Sukses

Survei Charta Politika: Elektabilitas Ganjar Ungguli Prabowo dan Anies Baswedan di Jateng

Charta Politika Indonesia merilis hasil survei preferensi pilihan calon presiden 2024 khusus untuk masyarakat di Provinsi Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta Charta Politika Indonesia merilis hasil survei preferensi pilihan calon presiden 2024 khusus untuk masyarakat di Provinsi Jawa Tengah. Hasilnya, nama Ganjar Pranowo ungguli nama-nama lain seperti Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

"Jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih sebagai Presiden di antara nama-nama berikut ini?," tanya Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya saat pemaparan survei tersebut, seperti dikutip Liputan6.com dari siaran pers diterima, Kamis (14/4/2022).

"Pada simulasi 10 nama Ganjar Pranowo (7,0%) dan Prabowo Subianto (9,0%) mendapatkan elektabilitas tertinggi, sedangkan Anies Baswedan (7,1%)," jelas Yunarto.

Yunarto melanjutkan, selain tiga nama di atas, terdapat tujuh nama lain yang juga masuk dalam radar pemilih masyarakat Jawa Tengah. Mereka adalah Sandiaga Uno (3,0%), Puan Maharani (1,8%), Agus Harimurti (1,5%), Ridwan Kamil (1,3%), Khofifah Indar (0,8%), Erick Thohir (0,4%) dan Airlangga Hartarto (0,4%).

Selain soal calon presiden, survei juga bertanya terkait preferensi masyarakat Provinsi Jawa Tengah tentang setuju atau tidaknya jika Pemilu dilangsungkan pada tahun 2024 nanti. Hasilnya, dari total 1090 responden, mayoritas mengatakan setuju jika Pemilu dilangsungkan pada tahun 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemilu Dilakukan 2024

"Kesetujuan pelaksanaan Pemilu tahun 2024, sebanyak 73,1% responden memilih setuju dan 24,6% responden tidak setuju. Sedangkan yang tidak menjawab sebanyak 2,3% responden," Yunarto menandasi.

Sebagai informasi, survei dilakukan pada 14 – 19 Februari 2022 dengan total responden sebanyak 1090 orang. Survei menggunakan multistage random sampling dengan wawancara tatap muka yang dilakukan terhadap responden. Diketahui, Margin of error survei ini adalah sebesar +/- 2,97%.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia
    Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia

    Ganjar Pranowo

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo Subianto