Sukses

200 Personel Dikerahkan Amankan Paskah di Gereja Katedral

Turut dilibatkan unit Jibom SatBrimob Polda Metro Jaya unit K-9 untuk melakukan penyisiran di wilayah sekitar Gereja Ketedral.

Liputan6.com, Jakarta - Personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan Hari Raya Paskah di Gereja Katedral, Jakarta Pusat.  Kapolsek Sawah Besar, Kompol Maulana Mukarom menerangkan, pihaknya menyiapkan 100 personel gabungan TNI dan Polri serta Satpol PP.

"Kami Polsek Sawah Besar melakukan pengamanan. Adapun, personel diturunkan ada 100 personel gabungan. Kami terima BKO dari Polda Metro Jaya serta dari rekan-rekan TNI, Satpol PP ikut bersama-sama melakukan pengamanan," kata Maulana dalam keterangannya, Jumat (15/4/2022).

Maulana menerangkan, pihaknya telah melakukan sterilisasi sejak pukul 08.00 WIB. Dalam hal ini, turut dilibatkan unit Jibom SatBrimob Polda Metro Jaya unit K-9 untuk melakukan penyisiran di wilayah sekitar Gereja Ketedral.

Sejauh ini, pelaksanaan rangkaian perayaan Paskah di Gereja Katedral berlangsung kondusif.

"Pelaksanaan kondusif alhamdulilh dan kami pastikan pengguna jalan juga tidak ada kemacetan sementara tidak ada rekayasa lalu lintas masyarakat diimbau agar tidak berhenti di pintu utama dari gereja katedral untuk turunkan jemaat yang ingin melaksanakan ibadah," tandas dia.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Paskah di Daerah Lain

Untuk menjamin keamanan selama perayaan paskah, polisi menggelar sterilisasi tempat ibadah dan lokasi strategis lainnya. Seperti dilakukan di Kebumen dan Pemalang.

Polres Pemalang melaksanakan sterilisasi menggunakan metal detektor dan menerjunkan unit K9 ke gereja-gereja di wilayah Kabupaten Pemalang, Rabu (13/4/2022).

Kapolres Pemalang AKBP Ari Wibowo mengatakan, Polres Pemalang siap memberikan pelayanan pengamanan selama perayaan paskah umat kristen dan katholik di Kabupaten Pemalang.

"Sebelum pelaksanaan ibadah, Polres Pemalang melaksanakan sterilisasi untuk memastikan tidak ada benda mencurigakan dan membahayakan, baik di ingkungan luar maupun dalam gereja,” kata Kapolres, dalam keterangannya, dikutip Kamis (14/4/2022).

 

3 dari 4 halaman

Bersinergi dengan TNI

Dalam pengamanan rangkaian hari raya Paskah, Kapolres Pemalang mengatakan, Polres Pemalang akan menempatkan personil pengamanan di setiap gereja, baik secara terbuka maupun tertutup.

“Bersinergi dengan TNI dan pemerintah daerah, Polres Pemalang akan melaksanakan pengamanan rangkaian hari raya paskah secara maksimal dan proporsional,” kata Kapolres.

“Kami ucapkan selamat hari raya paskah, semoga seluruh rangkaian ibadah paskah dapat berjalan aman dan kondusif,” ucap dia.

Di sela kegiatan sterilisasi di Gereja Santo Lukas Pemalang, Romo Suryo menyampaikan ucapan terima kasih pada Polres Pemalang yang telah mempersiapkan pengamanan hari raya paskah dengan baik.

“Kami ucapkan terima kasih, Ini menunjukkan kesungguhan Polri, sebagai representasi negara hadir memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Romo Suryo.

4 dari 4 halaman

Di Kebumen

Sementara, di Kebumen, Sat Samapta Polres Kebumen melakukan sterilisasi di Gereja St. Yohanes Maria Vianney Kebumen, menjelang ibadah kamis putih .

Dijelaskan Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasubsi Penmas Aiptu S Catur Nugraha, hal ini dilakukan untuk memastikan gereja aman sebelum dilakukan ibadah.

Sterilisasi dilakukan mulai dari luar gereja, menggunakan alat metal detektor dilanjutkan masuk ke dalam gereja di tempat ibadah.

Anjing pelacakan Unit K9 Polres Kebumen juga diterjunkan untuk ikut sterilisasi pada kesempatan itu.

"Satu jam sebelum dilakukan ibadah, gereja harus steril dan aman. Ini juga sesuai dengan SOP, sterilisasi menggunakan alat metal detektor," jelas Aiptu Catur.

Lanjut Aiptu Catur, sterilisasi dilakukan agar para jamaah merasa lebih aman saat ibadah.

Selain Gereja St. Yohanes Maria Vianney Kebumen, di gereja-gereja lain juga dilakukan sterilisasi oleh Polsek jajaran.

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama bersama Forkopimda monitoring langsung kesiapan personel pengamanan ke gereja-gereja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini