Sukses

Kolaborasi Orang Tua Murid dan Guru Kunci Kesuksesan PTM 100 Persen

Penurunan angka kasus penularan Covid-19 menjadi momentum melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka atau PTM 100 persen secara nasional dan serentak oleh seluruh lembaga pendidikan.

Liputan6.com, Jakarta - Penurunan angka kasus penularan Covid-19 menjadi momentum melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka atau PTM 100 persen secara nasional dan serentak oleh seluruh lembaga pendidikan.

Perlu dukungan dari para orang tua murid dan tenaga pendidik atau guru, demi menyukseskan pelaksanaan PTM 100 persen. Topik ini menjadi pembahasan dalam diskusi virtual yang diselenggarakan komunitas Kami Pengajar dan Sidina Community, dengan tema "Penerapan PTM 100 Persen Sudah Layak Secara Nasional."

Diskusi ini menghadirkan para narasumber diantaranya Kurniawan, Analis Kebijakan Ahli Madya Direktorat Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan Budaya Riset dan Teknologi, Suciarti Wahyuningtyas, Fasilitator Ibu Penggerak Sidina Community/Orang Tua Siswa, dan Walisa Tri Agustiningsih Kepala Sekolah SDN Rawa Badak Selatan 01/ Koordinator Regional Jawa Komunitas Kami Pengajar.

Kurniawan menjelaskan Kemendikbudristek mendukung penerapan PTM persen dengan mengutamakan keselamatan, kesehatan, dan capaian pembelajaran. Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan PTM terbatas, dari total 55 juta peserta didik usia 6 tahun ke atas sebanyak 88 persen (48,32 juta) sudah menerima vaksinasi dosis 1 dan 71 persen (39,06 juta) sudah lengkap menerima dosis 2.

Selain itu, Kemendikbudristek telah mencabut Surat Edaran terkait diskresi PTM. Diskresi itu tertuang dalam Surat Edaran Kemendikbudristek Nomor 22 Tahun 2022 tentang Diskresi Pelaksanaan Keputusan Bersama Empat Menteri tentang Panduan Penyelenggaran Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

"Kami sangat berharap pendidik dan tenaga pendidikan harus sehat, salah satunya mereka telah divaksin. Keselamatan dan kesehatan harus bisa dijalankan dengan baik," kata Kurniawan dalam diskusi.

Ketentuan pelaksanaan PTM 100 persen mengacu SKB 4 Menteri di antaranya, capaian vaksinasi dosis 2 bagi pendidik dan tenaga kependidikan lebih dari 80 persen. Capaian vaksinasi lansia dosis 2 di atas 50 persen dan vaksinasi peserta didik terus berlangsung. Jumlah peserta didik 100 persen dari kapasitas. Terakhir, lama belajar paling banyak 6 jam pelajaran tiap harinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Solusi Pulihkan Pendidikan Indonesia

"Kolaborasi guru dan orang tua murid harus sangat baik, jangan sampai saat di sekolah tidak menjalankan protokol kesehatan terutama saat menggunakan masker. Dengan memberikan pemahaman protokol kesehatan dengan baik, semua akan terjaga," ujarnya.

Kurniawan mengatakan penerapan PTM 100 persen merupakan solusi untuk memulihkan pendidikan Indonesia akibat hilangnya pembelajaran atau learning loss yang terjadi selama pandemi Covid-19. Penyelenggaran pembelajaran secara daring telah menciptakan penurunan capaian belajar karena terjadinya kesenjangan akses dan kualitas. "Learning loss telah terjadi dan dalam rangka pemulihan belajar, Menteri Nadiem juga menerapkan Kurikulum Merdeka,” ucapnya.

Suciarti Wahyuningtyas menambahkan orang tua memiliki peran krusial dalam mendukung PTM 100 persen. Para orang tua perlu memberikan rasa percaya dan aman terhadap anaknya untuk mengikuti kegiatan belajar tatap muka langsung tersebut.

"Orang tua juga diharapkan memberikan contoh baik dalam penerapan protokol kesehatan sebagai panutan anak-anak. Semoga dengan pelaksanaan PTM 100 persen dapat mengendalikan learning loss pada anak-anaknya," terang Suciarti.

Walisa Tri Agustiningsih mendukung kembalinya penerapan PTM 100 persen. Menurut dia, proses pembelajaran akan jauh lebih efektif. Ikatan emosional yang selama ini belum terjalin dengan maksimal juga bakal semakin membaik.

"PTM 100 persen menghilangkan rasa kangen para siswa dan juga guru, dalam proses belajar mengajar dan merasakan sekolah yang benar-benar ramai dengan segala hingar bingarnya. Dengan dilaksanakannya PTM 100% secara nasional mampu membuat semangat dan sinergitas belajar peserta didik semakin berkembang," tutur Walisa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.