Sukses

Polres Metro Tangerang Amankan 86 Pelajar yang Hendak Ikut Demo 11 April

Sebab, sebagian besar dari pelajar tersebut tidak mengetahui duduk perkara demo mahasiswa yang diadakan Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia atau BEM SI tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah anak atau pelajar yang kedapatan akan menuju Jakarta untuk mengikuti aksi demo 11 April 2022, bertambah menjadi 86 anak. Mereka pun diamankan dan dikumpulkan di Mapolrestro Tangerang, Senin (11/4/2022).

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Komarudin, mengatakan, hingga petang ini ada 86 anak di bawah umur yang diamankan. Mereka terindikasi bergerombol untuk ikut aksi unjuk rasa ke Jakarta yang berlangsung di depan Gedung DPR RI, Senayan.

"Sampai dengan saat ini ada 86 anak di bawah umur, anak sekolah, bukan mahasiswa. Mereka akan berangkat ke Jakarta, setelah kami dalami isi handphone-nya memang ajakan," ungkap Kapolres.

Dari penelusuran sementara, para pelajar tersebut terhasut ajakan oknum-oknum tidak bertanggungjawab. Sebab, sebagian besar dari pelajar tersebut tidak mengetahui duduk perkara demo mahasiswa yang diadakan Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia atau BEM SI tersebut.

"Sementara ada yang melalui WA, japri dan lain sebagainya. Masih dalam lingkaran sesama teman, namun pasti akan terus kami kembangkan," kata Kapolres.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Para Pelajar Dimintai Keterangan

Dari 86 pelajar yang diamankan, Kecamatan Teluknaga jadi penyumbang paling banyak pelajar yang diamankan. Menurutnya, data tersebut sesuai dengan prediksi polisi bahwa, pelajar paling banyak datang dari Kabupaten Tangerang.

"Sementara tertinggi dari Teluknaga sampai dengan 26 anak sekolah. Ini sama seperti prediksi dan informasi. Bahwa memang akan dikerahkan anak-anak dari daerah Sepatan, Pakuhaji dan Teluknaga," papar Kapolres.

Menjelang berbuka puasa tadi, puluhan anak pelajar tersebut, dikumpulkan di ruang perawatan tahanan dan barang bukti Polres Metro Tangerang Kota. Satu persatu mereka dimintai keterangan soal identitas diri, maksud dan tujuan, sampai barang bawaan mereka.

Beberapa ada yang masih mengenakan seragam Sekolah Menengah Atas (SMA). Diketahui tujuh anak berseragam tersebut merupakan murid SMA 12 Teluknaga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.