Sukses

Top 3 News: Rekayasa Lalu Lintas di Istana dan DPR saat Aksi Demo 11 April 2022

Pada Senin 11 April 2022, mahasiswa BEM Seluruh Indonesia (SI) dan sejumlah elemen masyarakat turun ke jalan melakukan aksi demo.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait pada Senin 11 April 2022, mahasiswa BEM Seluruh Indonesia (SI) dan sejumlah elemen masyarakat turun ke jalan melakukan aksi demo.

Aksi demo itu menuntut pemerintah, salah satu isu yang di bawah soal penolakan tiga periode masa jabatan presiden yang mengarah ke penundaan Pemilu 2024.

Terkait adanya aksi demo tersebut, aparat kepolisian pun melakukan rekayasa lalu lintas (lalin) di sekitar Gedung DPR/MPR dan Istana Negara Jakarta.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo menerangkan, rekayasa lalin di sekitar kawasan Gedung DPR/MPR bersifat situasional.

Kemudian, BEM SI secara tiba-tiba memindahkan titik lokasi unjuk rasa 11 April 2022. Semula direncanakan aksi demo akan digelar di kawasan Istana Negara, namun dipindah ke Gedung DPR RI Senayan Jakarta.

Dijelaskan Koordinator Media BEM SI Luthfi Yufrizal, pengalihan massa aksi ke Gedung DPR dilakukan untuk mengawal berjalannya konstitusi yang merupakan tugas pokok dari legislatif. Dalam hal ini DPR.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com lainnya adalah terkait fakta-fakta aksi demo 11 April 2022. Menurut Koordinator Media BEM SI Luthfi Yufrizal, ada empat tuntutan yang akan disuarakan besok dalam aksi.

Di antaranya, mendesak dan menuntut wakil rakyat agar mendengarkan dan menyampaikan aspirasi rakyat bukan aspirasi partai.

Lalu menurut Luthfi, dirinya membenarkan aksi demonstrasi yang akan dihelat Senin, 11 April 2022. Menurut dia, akan ada 1.000 massa aksi yang bakal turun menyuarakan pendapatnya dari mahasiswa di seluruh penjuru tanah air.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Senin 11 April 2022:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Ada Demo 11 April 2022, Cek Rekayasa Lalu Lintas di Istana dan DPR

Hari ini, Senin 11 April 2022, sejumlah elemen mahasiswa menggelar aksi demo menuntut pemerintah.

Adapun isu yang di bawah soal penolakan tiga periode masa jabatan presiden yang mengarah ke penundaan Pemilu 2024.

Terkait rencana demo 11 April 2022 itu, polisi melakukan rekayasa lalu lintas (lalin) di sekitar Gedung DPR/MPR dan Istana Negara Jakarta.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo menerangkan, rekayasa lalin di sekitar kawasan Gedung DPR/MPR bersifat situasional.

"Kami melihat perkembangan massa, apabila masa cukup banyak maka arus akan ditutup di bawah jembtan layang, dan akan dialihkan ke Jalan Gerbang Pemuda," kata Sambodo dalam keterangan tertulis, Minggu 10 April 2022.

Sambodo menerangkan, skenario arus lalu lintas bersifat situasional. Namun, ada ruas jalan yang dipastikan ditutup sejak pukul 08.30 WIB.

Dia menyebut, itu untuk ruas Jalan Medan Merdeka Barat dan Jalan Harmoni mengarah ke Istana.

"Jalan medan merdeka barat akan ditutup pukul 08.30 WIB karena akan dipasang security barrier/pagar kawat dan juga water barrier di kedua arah" kata Sambodo.

 

Selengkapnya...

 

3 dari 4 halaman

2. Alasan Mahasiswa Pindah Aksi Demonstrasi ke DPR

Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) secara tiba-tiba memindahkan titik lokasi unjuk rasa 11 April 2022. 

Demo mahasiswa yang awalnya direncanakan akan digelar di kawasan Istana Negara dipindah ke Gedung DPR RI Senayan Jakarta.

Koordinator Media BEM SI Luthfi Yufrizal menjelaskan alasan pengalihan massa aksi ke Gedung DPR dilakukan untuk mengawal berjalannya konstitusi yang merupakan tugas pokok dari legislatif. Dalam hal ini DPR.

"Karena kita ingin memastikan konstitusi yang ada berjalan. Maka dari itu kita akan mengawal dari UU dan memastikan DPR RI melaksanakan konstitusi dengan baik sesuai dengan yang sudah ada," ujar Luthfi saat dikonfirmasi, Minggu 10 April 2022.

Perubahan lokasi itu disampaikan sesaat setelah Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan bahwa Pemilu 2024 akan tetap dilakukan sesuai jadwal yang telah disepakati pemerintah dan DPR yakni, 14 Februari.

Jokowi pun tak mau ada spekulasi bahwa ada upaya pemerintah untuk menunda Pemilu atau perpanjangan masa jabatan menjadi 3 periode.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Empat Fakta Aksi Demo Mahasiswa di Gedung DPR Hari Ini

Aksi demo akan dilakukan mahasiswa BEM Seluruh Indonesia (SI) dan sejumlah elemen masyarakat dengan turun ke jalan pada hari ini, Senin 11 April 2022.

Koordinator Media BEM SI 2022 Luthfi Yufrizal merilis maklumat aksi demonstrasi 11 April 2022. Aksi tersebut akan berkolasi di Gedung DPR Jakarta.

"Aliansi BEM Seluruh Indonesia kembali akan menggelar aksi masa yang akan dilaksanakan Senin 11 April 2022 Pukul: 10.00 WIB di DPR RI," tulis Luthfi dalam Instagramnya dan sudah dibenarkan, Minggu 10 April 2022.

Sebelumnya, massa unjuk rasa telah mengubah titik kumpul massa dari Istana Negara menjadi Gedung DPR/MPR.

Namun meski diagendakan pukul 10.00 WIB, hingga pukul 10.45 WIB, pantauan lagsung di sekitar Gedung DPR RI, belum terlihat adanya konsentrasi massa yang berkumpul. Selain itu, arus lalu lintas juga ramai lancar.

Menurut Luthfi, ada empat tuntutan yang akan disuarakan besok dalam aksi. Di antaranya, mendesak dan menuntut wakil rakyat agar mendengarkan dan menyampaikan aspirasi rakyat bukan aspirasi partai.

"Kedua, mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menjemput aspirasi rakyat sebagaimana aksi massa yang telah dilakukan dari berbagai daerah dari tanggal 28 Maret 2022 sampai 11 April 2022," ucap Luthfi.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.