Sukses

Wali Kota Surabaya Sebut Tak Ada Korban Jiwa dalam Insiden Kebakaran Tunjungan Plaza

Eri Cahyadi memastikan hingga pemadaman selesai dan proses pembasahan berjalan, tidak ditemukan korban meninggal dunia dalam peristiwa kebakaran di Tunjungan Plaza (TP).

Liputan6.com, Jakarta Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi memastikan hingga pemadaman selesai dan proses pembasahan berjalan, tidak ditemukan korban meninggal dunia dalam peristiwa kebakaran di Tunjungan Plaza (TP) Kota Pahlawan.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini. Karena tadi proses evakuasi telah dilakukan tim pengamanan mal, ini mulai para pengunjungnya berhasil keluar semuanya," kata dia usai masuk ke dalam Tunjungan Plaza Surabaya, Rabu (13/4/2022) malam.

Eri menyebut, dirinya masuk ke dalam bersama petugas lainnya untuk mencari titik munculnya api.

"Dugaan itu mengarah pada tempat makan yang berada di lantai 5. Kemudian api itu masuk ke jaringan pembuangan dan masuk ke saf hingga ke lantai 12," ucapnya.

"Jadi kita juga masuk ke sana, tidak ada api awal muncul, tapi asap mengepul di lantai 5 dan 4," sambungnya.

Eri menyatakan, Bronto Skylift menjadi salah satu perangkat yang menaklukkan api dalam kebakaran di Tunjungan Plaza.

"Api diduga muncul dari lantai 5, tempat makan. Kemudian merambat ke lantai 12. Sehingga pemadaman juga dilakukan dari luar menggunakan Bronto Skylift 52 meter dan 45 meter dengan cara menambakkan air dari luar," jelas dia.

Sebelumnya, Kobaran api yang membakar Tunjungan Plaza (TP) 5 Surabaya Jawa Timur pada Rabu sore dipastikan sudah bisa dikendalikan.

Wakil Wali Kota Surabaya Armuji mengaku saat itu dirinya sedang berada di sebuah tempat yang dekat dengan lokasi kebakaran Tunjungan Plaza.

"Saat kejadian, saya sedang berbuka puasa di Hotel Sheraton yang bersebelahan dengan TP. Jadi, saya ikut memantau proses pemadaman dari sana," kata Armuji dilansir Antara, Rabu (13/4/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sudah Padam

Polisi memastikan api yang membakar Tunjungan Plaza Surabaya Jawa Timur sudah padam. Proses pemadaman Tunjungan Plaza tersebut selama 15 menit.

Wakapolrestabes Surabaya AKBP Hartoyo mengatakan, petugas pemadam kebakaran bergerak cepate mengatasi api agar tidak merebet lebih besar di area komplek mall Tunjungan Plaza (TP).

"Sekitar 15 menit api sudah padam. Petugas benar-benar bekerja sangat baik," ujar AKBP Hartoyo di Tunjungan Plaza, Rabu (13/4/2022) petang.

Hartoyo mengungkapkan, informasi sementara api berasal dari parkiran The Peaks lantai 8 Tunjungan Plaza 5 Surabaya.

Namun, Hartoyo belum bisa menyimpulkan penyebab datangnya api yang membakar TP 5 Surabaya itu.

Hartoyo mengatakan, sejauh ini belum ada laporan adanya korban jiwa. Petugas gabungan dari kepolisian, PMK dan satpol PP dibantu petugas keamanan internal mal berusaha mengevakuasi mobil yang ada di parkiran tersebut.

"Kerugian materiil masih proses pendataan. Selain itu, lokasi ini juga cukup jauh dari tenan yang ada di dalam mal," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Siaga Petugas Damkar

Petugas Kedaruratan 112 Surabaya, Amir Akbar menerangkan sudah ada mobil pemadam kebakaran berusaha memadamkan api.

"10 unit kami luncurkan plus 3 unit Bronto Skylift. Saat ini pak petugas PMK sudah di lokasi pemadaman," terang Amir Akbar, Rabu (13/4/2022) petang.

Salah pengunjung TP warga Kembang Kuning Surabaya, Beni mengaku adanya asap dan api. Menurutnya banyak pengunjung panik berlarian.

"Saya kebetulan ada di TP saat berbuka puasa. Waktu itu saya hendak makan terus panik juga saat lihat api yang semakin membesar," ujarnya.

Menurutnya, posisi dirinya berada pas jendela, sehingga asap terlihat jelas. "Itu sebelah Sogo TP3, cuma gak tau saya pastinya yang kebakar TP berapa," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.