Sukses

Gempa Magnitudo 5,2 Getarkan Jayapura Papua

Pusat gempa sendiri berada di darat 20 km tenggara Kabupaten Jayapura, Papua. Menurut BMKG, gempa terjadi pada kedalaman 53 km.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa magnitudo 5,2 menggetarkan Jayapura, Papua, pada Minggu (10/4/2022) dini hari WIB. Gempa terjadi tepatnya pada pukul 04.22 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan bahwa lokasi lindu pada koordinat 3,12 Lintang Selatan (LS), dan 139,98 Bujur Timur (BT).

Pusat gempa sendiri berada di darat 20 km tenggara Kabupaten Jayapura, Papua. Menurut BMKG, gempa terjadi pada kedalaman 53 km.

Gempa ini tidak berpotensi tsunami. Selain itu, BMKG juga memperingatkan untuk hati-hati terhadap kemungkinan terjadinya gempa bumi susulan.

Gempa dapat dirasakan dengan skala Modified Mercally Intensity (MMI) III di Jayapura dan II-III di Wamena.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Skala Gempa

Skala II MMI yakni getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Skala III MMI yaitu getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • Jayapura adalah ibu kota dari Papua Nugini.
    Jayapura adalah ibu kota dari Papua Nugini.

    Jayapura

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Bumi