VIDEO BERANI BERUBAH: Dari Masjid untuk Kebaikan Alam

VIDEO BERANI BERUBAH: Dari Masjid untuk Kebaikan Alam

Pandemi Covid-19 telah membawa banyak perubahan pada banyak aspek di kehidupan masyarakat dunia, termasuk pada jemaah Masjid Baitul Makmur di Perumahan Telaga Sakinah, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi.

Sebagai Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Baitul Makmur, Muhammad Suhapli ingin agar masjidnya bisa membawa lebih banyak lagi manfaat kepada lingkungan sekitar di tengah kondisi sulit ini. Dia pun mewujudkan keinginan itu dengan menjadikan Masjid Baitul Makmur sebagai Masjid Eco Green.

Majelis Ulama Indonesia pertama kali memperkenalkan konsep Eco Masjid kepada Masjid Baitul Makmur di tahun 2019. Mulai dari upaya hemat air yang kemudian bisa didaur ulang untuk menyiram tanaman dan air ternak lele, hemat listrik dengan tak lagi menggunakan lampu LED, jasa bank sampah, sampai ATM beras pun dilakukan masjid ini.

Dari bank sampah, masjid bisa menghasilkan uang hingga Rp10-15 juta per bulan. Sedangkan ATM beras dilakukan untuk meringankan beban warga yang membutuhkan. Saat ini ada sekitar 300 anggota ATM Beras yang bisa datang sekali sepekan dan mengambil beras sebanyak 3-4 liter.

Yuk, ikuti kisah ini maupun yang lainnya dalam Program Berani Berubah, hasil kolaborasi antara SCTV, Indosiar bersama media digital Liputan6.com dan Merdeka.com.

Program ini tayang di Stasiun Televisi SCTV setiap Senin di Program Liputan 6 Pagi pukul 04.30 WIB, dan akan tayang di Liputan6.com serta Merdeka.com pada pukul 06.00 WIB di hari yang sama.

Ringkasan

Oleh Yoga Nugraha, Reza Rinaldi pada 04 April 2022, 07:00 WIB

Video Terkait

Spotlights