Sukses

4 Pernyataan Erick Thohir Soal Peluncuran Program Rekrutmen Bersama BUMN 2022

Menteri BUMN Erick Thohir pada Selasa 12 April 2022 telah resmi meluncurkan Program Rekrutmen Bersama BUMN 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir pada Selasa 12 April 2022 telah resmi meluncurkan Program Rekrutmen Bersama BUMN 2022. Ada sebanyak 2.700 lowongan kerja ditawarkan oleh berbagai perusahaan pelat merah tersebut.

Pada kesempatan itu, Erick Thohir menegaskan, perekrutan tersebut jadi salah satu bentuk transformasi BUMN pada bidang human capital. Dia ingin memastikan, perusahaan pelat merah bisa menarik talenta-talenta terbaik bangsa di bidangnya masing-masing.

"Karena kita sadari, 1/3 dari kekuatan ekonomi Indonesia adalah di BUMN. Jadi kita harus sadari juga, kita yang berkarir di BUMN adalah putra-putri yang terbaik," ujar Erick Thohir pada saat peluncuran Program Rekrutmen Bersama BUMN 2022, Selasa 12 April 2022.

Tak hanya itu di sisi lain, Erick juga menegaskan akan pentingnya kontinuitas kepemimpinan di BUMN agar terus berlanjut, diisi oleh figur-figur dari generasi muda yang tak hanya punya kapabilitas, tetapi juga karakter Akhlak yang baik.

"Karena kita tidak mau juga menjadi sebuah kekuatan yang besar, tetapi menjadi kekuatan yang justru salah arah karena tidak diiringi karakter yang baik. Kepintaran tanpa karakter akan menjadi kejahatan. Kekayaan tanpa karakter tentu akan menjadi sebuah kerakusan," papar Erick.

Erick pun mengaku senang dengan adanya program lowongan kerja BUMN ini. Tapi di sisi lain, ia justru was-was karena jumlah pelamarnya sangat membludak.

Berikut sederet pernyataan Menteri BUMN Erick Thohir terkait resmi diluncurkannya Program Rekrutmen Bersama BUMN 2022 dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Tawarkan 2.700 Lowongan Kerja, Sadari 1/3 Kekuatan Kita adalah BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir resmi meluncurkan Program Rekrutmen Bersama BUMN 2022 pada Selasa, 12 April 2022. Program ini membuka sebanyak 2.700 lowongan kerja untuk bermacam posisi di berbagai perusahaan BUMN.

Pada kesempatan itu, Erick Thohir menekankan, perekrutan ini jadi salah satu bentuk transformasi BUMN pada bidang human capital. Dia ingin memastikan, perusahaan pelat merah bisa menarik talenta-talenta terbaik bangsa di bidangnya masing-masing.

"Karena kita sadari, 1/3 dari kekuatan ekonomi Indonesia adalah di BUMN. Jadi kita harus sadari juga, kita yang berkarir di BUMN adalah putra-putri yang terbaik," ujar Erick Thohir pada saat peluncuran Program Rekrutmen Bersama BUMN 2022, Selasa 12 April 2022.

Di sisi lain, ia juga menegaskan akan pentingnya kontinuitas kepemimpinan di BUMN agar terus berlanjut. Itu kemudian diisi oleh figur-figur dari generasi muda yang tak hanya punya kapabilitas, tapi juga karakter Akhlak yang baik.

"Karena kita tidak mau juga menjadi sebuah kekuatan yang besar, tetapi menjadi kekuatan yang justru salah arah karena tidak diiringi karakter yang baik. Kepintaran tanpa karakter akan menjadi kejahatan. Kekayaan tanpa karakter tentu akan menjadi sebuah kerakusan," terang Erick.

 

3 dari 5 halaman

2. Tegaskan Pentingnya Regenerasi

Oleh karena itu, Erick menekankan, bagaimana para pimpinan BUMN yang merupakan putra terbaik juga punya tanggung jawab meneruskan regenerasi yang baik.

"Sehingga kekuatan 1/3 ekonomi yang ada di BUMN bisa melanjutkan yang namanya keseimbangan daripada perekonomian Indonesia, dan tentu mendorong ekonomi Indonesia yang akan terus tumbuh sampai 2045," tuturnya.

Erick pun meminta bantuan perguruan tinggi agar bisa ikut bantu membangun karakter calon-calon pemimpin BUMN yang baik.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kehadiran para rektor yang terus berkolaborasi, tentu dengan BUMN atau pun Kementerian BUMN untuk memastikan link and match," kata dia.

Di mana, lanjut Erick, para putra-putri terbaik dari masing-masing perguruan tinggi bisa juga terserap untuk ke BUMN tersebut.

Sebelumnya Erick memang telah menaruh perhatian khusus pada perkembangan teknologi digital yang begitu pesat. Sementara, anak muda punya peluang untuk memanfaatkan hal itu guna mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Generasi muda Indonesia harus siap menjadi elemen penggerak ekonomi Indonesia. Sehingga harus membekali diri dengan pendidikan dan skil yang dibutuhkan di era disrupsi digital," katanya mengutip Instagram @erickthohir.

 

4 dari 5 halaman

3. Pelamar Rekrutmen Bersama BUMN 2022 Membludak

Erick mengaku senang dengan adanya program lowongan kerja BUMN tersebut. Tapi di sisi lain, ia justru was-was karena jumlah pelamarnya sangat membludak.

"Tentu kami di BUMN selain membuka program perekrutan yang jumlahnya 2.700 ini, saya juga cukup terharu, tetapi juga sangat khawatir. Karena jumlah rekrutannya 2.700, tetapi yang mendaftar puluhan kali lebih banyak," ucap Erick.

Dia coba menyadari, kasus itu merupakan buntut dari bonus demografi Indonesia, dimana generasi milenial dan Gen Z sekarang jadi populasi mayoritas, yakni sekitar 54 persen.

"Ini kita belum hitung Gen A, yang lahir lebih muda daripada Gen Z. Disrupsi daripada perubahan digital, teknologi dan lainnya terjadi shifting perubahan pekerjaan yang luar biasa," kata Erick.

Menjawab kondisi ini, Erick bertekad ingin menyediakan lapangan kerja bagi generasi muda secara lebih luas. Tak hanya sekadar memberi kerja, ia pun hendak membina talentanya sesuai perkembangan zaman.

"Itu lah kenapa kami di BUMN selain melakukan program perekrutan ini, juga kami terus menjaga fondasi daripada talenta digital BUMN pun harus terus ditingkatkan, yang hari ini jumlahnya baru 1 persen. Padahal kita ingin mencapai 20 persen," tuturnya.

Bukan hanya sekadar piawai dengan teknologi, Erick Thohir juga ingin calon pimpinan muda BUMN punya karakter baik yang bisa turut membangun bangsa.

"Kepintaran tanpa karakter akan menjadi kejahatan. Kekayaan tanpa karakter tentu akan menjadi sebuah kerakusan. Karena itu saya selalu menekankan, bagaimana pimpinan-pimpinan BUMN yang merupakan putra terbaik juga punya tanggung jawab meneruskan regenerasi yang baik," pintanya.

 

5 dari 5 halaman

4. Komitmen Tegas BUMN Terus Ciptakan Lapangan Kerja

Ribuan kesempatan kerja bagi talenta milenial Indonesia lulusan Diploma, S1 dan S2 ini tersebar di berbagai klaster industri BUMN di seluruh Indonesia, diantaranya energi, perbankan, perkebunan, dan telekomunikasi.

"BUMN adalah penggerak sepertiga ekonomi Indonesia. Karena itu komitmen saya jelas: BUMN akan terus ciptakan lapangan kerja. Baik melalui Rekrutmen Bersama BUMN, juga (multiplier dari) program-program dari masing-masing BUMN, seperti Mekaar dan Makmur," terang dia.

"Rekrutmen Bersama BUMN punya peran penting, agar keberlanjutan kepemimpinan di BUMN diisi oleh figur-figur muda yang tidak saja punya kapasitas, tapi juga AKHLAK yang baik. Kepandaian tanpa karakter akan menjadi kejahatan, kekayaan tanpa karakter akan menjadi kerakusan," lanjut Erick.

Ratusan rektor dan pimpinan perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia, jajaran pimpinan Kementerian BUMN, BUMN, dan FHCI, turut hadir di acara yang diselenggarakan secara hybrid ini.

"FHCI berkomitmen penuh untuk menyelenggarakan Rekrutmen Bersama BUMN 2022 yang inklusif, transparan, dan profesional guna mendukung transformasi human capital BUMN," kata Ketua Umum FHCI Alexandra Askandar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.