Sukses

Kunjungan Luhut ke Kampus UI Disambut Aksi Demo Mahasiswa

Menko Marves berkunjung ke Kampus UI, Depok. Dalam kunjungan itu, Menko Luhut diadang demo yang dilakukan sekelompok mahasiswa dari BEM UI.

Liputan6.com, Depok - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan berkunjung ke Kampus Universitas Indonesia (UI) di Depok, Jawa Barat, Selasa (12/4/2022).

Namun kunjungan Luhut mendapat sambutan aksi demonstrasi dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI. Situasi di halaman Balai Sidang UI sempat memanas saat Luhut mendatangi mahasiswa melakukan orasi.

Luhut menghampiri mahasiswa dengan didampingi Rektor UI, Ari Kuncoro. 

Ketua BEM UI, Bayu Satria mengatakan, aksi yang dilakukannya merupakan gerakan untuk dijadikan sebagai alat pembebasan. Untuk itu, dirinya meminta puluhan mahasiswa yang mengikuti aksi untuk bersemangat menyuarakan pendapat.

"Semangat kawan-kawan, kita miliki akan kami jadikan sebagai alat pembebasan," ujar Bayu dalam orasinya di hadapan Menko Luhut, Selasa.

Kedatangan Luhut ke ke kampus yang terkenal dengan jaket kuning ini dijadikan momentum oleh BEM UI untuk mempertanyakan berbagai permasalahan nasional. 

"Saat ini kita bertanya apakah ilmu pengetahuan yang kita miliki akan menjadi alat pembebasan atau alat penindasan. Bahwa hari ini kita ditunjukkan situasi dalam nasional maupun di UI, ilmu pengetahuan yang dimiliki dijadikan sebagai alat penindasan," tegas Bayu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

BEM UI Sindir Rektor

Selain itu, Bayu juga menyindir Ari Kuncoro yang baru terlihat di hadapan BEM UI selama menjabat sebagai rektor.

"Bapak Ari Kuncuro, kita memang belum pernah bertemu, saya pun baru pertama kali melihat kehadiran rektor kepada massa aksi mahasiswa, kita sudah mengkaji betul, bagaimana statuta UI memiliki banyak masalah," sindir Bayu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.