Sukses

Mencari Hoegeng Baru di Masa Kini, Oase Keteladanan yang Masyhur dengan Integritas

Apa yang dilakukan oleh Hoegeng bisa diterapkan pada seluruh abdi negara.

Liputan6.com, Jakarta - Guna memacu anggotanya melakukan tugas dan pengabdian dengan tulus dan sungguh-sungguh, Kepolisian Negara RI (Polri) akan memberikan penghargaan Hoegeng Awards kepada jajarannya yang terpilih.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dr Dedi Prasetyo M.Hum,M.SI,MM mengemukakan, bahwa Kapolri ke-5 Jenderal (Purn) Drs. Hoegeng Iman Santoso merupakan oase keteladanan yang masyhur dengan integritas dan citra positif yang mendapat pengakuan semua kalangan.

Dedi menambahkan, membaca ulang sejarah perjalanan kepemimpinan Hoegeng dapat dijadikan model dalam membangun spirit perubahan di internal Polri.

"Kapolri sudah menyiapkan penghargaan Hoegeng Award untuk mencari Hoegeng Baru," kata Dedi dalam sambutannya di webinar Hogeng Awards 2022: Mencari Sosok Polisi Teladan di Tengah Tantangan Kekinian, yang dibacakan Karopenmas Brigjen Ahmad Ramadhan Kamis (13/4/2022).

Menanggapi rencana tersebut, pengamat sosial budaya Fahry Ali mengingatkan agar tidak mereduksi perjuangan Hoegeng dalam perjalanan politik bangsa hanya pada kejujuran dan kesederhanaan yang didemonstrasikan sepanjang ia menjabat Kapolri.

"Hoegeng menunjukkan sikap konsistennya untuk melakukan tindakan korektif di tengah kisaranpolitik pembangunan negara melalui dedikasi dan keteladanannya," kata Fahry seraya menambahkan, apa yang dilakukan oleh Hoegeng bisa diterapkan pada seluruh abdi negara.

Karena itu, Fahry mengusulkan agar calon penerima Hoegeng Award tidak hanya dari Polri tapi diberikan kesempatan kepada setiap abdi negara secara nasional.

Sementara Polri, lanjut Fahry, harus menerapkan prinsip legal rational yang dilakukan Hoegeng sebagai seorang abdi negara, yaitu dengan hanya mengindahkan ketentuan-ketentuan yang absah ketika menjalankan tugas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tantangan ke Depan

Wakil Ketua MPR RI, Arsul Sani, mengakui dalam tujuh tahun terakhir kepercayaan publik mengalami kenaikan, bahkan melewati KPK.

Namun Arsul yang juga anggota Komisi III DPR RI itu mengingatkan, bahwa Polri dituntut menjawab tantangan ke depan, di antaranya mewujudkan kepolisian yang mengayomi dan melindungi masyarakat, serta menjaga netralitas dalam mengawal proses demokrasi.

"DPR percaya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bisa mewujudkan visi Presisi Polri untuk menjawab tantangan itu," kata Arsul, seraya menambahkan perlunya keteladanan level pimpinan Polri dalam mewujudkan visi Presisi itu sebagai kultur hukum .

Anggota Kompolnas Poenky Indarti mengingatkan, setelah reformasi 1998 yang memisahkan Polri dengan TNI, rakyat berharap agar polisi menjadi yang humanis, serta bersih dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN).

Ia berharap pemberian penghargaan Hoegeng Awards akan memunculkan Hoegeng-Hogeng masa kini di hadapan publik.

"Masyarakat harus berperan menemukan Hoegeng-Hoegeng baru di jajaran kepolisian," tutur Poengky.

Sementara itu penyelenggara Hoegeng Awards 2022, Fajar Pratama mengemukakan bahwa semangat Hoegeng Awards adalah dalam rangka menemukan sosok Polri yang memiliki keteladanan, kejujuran serta kedisiplinan yang tinggi sebagai upaya membangun polri yang presisi sebagaimana yang menjadi penegasan bapak Kapolri dalam berbagai forum resmi. Saat ini, dari 54.745 usulan yang sudah masuk, ada 5 nominasi peraih Hoegeng Awards kategori polisi integritas, 13 nominator polisi inovasi, dan 32 nominator polisi berdedikasi.

"Hoegeng Awards akan diserahkan pada peringatan HUT Bhayangkara, 1 Juli 2022," tegas Fajar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini