Gara-Gara Percikan Api Petasan, 15 Kios dan 6 Toko di Jakarta Timur Terbakar

Oleh Liputan6.com pada 07 Apr 2022, 05:35 WIB
Diperbarui 07 Apr 2022, 05:35 WIB
Ilustrasi kebakaran
Perbesar
Foto Ilustrasi kebakaran. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Gara-gara petasan yang dimainkan anak-anak menyebabkan setidaknya 15 kios dan enam rumah toko di Cakung, Jakarta Timur, terbakar pada Rabu (6/4/2022).

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur menduga, ada kios yang terkena percikan api petasan, sebelum kemudian api menjalar.

"Akibat petasan yang dimainkan oleh anak-anak dan jatuh di sekitar kios sehingga menimbulkan kebakaran," ujar Kepala Seksi Operasi Gulkarmat Jakarta Timur Gatot Sulaeman, Rabu (6/4/2022) malam WIB, seperti dilansir Antara.

Gatot menerangkan, petugas pemadam kebakaran memperoleh laporan dari masyarakat sekitar pukul 21.14 WIB, terkait kejadian kebakaran kios di Cakung tersebut.

Pemadam kebakaran dari Gulkarmat Jakarta Timur mengirim 10 unit mobil, dibantu dua unit mobil damkar dari Gulkarmat Jakarta Utara. Kemudian dikerahkan menuju kios tersebut yang berada di Pasar Kayu Tinggi di Jalan Kayu Tinggi RT006/RW03, Cakung Timur.

Selain itu, sebanyak 60 orang personal Damkar dikerahkan untuk memadamkan api melalap kios, yang biasanya buka pagi hingga pukul 10.00 WIB itu.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Api Padam

Lomba Jakarta Fire and Rescue Competition 2022
Perbesar
Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) sektor DKI Jakarta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Karena lewat kios yang berdekatan pada lahan seluas sekitar 100 meter persegi, diduga mempercepat api melalap 15 kios dan enam rumah toko (ruko) yang berada di sekitarnya.

Lalu, petugas damkar akhirnya berhasil memadamkan api sekitar pukul 22.00 WIB. Tapi, kemudian masih butuh waktu untuk proses pendinginan.

Menurut laporan, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut karena kios dan ruko dalam keadaan sedang tutup. ​​​​​Tapi, kerugian akibat kebakaran ditaksir mencapai Rp150 juta.

Sumber: Antara

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya