anies berharap paskah membawa pesan kebahagiaan dan kebersamaan umat. Dia menilai, perayaan kali ini memberikan kesan dan suasana yang berbeda.

"Semoga peringatan Hari Paskah tahun ini membawa babak baru yang makin kuat perasaan kebersamaan, kesetaraan, dan tanggung jawab kita adalah bersama menghadirkan itu di seluruh kota Jakarta," tandas Anies.

 

4 dari 4 halaman

3. Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat hari perayaan Paskah kepada semua umat Kristiani di Indonesia.

Ucapan tersebut diunggah di akun media sosial Instagram milik Jokowi, @jokowi Minggu (17/4/2022). Dia berharap, perayaan Paskah ini bisa menjadi momen kebangkitan dari kesulitan.

"Cinta kasih, kebersamaan, dan pengorbanan telah menjadi bekal kita untuk bangkit melalui masa-masa yang sulit ini," ujar Jokowi.

Dia juga berharap agar seluruh umat Kristiani merasakan kebahagiaan dan kedamaian di Hari Kebangkitan Yesus Kristus ini.

"Selamat bersukacita merayakan Paskah, semoga kebahagiaan dan kedamaian senantiasa bersama kita," kata Jokowi.

Sebelumnya, keyword Selamat Paskah dan Happy Easter menjadi trending topic di Twitter. Pantauan Tekno Liputan6.com di lini masa Twitter, keyword Selamat Paskah, Happy Easter, dan Kristus sudah dicuitkan oleh ribuan pengguna platform media sosial tersebut.

Hingga berita ini di-publish, keyword Selamat Paskah sudah dicuitkan sebanyak 5,356 cuitan. Sementara Happy Easter sudah di twitt sebanyak 318 ribuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.