Hajar Myanmar, Timnas Indonesia Bakal Bertemu Thailand pada Final AFF Futsal 2022

Oleh Devira Prastiwi pada 09 Apr 2022, 14:03 WIB
Diperbarui 09 Apr 2022, 14:03 WIB
Timnas Futsal Indonesia Lolos ke Final Piala AFF Futsal 2022
Perbesar
Timnas Futsal Indonesia Lolos ke Final Piala AFF Futsal 2022 Usai Mengalahkan Myanmar dan Akan Bertemu dengan Thailand. (Dok Federasi Futsal Indonesia)

Liputan6.com, Jakarta - Tim nasional (Timnas) Futsal Indonesia akhirnya berhasil melaju ke laga final Piala AFF Futsal 2022 atau AFF Futsal Championship 2022.

Pasukan Mohammad Hashemzadeh menghajar Myanmar 6-1 di babak semifinal pada Jumat sore, 8 April 2022 di Indoor Stadium Huamark, Bangkok, Thailand.

Meski akhirnya menang, Timnas Futsal Indonesia sempat kerepotan menghadapi perlawanan Myanmar yang banyak dihuni pemain senior.

Pada babak pertama, Indonesia cuma bisa unggul satu gol saja. Indonesia baru bisa membuka keunggulan pada menit 17. Syauqi Saud memecah kebuntuan Indonesia memaksimalkan bola pantul.

Kemudian, Myanmar hampir menyamakan skor ketika mendapat hadiah penalti titik kedua karena sudah membuat pelanggaran keenam. Beruntung, kiper Indonesia Muhammad Al Bagir mampu menggagalkan penalti tersebut. Skor 1-0 bertahan sampai jeda.

Di awal babak kedua, Indonesia menambah gol lagi melalui aksi menawan Evan Soumilena yang membobol gawang Myanmar lewat sontekan tumitnya pada menti 23.

Setelah unggul dua gol, Indonesia semakin percaya diri. Dua gol dibuat Ardiansyah Runtuboy pada menit 25 dan 35 guna membawa Indonesia mengunguli Myanmar 4-0.

Tertinggal empat gol membuat Myanmar memainkan power play di sisa pertandingan. Satu gol hiburan bisa dibuat oleh Myanmar melalui Hlaing Min Tun.

Namun taktik power play justru membuat gawang Myanmar kebobolan dua gol lagi di satu menit akhir jelang laga usai. Gol dibuat oleh Guntur Sulistyo dan Firman Ardiansyah dari jarak jauh.

Di final Piala AFF Futsal 2022, Indonesia akan menunggu pemenang semifinal lainnya yang mempertemukan tuan rumah Thailand dengan Vietnam.


Timnas Futsal indonesia Melenggang ke Final Bertemu Thailand

Timnas Futsal Indonesia.
Perbesar
Timnas Futsal Indonesia. (PSSI).

Jadwal final Piala AFF Futsal 2022 Timnas Indonesia vs Thailand. Pertandingan ini akan berlangsung pukul 17.00 WIB, Minggu 10 April 2022 di Indoor Stadium Huamark, Bangkok, Thailand.

Timnas Indonesia meraih tiket final setelah mengalahkan Myanmar 6-1 di semifinal, Jumat, 8 April. Keenam gol skuad Garuda dicetak Syauqi, Soumilena, Ardiansyah (2 go), Sulistyo, dan Firman.

Sedangkan Thailand menyingkirkan Vietnam dengan skor 3-1. Osamanmusa sempat membawa Thailand unggul di menit ke-22 sebelum disamakan pemain Vietnam Nguyen Minh Tri 10 menit kemudian.

Namun, Thailand kemudian mencetak dua gol lagi. Osamanmusa kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-36 dan Kritsada tiga menit berselang.

Laga Timnas Indonesia melawan Thailand di final akan menjadi pertandingan ulangan. Sebelumnya, kedua tim pernah bentrok dalam penyisihan Grup A.

Untuk Timnas Indonesia dan Thailand, lolos ke final Piala AFF Futsal membawa mereka berlaga di putaran final Piala AFC Futsal 2022. Kompetisi itu dijadwalkan berlangsung di Kuwait pada 25 September-20 Oktober 2022.

 


Keduanya Bermain Imbang

Timnas Futsal Indonesia.
Perbesar
Timnas Futsal Indonesia. (PSSI).

Timnas Indonesia dan Thailand sama-sama tampil gemilang di babak penyisihan Grup A AFF pada laga Futsal Championship 2022. Kedua kesebelasan pun tak terkalahkan dari empat pertandingan yang telah dijalani masing-masing.

Thailand mampu melewati laga pertama dengan menghajar Brunei Darussalam dengan skor 13-0. Setelah itu, Kamboja dihancurkan dengan 16 gol tanpa balas.

Tak jauh berbeda, Timnas Futsal Indonesia pun tidak mau kalah. Skuad racikan Mohammad Hashemzadeh mampu membantai Brunei dengan raihan skor 12-0 sebelum membungkam Malaysia dengan 5-1.

Sama-sama menang besar, Timnas Indonesia akhirnya bertemu Thailand pada laga ketiga AFF Futsal Championship 2022. Sempat unggul dua kali, skuad Merah Putih harus puas bermain imbang 1-1 dengan Thailand.

Di laga terakhir, Indonesia kembali berhasil menang 11-2 atas Kamboja. Sedangkan Thailand mampu mengalahkan Malaysia dengan raihan skor 4-2.

Meski memiliki poin sama 10, Indonesia mampu berhasil finis sebagai runner up Grup A di bawah Thailand karena kalah produktivitas gol.

 


Thailand Bermain Dominan

Timnas Futsal Indonesia.
Perbesar
Timnas Futsal Indonesia. (PSSI).

Pertandingan final tersebut akan menjadi final kelima bagi Timnas Indonesia di Piala AFF Futsal 2022 atau AFF Futsal Championship 2022.

Sementara dengan Thailand, pertandingan ini bakal menjadi pertemuan keempat dengan Indonesia pada laga puncak.

Skuad Garuda sebelumnya sudah tiga kali melawan Negeri Gajah Putri pada final edisi 2006, 2008, dan 2019 lalu. Namun pada ketiga laga tersebut selalu dimenangkan oleh Thailand.

Thailand adalah tim yang bisa dikatakan merajai turnamen ini. Mereka sudah berhasil sukses hingga 15 kali mengangkat trofi juara dari 16 kali penyelenggaraan Piala AFF Futsal.

Sementara itu berbeda, Indonesia baru satu kali memenangkannya pada 2010 silam. Saat itu, skuad Merah Putih akhirnya berhasil menang 5-0 atas Malaysia di babak final.

Berikut jadwal pertandingan final AFF Futsal Championship 2022:

Minggu, 10 April 2022

Perebutan Tempat Ketiga

14.30 WIB: Myanmar vs Vietnam (Indoor Stadium Huamark, Bangkok)

Perebutan Juara

17.00 WIB: Indonesia vs Thailand (Indoor Stadium Huamark, Bangkok)

Infografis Perjalanan Timnas Indonesia vs Thailand di Piala AFF 2020
Perbesar
Infografis Perjalanan Timnas Indonesia vs Thailand di Piala AFF 2020 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya