Sukses

Usung Isu Transformasi Digital, NTB Siap Gelar Pra-KTT Y20 Indonesia 2022

Nusa Tenggara Barat (NTB) siap menggelar salah satu rangkaian kegiatan penting dalam Presidensi G20 Indonesia melalui kegiatan Pra-KTT 2 Y20 Indonesia 2022.

Liputan6.com, Jakarta Nusa Tenggara Barat (NTB) siap menggelar salah satu rangkaian kegiatan penting dalam Presidensi G20 Indonesia melalui kegiatan Pra-KTT 2 Y20 Indonesia 2022. Adapun isu transformasi digital akan menjadi tema besar Pra-KTT Y20 di Lombok, NTB.

"Pemerintah Provinsi NTB berkomitmen untuk mendukung kegiatan Y20 ini untuk dilaksanakan di NTB. Dengan mengusung tema besar transformasi digital, kami ingin menunjukan bahwa NTB menjadi salahsatu provinsi di Indonesia yang siap untuk mendukung agenda transformasi digital," jelas Sekretaris Daerah NTB Lalu Gita Ariadi dikutip dari siaran persnya, Kamis (14/4/2022).

Menurut dia, isu transformasi digital akan berfokus pada bagaimana peran pemuda dalam menjadi pendorong perkembangan teknologi digital dunia. Pandemi COVID-19 turut berpartisipasi dalam mempercepat transformasi digital pada sektor publik maupun swasta.

Hal ini menciptakan peluang yangbesar bagi perkembangan pada lintas sektor. Namun, percepatan transformasi ini juga dapat menimbulkan risiko dan tantangan yang belum pernah dihadapi sebelumnya.

"Menyadari peluang dan tantangan dalam pertumbuhan dunia digital, Y20 Indonesia 2022 mengangkat dua sub tema pada isu prioritas transformasi digital, yaitu peranan pemuda dalam tata kelola digital danbagaimana membangun kesadaran keuangan digital," kata Ketua Pelaksana Y20 Indonesia 2022 Michael Victor Sianipar.

Subtema tata kelola digital menyoroti partisipasi pemuda dalam menyiasati solusi digital terhadap tantangan seperti meningkatnya kesenjangan digital dan permasalahan akses konektivitas, kurangnya literasi dan keterampilan digital, dan permasalahan keamanan dan privasi.

Sedangkan subtema kesadarankeuangan digital menopang faktor risiko penawaran dan permintaan, kurangnya literasi keuangan, dan munculnya mata uang digital dan cryptocurrency sebagai tantangan. Kemudian, keterkaitan denganpembangunan, inklusi keuangan dan partisipasi perempuan serta kelompok rentan lainnya.

Pelaksanaan Pra-KTT Y20 Indonesia 2022 kali ini akan turut dihadiri oleh delegasi dan perwakilan kedutaan besar dari mancanegara. Mulai dari, delegasi dari Jepang, United Arab Emirates (UAE), Singapore, ASEAN,serta perwakilan dari World Trade Organization.

Selain itu, ada perwakilan kedutaan besar dari Polandia, United States, dan Argentina.Sejumlah pembicara ternama turut berpartisipasi mengisi talk show dengan tema “Kesadaran FinansialDigital” yaitu Ronny Hutahayan dari Pluang, Chris Agass dari UK Foreign, Commonwealth, and Development Office, Arianne Santoso, dari Google Indonesia, dan Akhis R. dari Bank Indonesia serta Co-Founder dan Direktur Tokopedia, Leontinus Alpha Edison.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Yang Lain Hadir Online

Sementara untuk talk show dengan tema “Peranan Pemuda dalam Tata Kelola Digital” akan diisi oleh Lesly Goh dari World Bank, Dr. Ir. I Nyoman Adhiarna dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Setiaji, Kepala Transformasi Digital Kementerian Kesehatan, dan Wilson Cuaca, Co-Founder East Ventures.

Penanggungjawab kegiatan Mohamad Farid Zaini menyampaikan bahwa keterlibatan pemuda lokal akandifasilitasi dalam kegiatan Pertemuan Town Hall.

"Dalam rangka mendukung pembahasan substansi transformasi digital ini, dalam kegiatan Pra-KTT nantinya, kami akan mengundang para aktivis pemuda dari NTB dan daerah sekitar untuk turut serta ambil peran dan sumbang saran dalam diskusi Town Hall," ujar Farid.

Selain 23 delegasi resmi yang hadir fisik di NTB dan 80 lainnya yang bergabung secara daring, kegiatan Pra-KTT Y20 akan dihadiri oleh seratus aktivis pemuda di NTB dan daerah sekitar untuk memberikanmasukan kebijakan mengenai isu transformasi digital.

 

3 dari 3 halaman

Harapan

Forum Y20 akan membangun konsensus atas dasar kebersamaan, dan menawarkan rekomendasi kebijakan dalam bentuk communique atau rekomendasi kebijakan kepada para pemimpin G20, untuk kepentingan semua.Terutama, mereka yang belum menikmatimanfaat transformasi digital.

Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terpilih sebagai tuan rumah untuk Pra-KTT 2 Y20 Indonesia 2022. Harapannya, Provinsi NTB dapat menjadi perwakilan pemuda pada Indonesia bagian Tengah.

Y20 Indonesia berupaya untuk menjangkau pemuda secara merata di seluruh bagian Indonesia agar seluruhpemuda di Indonesia dapat merasakan momentum G20.

Y20 Indonesia 2022 melaksanakan event Pra-KTT pada 4 (empat) kota di Indonesia yaitu Palembang pada bulan Maret, Lombok pada bulan April, Balikpapan pada bulan Mei, dan Manokwari pada bulan Juni.

Puncak acara kegiatan ini adalah pelaksanaan KTT Y202022 yang akan dilaksanakan pada bulan Juli di kota Jakarta dan Bandung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.